Mau Bahagia di Masa Depan? Habiskan Uang THR dengan 6 Cara Ini

4 menit
Bijak pakai uang THR untuk masa depan yang lebih baik (Pixabay)

Uang THR alias tunjangan hari raya sudah cair nih, kira-kira baiknya dipakai buat beli apa ya? Handphone? Gadget lain, atau baju baru?

Sebelumnya, selamat dulu deh buat kamu yang THR-nya sudah cair. Buat yang jumlahnya masih belum sekali gaji karena belum setahun kerja, ya sabar saja deh. Masih banyak orang yang gak bisa menikmati benefit satu ini.

Bicara soal uang THR yang diterima setahun sekali, gak salah kok menggunakan setengah atau seperempat dari total uang THR membeli baju atau gadget. Mau dihabiskan sebelum libur Lebaran juga “boleh” saja.

Asalkan, uang itu dipakai bukan untuk menambal kerugian finansial akibat keseringan buka puasa bersama sama teman-teman. Kalau cuma buat uang jajan bukber sayang kan, kenyangnya juga cuma sesaat, dan kamu gak dapat apa-apa.

Buat kamu yang ingin menguras THR dengan bijak bulan ini, mungkin beberapa cara ini bisa jadi pertimbangan.

Dijamin, melakukan beberapa hal di bawah ini kamu gak bakal rugi dan mungkin bisa bahagia di masa depan:

1. Belanja saham blue chip

Uang THR
Uang THR dipakai untuk membelanjakan saham blue chip (Pixabay)

Setelah dipakai buat belanja, eh masih ada sisa. Belikan saja saham blue chip, mumpung transaksi di bursa efek masih berlangsung karena libur Lebaran belum tiba.

Gak lama usai liburan berakhir, toh kamu gajian lagi kan? Seandainya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami pelemahan, kamu bisa dapat harga diskon lagi tuh kalau mau beli saham. Seru dong!

Berhubung perang dagang China dan Amerika Serikat lagi panas-panasnya, maka emiten perbankan juga mengalami penurunan. Hal itu terlihat jelas pada tanggal 8 dan 9 Mei kemarin.

Begitu pun dengan Unilever, perusahaan consumer goods ini juga harga sahamnya lagi murah.

Kapan lagi bisa beli saham bank BCA, BRI, Mandiri, atau BNI murah kalau gak sekarang? Sok silahkan gunakan uang THR buat borong saham ini.

Baca juga: 5 Cara Berfaedah Gunakan Uang THR biar Duitmu Tetap Banyak Habis Lebaran

2. Beli reksadana

Uang THR
Uang THR dipakai untuk membeli reksadana (Pixabay)

Buat kamu yang masih awam dalam dunia investasi tapi “kepingin” banget bisa investasi demi masa depan, jangan habiskan uang THR bulan ini, sisakan setengahnya agar bisa kamu habiskan membeli produk reksadana.

Bagaimana caranya? Gampang kok, sekarang Tokopedia atau Bukalapak menyediakan fitur ini. Reksadana yang kamu beli di sana juga performanya cukup baik.

Sejatinya, ada empat reksadana yang umum bagi warga Indonesia, yaitu pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham.

Yang cocok buat pemula tentunya pasar uang dan pendapatan tetap karena risiko investasinya kecil. Namun, imbal hasilnya juga gak besar-besar amat. Tapi, lumayanlah daripada uangnya habis gitu saja.

Investasi yang satu ini pas banget untuk orang yang ingin terima beres. Tinggal taruh uangnya, dan pantau terus imbal hasilnya.

Baca juga: Pajak THR Gede! Main Saham di Bulan Puasa Biar Untung dan Ini 4 Triknya

3. Investasi P2P lending

Uang THR
Uang THR dipakai untuk berinvestasi di P2P Lending (Pixabay)

Mau investasi tapi sepraktis reksadana dan returns-nya lebih besar? Ya udah, ke P2P lending saja.

P2P Lending merupakan platform yang mempertemukan peminjam uang dan yang meminjamkan. Namun, sebagian besar peminjam adalah mereka yang dinilai tidak bankable.

Bankable di sini artinya memang cukup luas. Ada yang sulit mendapatkan akses perbankan setempat, hingga “tidak layak kredit.” Karena itu, mengapa risiko dari investasi satu ini dianggap menengah hingga tinggi, meski kredit macet di P2P lending juga gak besar.

Bicara soal P2P lending, investasi ini memang sangat praktis. Registrasinya pun mudah, dan bisa dibilang lebih sederhana ketimbang reksadana.

Jangan salah lho, returns di investasi ini bisa sampai 24 persen! Tapi, jangan asal pilih platform ya, pilih saja yang diawasi OJK.

4. Diberikan ke orangtua

Uang THR
Uang THR diberikan untuk orangtua (Pixabay)

Bingung mau menghabiskan sisa uang THR? Kasih saja ke ayah atau ibumu, pasti mereka bahagia.  

Bagaimana juga, orangtua yang menerima uang dari anaknya bakal merasa bangga lantaran dia sudah berhasil mendidik anaknya hingga sukses.

Berapapun jumlahnya, yang penting ikhlas. Orangtuamu gak akan memandang soal jumlahnya, melainkan keikhlasan kamu.

Dan, gak sedikit juga orangtua yang akhirnya memilih gak membelanjakan uangmu untuk keperluan sehari-hari. Mereka justru menyimpannya agar kelak bisa digunakan untuk membantu biaya pernikahanmu nanti.

5. Sedekahkan

Uang THR
Uang THR disedekahkan (Pixabay)

Menyedekahkan uang THR ke orang-orang yang gak mampu tentu mulia banget. Kamu sama saja membeli sebuah kebahagiaan untuk orang lain.

Bayangkan saja jika kita ada diposisi mereka, dan tiba-tiba kita ketiban rezeki yang entah datang dari mana. Gak kebayang gimana bahagianya diri kita.

Yakin deh, orang yang rajin sedekah itu gak bakal miskin. Orang-orang terkaya di dunia seperti Jeff Bezos, Bill Gates, Mark Zuckerberg dan lainnya juga punya yayasan amal kok. Dan yayasan itu aktif banget di dunia sosial.

Kenapa gak kamu tiru saja sifat dermawan mereka? Barangkali di masa depan kamu jadi seperti mereka.

6. Lunasi utang

Uang THR
Uang THR dipakai untuk melunasi utang (Pixabay)

Buat yang memang ada utang ke teman atau cicilan-cicilan lain ke bank, sebut saja seperti KPR, cicilan mobil, cicilan KTA, dan lain sebagainya, mungkin ada baiknya untuk menggunakan uang THR demi melunasi utang.

Tapi, ingat lho cicilan ke bank itu ada penaltinya jika kamu lunasi di awal. Kecuali banknya adalah bank syariah.

Itulah enam cara menghabiskan uang THR yang paling produktif dan bermanfaat. Intinya, diawet-awet ya THR-nya, jangan sampai habis karena buat jajan atau bukber doang. Gunakan untuk hal bermanfaat. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan