Banner ImageBanner Image

Kata-kata Mutiara Vladimir Putin Ini Bikin Semangat Hadapi Tantangan Usaha

3 menit
Vladimir Putin. (Shutterstock)
Vladimir Putin. (Shutterstock)

Presiden Rusia Vladimir Putin bukan cuma berkuasa dan kaya. Di usianya yang sudah kepala enam, dia terbilang cukup produktif dalam bekerja. Kalau dibanding orang Indonesia yang usianya sama, mungkin gak ada yang seenerjik Putin.

Selain pernah disebut memiliki kekayaan yang setara dengan Rp 2.751 triliun, mantan agen KGB ini juga dikabarkan punya pesawat pribadi bak istana. Kabarnya juga, Pemerintah Rusia menggajinya Rp 1,5 miliar setahun lho.

Putin juga terbilang lama dalam menduduki kursi Presiden Rusia. Dia memang sempat jadi perdana menteri ketika masa jabatan di periode keduanya habis, namun setelah konstitusi berubah, dia pun terpilih lagi untuk memimpin Negeri Beruang Merah.

So, sebagai seorang pemimpin nan kaya raya, Putin tentunya adalah seorang yang inspiratif.

Berikut kata-kata mutiara dari Vladimir Putin yang bisa bikin kamu makin semangat untuk menggapai kesuksesan di masa depan. Yuk simak ulasannya.

1. Sendiri lebih baik

Vladimir Putin. (Pixabay)
Vladimir Putin. (Pixabay)

“Terkadang, sendiri itu lebih baik dalam hal membuktikan bahwa kita ada yang benar.”

Jangan gagal paham ya, ini bukan kalimat yang mendukung para jomblowan dan jomblowati. Ini lebih pada makna berani menjadi diri sendiri, gak ngikutin gaya kerja orang lain. Tujuannya, demi membuktikan kalau kita telah melakukan kewajiban yang semestinya.

Gak gampang untuk bisa bersikap seperti ini. Rata-rata sebagian dari kita terpaksa ikut arus pendapat mayoritas.

Contohnya, ketika sebagian besar orang di kantormu terlibat korupsi, mau ngadu aja tentunya berat. Godaan untuk ikut melakukan hal yang sama kayak mereka juga tinggi. Tapi, ketika mencoba kita ingin menyuarakan kebenaran pasti kita bakal dijauhi.

2. Jangan menyesal

Vladimir Putin. (Pixabay)
Vladimir Putin. (Pixabay)

“Saya gak pernah menyesal, saya melakukan apa yang memang benar secara mutlak.”

Sebagai manusia, Vladimir Putin tentu punya kesalahan. Walaupun dia mengatakan bahwa dia melakukan kebenaran, itu adalah motivasi agar ke depannya dia gak ngedown ketika berbuat salah.

Menyesali pengambilan keputusan yang salah memang penting. Tapi gak baik bagi kita untuk terus berlarut-larut.

Ketika kita salah, belajarlah dari kesalahan tersebut agar ke depannya kamu gak akan ngulangin kesalahan yang sama. Yang sudah terjadi, terjadilah!

3. Kita harus berani mencoba

Vladimir Putin. (Instagram/@president_vladimir_putin)
Vladimir Putin. (Instagram/@president_vladimir_putin)

“Semua hal tentu ada risikonya. Tapi, kita tetaplah harus mencoba untuk melakukannya”

Gak ada yang gak berisiko di dunia ini, bahkan orang yang jalan kaki pun berisiko ditabrak mobil bukan?

Sama halnya dengan memulai bisnis, investasi, atau memulai kerja di tempat kerja baru. Tentunya bakal ada risiko rugi atau gak betah. Tapi itu adalah risiko yang wajib kita hadapi agar kita makin maju di masa depan.

4. Gaya hidup sehat adalah yang paling penting

Vladimir Putin. (Instagram/@president_vladimir_putin)
Vladimir Putin. (Instagram/@president_vladimir_putin)

“Saya rasa, gaya hidup sehat hal terpenting yang bisa menjadi solusi dari berbagai permasalahan, seperti masalah kesehatan masyarakat.”

Sebagai Kepala Negara Rusia, Vladimir Putin punya gaya hidup yang luar biasa sehat. Dia berenang selama dua jam sehari, dan gak pernah lupa untuk ngegym.

Putin sadar bahwa kesehatan adalah investasi utama bagi siapapun. Badan gak sehat, mana mungkin bisa diajak berlama-lama untuk cari duit bukan?

Itulah sebabnya, mengapa kamu harus punya gaya hidup sehat.

5. Potensi kesalahan muncul saat berseteru

Vladimir Putin. (Instagram/@president_vladimir_putin)
Vladimir Putin. (Instagram/@president_vladimir_putin)

“Kesalahan akan terjadi jika ada perseteruan”

Ketika terjadi perseteruan antara kamu dan rekan kerja, bos, atau mungkin klien, maka akan ada potensi kesalahan yang muncul. Otomatis hubungan kerja sama yang sedang dibangun bisa jadi buyar.

Untuk masalah yang satu ini, konflik atau perseteruan mungkin jadi cara yang benar untuk mencari solusi. Tapi di balik itu, akan ada masalah besar yang muncul seandainya konflik tersebut jadi berkelanjutan.

Itulah lima kata mutiara dari Vladimir Putin yang cukup positif buat kamu dengarkan. Mungkin, pak Putin gak bicara secara blak-blakan soal ekonomi dan kesuksesan. Tapi kalau diperhatikan, ini cukup berpotensi buat menjadi penyemangatmu hari ini. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong