Meski Unggul di Beberapa Survei, Jokowi Malah Bilang Begini

1 menit
quick count jokowi
Capres petahana Joko Widodo. (Instagram/@jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) unggul dalam hasil penghitungan cepat (quick count) suara sementara yang dirilis oleh sejumlah lembaga survei. Kendati demikian, dalam pidatonya, Jokowi meminta pendukungnya untuk menunggu hasil hitung resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), terkait hasil Pemilu tahun ini.

“Dari indikasi exit poll dan quick count tadi sudah kita lihat semuanya, tetapi kita semua harus bersabar menunggu penghitungan dari KPU secara resmi,” ujar Jokowi saat memberikan pidato singkat di Jakarta Theatre pada Rabu 17 April 2019 pukul 17.00 WIB.

Padahal, seperti diketahui, dikutip dari layar hitung cepat yang dimuat Suara.com, lima lembaga survei yang terpampang di situ menunjukkan bahwa paslon Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dari paslon Prabowo-Sandi. LSI misalnya, dari 92,05% suara yang masuk, Jokowi-Ma’ruf meraih 55,26% sedangkan Prabowo-Sandi meraih 44,74%.

Sementara itu, berdasarkan 82,19% suara yang masuk ke SMRC, paslon 01 meraih 54,92%, dan paslon 02 merebut 45,08% suara. Tidak jauh berbeda, Indo Barometer memperlihatkan bahwa 53,56% pemilih memberikan suara buat Jokowi-Ma’ruf, sedangkan 46,37%  memberi suara buat Prabowo-Sandi. Selanjutnya, ada survei Indikator, di mana dari 80,65% suara yang masuk, 54,33% diantaranya mencoblos Jokowi-Ma’ruf, sedangkan 45,67% mencoblos Prabowo-Sandi. Yang terakhir, Charta Politika, mencatat bahwa 54,18% suara respondennya, diberikan untuk Jokowi-Ma’ruf, sedangkan 45,82% untuk Prabowo-Sandi.

Selebihnya, Jokowi bersyukur karena KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan pihak terkait lainnya telah melaksanakan Pemilihan Umum 2019  jujur dan adil. Di akhir pidato, Jokowi mengajak agar seluruh masyarakat agar bersatu terlepas dari perbedaan pilihan masing-masing.

“Marilah kita kembali bersatu sebagai saudara sebangsa dan setanah air, menjalin dan merawat persatuan, kerukunan kita, dan persaudaraan kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air,” pungkasnya.

Ruben Setiawan

Pembelajar yang selalu mencoba hal-hal baru untuk dipahami. Semoga selalu bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!