7 Universitas Termahal di Dunia yang Biaya Kuliahnya Mencapai Rp 848 Juta

4 menit
universitas termahal
Universitas Termahal di Dunia Capai Rp 848 Juta (Shutterstock).

Walaupun gak menjamin kualitas, tapi umumnya universitas dengan biaya kuliah yang tinggi memiliki kelebihan tersendiri dari sisi akademi maupun fasilitas yang diberikan kepada para mahasiswanya.

Sebagai seorang orang tua tentu menginginkan anaknya untuk lulus di perguruan tinggi yang memiliki integritas yang baik. Entah itu berstatus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Bahkan sebagian orang rela mengeluarkan kocek lebih dalam agar bisa menyekolahkan anaknya sampai ke luar negeri agar mendapatkan kualitas yang lebih baik lagi. Umumnya kita mendengar nama Harvard, Oxford dan juga Cambridge sebagai beberapa opsi pilihan terbaik untuk menuntut ilmu.

Gak hanya membayar biaya kuliah lebih mahal, kamu juga harus menambah biaya hidup yang terbilang lebih mahal dibandingkan di dalam negeri.

Ngomongin soal biaya, sedikitnya ada 7 universitas di dunia yang mematok harga tinggi bagi siapapun yang pengin mendapatkan gelar S1 disana. Dimana aja kira-kira? Mending kita langsung simak aja nih daftarnya, mengutip dari Career Addict.

7. Universitas Trinity

Universitas Termahal
Universitas Trinity

Di urutan pertama ada Trinity College yang berada di wilayah Connecticut, Amerika Serikat. Kampus ini berdiri pada tahun 1823.

Uniknya terdapat beberapa opsi bagi kamu yang pengin sekolah disini karena memiliki banyak cabang yang tersebar di Amerika Serikat, Irlandia, Inggris, Australia dan Kanada. 

Beberapa alumni yang sukses diluluskan oleh Trinity College adalah Sam Kennedy yang merupakan CEO dari klub Baseball Boston Red Sox. Biaya rata-rata kuliahnya sendiri menyentuh angka Rp 821 jutaan untuk jenjang S1.

6. Reed College

Universitas Termahal
Reed College

Selanjutnya ada Reed College yang berlokasi di Portland, Amerika Serikat. Perguruan tinggi ini didirikan pertama kali pada tahun 1908.

Salah satu ilmu yang menjadi keunggulan di Reed College adalah mengenai Sosial dan Kemanusiaannya. Salah satu sosok yang pernah sekolah disini adalah Steve Jobs yang mendirikan smartphone kelas kakap Apple. Untuk iuran kuliahnya sendiri berkisar di angka Rp 828 jutaan untuk jenjang S1.

5. Universitas Boston

Universitas Termahal
Boston University

Kelima ada Boston College yang sesuai namanya berada di kota Boston, Amerika Serikat. Kampus in berdiri pada tahun 1863.

Boston College sendiri memiliki pondasi dari ajaran Katolik Roma. Namun kampus ini lebih dikenal dengan bibit-bibit olahragawannya yang terkenal untuk olahraga seperti Hockey dan American Football. Harga biaya sekolahnya sendiri menyentuh Rp 829 jutaan.

4. Amherst College

Universitas Termahal
Amherst College

Duduk di urutan keempat ada Amherst College yang berdiri di Massachusetts, Amerika Serikat. Perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 1821 yang lalu.

Di kampus ini sedikitnya terdapat 38 jurusan Strata 1 yang bisa dipilih oleh mahasiswanya dan berhasil melahirkan sosok inspiratif seperti mantan Presiden ke-30 Amerika Serikat. Untuk biaya kuliahnya sendiri berkisar di nominal Rp 830 jutaan.

3. Universitas Columbia

Universitas Termahal
Columbia University

Masuk ke posisi 3 besar ada Columbia University yang bertempat di New York, Amerika Serikat. Perguruan tinggi ini sudah berdiri semenjak tahun 1754.

Udah banyak banget alumni Columbia University yang sukses di kancah internasional seperti mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Theodore Roosevelt. Gak ketinggalan artis cantik asal Indonesia yakni Tasya Kamila.Kalau kamu pengin belajar disini paling enggak siapkan uang sebesar Rp 841 jutaan.

2. Universitas Tufts

Universitas Termahal
Tufts University

Posisi runner up diduduki oleh Tuft University yang berlokasi di Massachusetts, Amerika Serikat. Kampus ini berdiri pada tahun 1852.

Tufts University memiliki afiliasi dengan kampus bergengsi dunia yakni Harvard dan MIT. Salah satu alumni yang berhasilkan oleh institusi pendidikan ini ialah Pierre Omidyar yang merupakan pendiri eBay. Biaya rata-rata yang harus dikeluarkan oleh mahasiswanya berkisar di nominal Rp 542 jutaan.

1. Vassar College

Universitas Termahal
Vassar University

Kampus dengan biaya kuliah termahal di dunia dipegang oleh Vassar College yang berlokasi di New York, Amerika Serikat. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1861.

Di Negeri Paman Sam sendiri Vassar College disebut-sebut sebagai universitas paling sulit ditembus oleh siapapun. Beberapa sosok terkenal yang berhasil dilahirkan adalah mendiang celebrity chef Anthony Bourdain dan aktris Anne Hathaway.

Kalau kamu penasaran pengin mengemban pendidikan disana siapkan uang sekitar Rp 848 jutaan untuk jenjang S1.

Nah itulah 7 universitas paling mahal di dunia hari ini. Dari ketujuh nominasi tersebut, mana nih yang paling kamu pengin duduki kursinya? (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1