4 Usaha Menguntungkan Ini Pas Dijalankan Buat yang Mau Mudik

3 menit
mudik lebaran
Usaha yang bisa dilakukan saat mudik Lebaran. (Pixabay)

Mudik lebaran memang butuh biaya. Tapi jangan salah lho, sembari mudik kamu juga bisa mendapat penghasilan lain. So, setidaknya 30 atau 50 persen biaya mudikmu bisa balik lagi ke kantong.

Sejatinya, banyak sekali peluang usaha yang bisa kita lakoni saat mudik ke kampung halaman.

Hanya saja kita mungkin malas untuk melakukannya. Lantaran, kalau lagi mudik bawaannya ya pengin ketemu sanak saudara saja dan liburan di kampung.

Buat kamu yang memang bakal mudik, dan pengin mendapat penghasilan tambahan, mungkin beberapa usaha sampingan di bawah sini bisa dicoba.

Baca juga: Biar Gak “Mati Gaya”, 5 Gadget Ini Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran

1. Jasa titip

mudik lebaran
Usaha jasa titip lumayan juga lho hasilnya. (Pixabay)

Kemanapun destinasi mudik lebaran kamu, maka selalu ada peluang untuk beli oleh-oleh kan. Nah, kenapa gak buka jastip saja selama di kampung?

Yang mudik ke Purwokerto bisa buka jastip getuk goreng, yang ke Jogja bisa buka jastip gudeg, yang ke Medan bisa buka jastip Bolu Meranti, dan lain-lain.

Jadi, ketika balik ke Jakarta nanti, setidaknya gak tekor-tekor amat bukan?

Akan tetapi, satu hal yang harus dipastikan saat membuka jasa titip ini adalah kuantitas barang yang kamu bawa. Kalau sampai terlalu berat, kamu sendiri yang kerepotan.

Baca juga: Penting! 5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

2. Jual perlengkapan salat di kampung

mudik lebaran
Jual perlengkapan ibadah. (Pixabay)

Buat yang mau mengais rezeki di kampung halaman, maka perlengkapan ibadah seperti sajadah, sarung, mukena, dan sebagainya tentu bisa kamu jual di kampung halamanmu.

Beli di Pasar Tanah Abang secara kiloan tentunya murah dong. Sesampainya di kampung halaman kamu bisa tetapkan harga jual yang sesuai. Tapi agar lebih efektif, kamu harus sampai di kampung duluan bahkan kalau bisa sebelum orang-orang lain pada mudik.

Jadi bisa colong start dulu untuk jualan di kampung sebelum lebaran tiba.

Baca juga: Selain Indonesia, Ini 5 Negara yang Punya Tradisi Mudik Lebaran

3. Jual baju Muslim

mudik lebaran
Jual baju Muslim. (Pixabay)

Selain perlengkapan shalat, baju Muslim tentunya jadi barang yang juga dicari jelang lebaran. Baju koko, abaya, dan lainnya tentu bisa laris jika kamu jual di kampung halamanmu saat mudik lebaran.

Belinya juga sama, kalau mau murah ya silahkan berburu dulu di Pasar Tanah Abang sekarang juga. Karena ketika kamu beli di online shop, tentu saja pengiriman bakal tertunda. Jelang lebaran, ekspedisi juga ramai terima pesanan.

4. Beli kerupuk saat mudik lebaran dan jual di Jakarta

mudik lebaran
Beli kerupuk dari daerah asli. (Pixabay)

Hampir gak ada yang bisa menolak nikmatnya kerupuk-kerupuk lokal daerah yang rasanya selalu beda dari yang lain. Gurih juga pastinya ya.

Penggemar kerupuk bisa dibilang cukup banyak. Karena makanan yang satu ini memang diminati banyak orang, walau bikin batuk.

Setiap daerah di Indonesia tentu punya kerupuk dengan cita rasa beragam. Gak ada salahnya memborong salah satu krupuk terfavorit di kampung dan menjualnya di Jakarta, gak usah jastip-jastipan, dijamin laku deh.

Beli saja satu bungkus sampel untuk jadi tester gratis ke teman-teman, dan setelah itu belilah dalam jumlah banyak untuk dijual. Harganya juga gak mahal-mahal banget kan.

Tentu saja, mereka yang kampungnya di Palembang atau daerah lain yang punya kerupuk khas bisa dapat keuntungan besar dengan bisnis ini.

Itulah empat peluang usaha yang bisa kamu coba jika mudik lebaran tiba. Tentunya, peluang usaha ini khusus buat yang memang ingin pulang ke kampung halaman.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.