15 Makanan Unik dan Kreatif yang Bisa Cetak Untung Kalau Dijadikan Ide Bisnis

6 menit
usaha makanan unik dan kreatif
Ide usaha makanan unik dan kreatif. (Pixabay)

Usaha makanan emang gak ada matinya. Selalu ada yang baru dan pasti memberi untung. Contohnya aja usaha makanan unik dan kreatif. Usaha makanan yang satu ini udah terbukti sukses bikin banyak orang penasaran.

Cukup banyak lho orang yang menjalankan usaha makanan unik dan kreatif lalu berhasil. Dulu kita sempat dibuat penasaran dengan munculnya keripik Maicih. Lalu, ada minuman es kepal Milo yang sempat jadi viral.

Nah, kalau sekarang, kira-kira apa ya usaha makanan unik dan kreatif yang bisa menghasilkan untung? Moneysmart punya daftarnya nih. Dicek yuk!

Baca juga: Cuma Bermodalkan Rp 5 Juta, Coba 12 Peluang Usaha yang Menjanjikan Tahun Ini

1. Tahu kribo

usaha makanan unik dan kreatif
Tahu kribo. (Youtube)

Namanya aja udah unik, apalagi bentuknya. Berdagang tahu kribo bisa menjadi pilihan yang bisa kamu ambil buat menjalankan usaha makanan unik dan kreatif lho.

Bedanya tahu kribo dengan jajanan tahu lainnya terletak pada proses pembuatannya. Tahu kribo dibuat dengan menghancurkan tahu terlebih dahulu kemudian dicampur dengan tepung beras, tepung kanji, dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Setelah itu, baru digoreng.

Modal yang dikeluarkannya pun gak besar-besar amat. Kamu bisa bikin tahu kribo dengan dana gak sampai Rp 100 ribu lho.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Kecil-kecilan Modal 1 Juta Tapi Untung Lumayan

2. Belalang goreng

usaha makanan unik dan kreatif
Belalang goreng. (Youtube)

Makanan yang satu ini bukan cuma unik, tapi sedikit ekstrem. Walaupun begitu, makanan ini bukan berarti gak ada yang mau makan ya. Cukup banyak kok orang yang pengin tahu rasa dari belalang goreng yang kabarnya nikmat.

Gak cuma bisa menjadi peluang usaha, konon nih mengonsumsi belalang goreng bisa mendapat manfaat, seperti mencerdaskan otak, mempercantik kulit, hingga menjaga kesehatan tulang.

Kabarnya nih usaha berdagang belalang goreng ini bisa menghasilkan omzet dari Rp 400 ribuan hingga Rp 1 jutaan. Mantap banget, kan!

Baca juga: 9 Nasihat Bob Sadino Biar Bisnis Modal Kecil Untung Besar

3. Burger hitam

usaha makanan unik dan kreatif
Burger hitam. (Pixabay)

Usaha makanan unik dan kreatif lainnya yang bisa kamu pilih adalah usaha berjualan burger hitam. Melihat warna burger yang gak biasa bikin orang-orang kepengin tahu rasa dari burger yang satu ini. Buat resepnya, kamu bisa mengetahuinya dari ulasan-ulasan online.

Modal yang perlu disiapkan buat menjalankan usaha burger hitam diperkirakan mencapai Rp 5 jutaan. Omzetnya sendiri bisa tembus Rp 10 jutaan lho per bulan.

4. Asinan rambutan kiamboy

usaha makanan unik dan kreatif
Asinan rambutan kiamboy. (Youtube)

Pernah mencicipi buah rambutan yang dijadikan asinan? Rupanya buah rambutan yang jadi asinan berhasil menarik minat banyak orang lho. Pastinya makanan ini boleh banget jadi usaha makanan unik dan kreatif.

Cara membuatnya pun terbilang mudah dan modal yang mesti disiapkan pastinya gak besar-besar amat. Pokoknya cocok deh buat kamu yang pengin jalankan usaha tanpa keluar modal banyak.

Tapi berhubung rambutan itu buah musiman, kayaknya kamu bakal lebih leluasa buka usaha ini saat musim rambutan. Soalnya, bakal lebih gampang cari bahan bakunya dan lebih murah pula!

5. Semangka goreng

usaha makanan unik dan kreatif
Semangka goreng. (Yukepo)

Biasanya buah semangka dimakan sebagai pencuci mulut. Lain cerita dengan makanan unik yang satu ini. Buah semangka yang bisa langsung dimakan justru malah digoreng dulu.

Sebenarnya, proses pembuatan semangka goreng ini mirip-mirip dengan proses pembuatan pisang goreng. Bisa dibilang pembuatannya simpel dan dana yang dihabiskan juga gak terlalu banyak. Pas nih buat yang pengin jalankan usaha makanan unik dan kreatif bermodal minim.

6. Es krim goreng

usaha makanan unik dan kreatif
Es krim goreng. (Youtube)

Berikutnya adalah usaha es krim goreng yang bisa jadi pilihan usaha makanan unik dan kreatif. Kabarnya nih usaha yang satu ini bisa mencetak omzet hingga Rp 20 juta per bulannya lho.

Udah gitu, memulai usaha ini gak ribet. Cukup dengan modal mulai dari Rp 7 jutaan, kamu bisa menjalin kemitraan dengan sejumlah franchise es krim goreng. Dari modal segitu, kamu bakal menerima booth, perlengkapan jualan, pelatihan, dan bahan baku.

7. Dadar Gulung cokelat

usaha makanan unik dan kreatif
Dadar gulung cokelat. (Youtube)

Kalau dadar gulung yang berwarna hijau tampak biasa buat kamu, gimana dengan dadar gulung cokelat? Tentu aja warna cokelatnya bikin kamu berhasrat buat mencicipi makanan unik yang satu ini.

Dengan bermodalkan Rp 3 jutaan, usaha dadar gulung cokelat berpotensi mencetak omzet hingga Rp 9 jutaan tiap bulannya. Cara membuat dadar gulung cokelat sendiri terbilang mudah dan bisa kamu dapatkan infonya dengan gampang di internet.

8. Keripik tempe

usaha makanan unik dan kreatif
Keripik tempe. (Youtube)

Usaha makanan unik dan kreatif lainnya yang bisa kamu coba adalah usaha jualan keripik tempe. Kamu bisa membuat sekaligus menjualnya ataupun sekadar menjualnya.

Gimana dengan omzetnya? Ada lho yang bisa meraup hingga Rp 10 juta per bulannya. Seperti yang diberitakan Detik, seorang wirausahawan bernama Widiatmoko membuka usaha keripik tempe yang dinamakan Tempe King dengan modal Rp 5 juta. Ia mengaku bisa meraup penghasilan Rp 10 juta tiap bulannya.

9. Ramen burger

usaha makanan unik dan kreatif
Ramen burger. (Youtube)

Kreativitas di bidang kuliner terus bermunculan. Salah satunya adalah membuat burger yang rotinya pakai mie ramen. Bayangin, mie ramen yang disantap begitu aja udah enak, apalagi dijadikan roti burger?

Nah, membuka usaha ramen burger ternyata bisa memberi omzet yang lumayan besar lho. Bermodalkan Rp 5 juta, kamu udah bisa menjalankan usaha ini.

10. Cokelat dodol

usaha makanan unik dan kreatif
Cokelat dodol. (Youtube)

Makanan unik lainnya yang berpeluang mendatangkan omzet yang menjanjikan adalah cokelat dodol. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat memperoleh keuntungan dari usaha makanan unik dan kreatif ini, yaitu membuat lalu menjualnya ataupun cuma menjualnya.

Cukup banyak orang yang sukses berjualan cokelat dodol ini. Salah satunya adalah Kiki Gumer, CEO PT Tama Cokelat Indonesia. Seperti yang diberitakan Liputan 6, Kiki mengaku cokelat dodol yang dijualnya bisa mendatangkan omzet hingga Rp 4,5 miliar tiap tahunnya.

11. Oreo goreng

usaha makanan unik dan kreatif
Oreo goreng. (Youtube)

Gak disangka, Oreo yang enak itu makin enak lagi kalau dijadikan Oreo goreng lho. Makin mantap lagi kalau mendapatkan omzet dari menjual makanan ini.

Membuat Oreo goreng itu gak sulit. Udah gitu informasi resepnya mudah sekali ditemukan di internet. Infonya nih jualan Oreo goreng dalam sebulan bisa hasilkan omzet hingga Rp 10 juta.

12. Puding roti

usaha makanan unik dan kreatif
Puding roti. (Youtube)

Pernah membayangkan gak gimana jadinya kalau puding dan roti dikombinasikan sebagai makanan? Ternyata keduanya bisa menjadi kombinasi makanan yang nikmat lho.

Gak cuma nikmat, tapi puding roti bisa menjadi makanan yang memberi omzet yang menjanjikan lho. Proses pembuatannya mudah dan modal yang dibutuhkan juga gak banyak.

13. Seblak seafood

usaha makanan unik dan kreatif
Seblak seafood. (Youtube)

Begitu juga dengan seblak seafood. Pilihan kuliner ini bisa dijadikan sebagai peluang meraih untung. Bikin makanan yang satu ini juga gak ribet-ribet amat kok. Terus bahan-bahannya juga terbilang masih terjangkau.

Satu lagi nih yang perlu kamu tahu. Orang-orang yang suka seblak itu cukup banyak lho. Jadi, gak usah khawatir gak laku deh.

14. Cheese tea

usaha makanan unik dan kreatif
Cheese tea. (Youtube)

Mungkin kamu udah pernah dengar sebelumnya kreasi minuman yang satu ini. Namun, bukan berarti menjual minuman ini gak bisa memberi omzet ya. Cukup banyak lho orang yang suka cheese tea. Dengan kata lain, menjual minuman ini berpotensi memberikan untung.

Biar gak susah-susah memulainya, kamu bisa menjalin kemitraan dengan franchise alias waralaba yang udah ada. Modal investasi yang disiapkan mulai dari Rp 10 jutaan. Sementara omzetnya per bulan nih bisa mencapai Rp 13 juta.

15. Steak tempe

usaha makanan unik dan kreatif
Steak tempe. (Youtube)

Pernah nyobain steak tempe? Nah, makanan unik yang satu ini gak kalah enak dari steak daging lho. Udah gitu bahan-bahan yang dipakai cukup terjangkau.

Pastinya, membuka usaha makanan unik dan kreatif ini berpeluang mencetak untung lho. Apalagi namanya bikin orang-orang penasaran, seperti apa rasa dari steak tempe ini.

Nah, itu tadi lima belas makanan unik dan kreatif yang bisa kamu jadikan inspirasi buat jalankan usaha. Semoga bermanfaat! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!