Modal Mobil, Kamu Bisa Hasilkan Uang dari 8 Jenis Usaha Ini Lho

3 menit
Food Truck L300 (www.indokaroseri.com)
Food Truck L300 (www.indokaroseri.com)

Banyak lho usaha menggunakan mobil pribadi yang bisa kamu coba. Sayangnya, selama ini kebanyakan orang mikirnya buat dapat duit dari mobil pribadi “cuma” bisa dengan daftar taksi online. Padahal, ada banyak usaha lainnya yang gak kalah ngasih cuan cukup banyak.

Selain dapat duit, mencoba usaha menggunakan mobil pribadi berarti kamu mencoba buat terjun ke dunia bisnis. Lumayan kan jadi langkah awal kamu buat belajar bisnis.

Penasaran bisnis atau usaha apa aja yang cocok gunakan mobil pribadi? Simak daftar berikut.

1. Jualan tahu bulat dengan mobil pick-up

usaha menggunakan mobil pribadi
Tahu bulat dadakan (dream)

Ini nih yang paling gampang. Jualan tahu bulat cukup simpel karena bahan-bahan bisa dibawa dan digoreng saat itu juga. Namanya juga “Tahu Bulat Dadakan” ya.

Modalnya berupa alat penggorengan, gas, dan kompor. Kemudian, tentu aja stok tahu bulat yang bakal digoreng. Tahu bulat mentah tersebut bisa kamu ambil dari suplier ataupun bikin sendiri.

Yang perlu diperhatikan saat jualan tahu bulat adalah pilih kompor yang benar-benar aman. Plus, pilih penggorengan yang mirip panci agar minyak panas gak tumpah saat mobil sedang berjalan.

2. Bikin food truck dengan mobil van

Kalau kamu punya mobil van, kamu bisa manfaatkan mobil jenis ini buat berbisnis food truck. Usaha menggunakan mobil pribadi jenis van ini makin hits akhir-akhir ini. Apalagi dengan banyaknya bazar yang digelar, baik di dalam mal ataupun di pasar tertentu.

Usaha food truck pun terasa lebih ringkas. Sebab biaya sewa jatuhnya lebih murah dibandingkan kamu harus sewa kios yang tempatnya permanen. Selain itu, kamu bisa berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain ataupun dari satu bazar ke bazar lainnya.

3. Jualan oleh-oleh keliling dengan mobil MPV

Kamu punya mobil low-MPV seperti Avanza atau Xenia yang awalnya cuma kamu gunakan buat ke kantor atau sehari-hari? Kamu bisa manfaatkan mobil tersebut buat dapat cuan, lho.

Salah satu yang paling umum adalah jualan oleh-oleh keliling. Contoh, kamu bisa ambil Bolu Amanda atau Bolu Sangkuriang dari supliernya. Kemudian, kamu tinggal berhenti di pinggir jalan dan buka bagasi mobil kamu.

Kamu bahkan gak perlu bayar sewa tempat dengan metode jualan seperti ini. Oh ya, cukup banyak orang yang kadang kepepet cari oleh-oleh, lho. Jadi dengan kamu berjualan begini bakal bantu mereka banget buat beli oleh-oleh tertentu.

4. Jualan hasil kreasi dengan mobil MPV

Masih mirip dengan poin sebelumnya, kamu pun bisa berjualan hasil kreasi kamu menggunakan mobil pribadi.

Contoh, kamu jualan produk hiasan dinding ataupun kerajinan tangan lainnya yang cukup unik. Kamu bisa berhenti di daerah yang dekat dengan sekolah, kampung, dan pusat keramaian lainnya.

Buat berjualan keliling seperti ini, ada baiknya kamu menetap di satu tempat buat selang waktu tertentu. Dengan gitu, orang bakal ingat ke mana harus cari kamu. Bisa aja mereka awalnya gak tertarik namun keesokan harinya kepikiran kan?

5. Dagang sayur menggunakan mobil pick-up

peluang usaha punya mobil pribadi
Kreatif banget deh! (kompasiana)

Dagang sayur zaman now makin efektif karena kamu bisa gunakan mobil pick-up, gak lagi gerobak dorong. Jangkauan dagangan kamu pun bakal lebih luas.

Cara mulai usaha ini pun cukup mudah. Kamu cukup mengambil berbagai sayuran maupun buah dari tengkulak. Kemudian, kamu keliling deh di pagi hari. Usahakan buat mulai berjualan sekitar jam enam pagi ya. Kalau kesiangan ntar pelanggan keburu beli di tempat lain, lho.

6. Jasa travel keluar kota

Mobil travel keluar kota bisa menggunakan mobil MPV maupun minibus. Kalau kamu punya mobil jenis ini, gak ada salahnya buat ngasilin duit dengan menjadikannya mobil travel.

Bila kamu punya modal lebih, gak ada salahnya pula buat sediakan lebih dari satu mobil. Dengan gitu, kamu bisa angkut lebih banyak penumpang.

Promosinya gimana? Kamu bisa taruh plang di depan rumah maupun gunakan iklan di Internet.

7. Jasa antar-jemput anak sekolah

Usaha menggunakan mobil pribadi satu ini pun cukup simpel. Kamu bisa gunakan mobil MPV maupun minibus buat sediakan jasa antar-jemput anak sekolah.

Kamu cukup tawarkan pada tetangga di sekitaran rumah. Kenapa tetangga di sekitaran rumah? Pasalnya, karena udah kenal tentu mereka lebih percaya buat menitipkan anak-anak mereka buat diantar-jemput.

8. Jasa pindahan dengan mobil boks atau pick-up

jenis usaha menggunakan mobil
Bikin jasa pindahan (tribunnews)

Kamu punya mobil pick-up ataupun mobil boks yang nganggur? Coba gunakan aja buat tawarkan jasa pindahan kepada orang-orang yang butuh.

Caranya bisa dengan memasang iklan di Internet ataupun daftarkan diri ke layanan GO-BOX dari GO-JEK.

Mudah kan buat dapat duit dari usaha menggunakan mobil pribadi? Jadi, gak ada kata “nganggur” gitu aja buat mobil-mobil kamu di rumah.

Yuk, segera pikirkan mana ide yang cocok buat kamu dan manfaatkan mobil kamu sekarang juga.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan