18 Usaha Sampingan dengan Modal Rp 2 Jutaan Ini Dijamin Menguntungkan

7 menit
Jastip salah satu usaha sampingan dengan modal Rp 2 jutaan yang menguntungkan (Shutterstock)

Semua orang tentu mau punya usaha sampingan yang menghasilkan. Tapi, gak sedikit orang yang gak lantas memulainya, karena gak ada ide atau entah kenapa.

Jika judulnya “usaha sampingan”, usaha ini bentuknya cuma sebatas pekerjaan tambahan. Meski sifatnya bukan pekerjaan utama, tujuannya tetap sebagai penebal dompet atau penggemuk rekening.

Kalau dipikir-pikir, meski kamu sudah punya pekerjaan utama yang penghasilannya di atas upah minimum rata-rata atau investasi jangka pendek dan panjang, usaha atau kerja sampingan memang masih dibutuhkan.

Mengapa harus membuka usaha sampingan?

Usaha sampingan
Mengapa membuka usaha sampingan (Pixabay)

a. Semua orang butuh piknik

Karena di dunia ini, kerja terus menerus tanpa piknik itu gak baik. Tentu butuh dong liburan sejenak untuk menjernihkan pikiran.

Nah, kira-kira biaya liburan itu cenderung mahal atau murah ya? Biasanya sih mahal, apalagi kalau liburannya ke luar kota atau negeri.

Meski uang liburan bisa didapatkan dengan cara menabung, itu bukan cara yang tepat. Kok gitu? Penjelasannya ada di poin selanjutnya.

Baca juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Gak Menguntungkan, Jangan Berani Coba-Coba!

b. Inflasi

Gak ada yang tahu di masa depan berapa persen kenaikan harga barang atau bahan pokok beberapa tahun yang akan datang.

Biaya pendidikan aja naik terus, apakah kamu sudah berpikir berapa juta yang bakal dikeluarkan untuk pendidikan buah hatimu?

Itu sebabnya kenapa penting banget punya usaha sampingan. Biaya hidup makin tinggi, ngandelin gaji doang mana cukup. Selain itu, mau jadi kutu loncat di dunia kerja juga bikin stres. Setuju gak?

Baca juga: Mau Usaha Sampingan? Ini 5 Cara untuk Mendapatkan Modal Usaha

Jenis usaha sampingan yang menguntungkan tahun ini

Bicara soal jenis usaha sampingan, sejatinya apa saja bisa jadi usaha yang sifatnya sampingan. Apapun bisa dijual di Ibu Kota, terlepas dari apakah itu barang, jasa, atau apapun, asal gak melanggar hukum.

Hanya saja, ada baiknya bagi kita memahami lebih dalam seputar kemampuan menjalani usaha ini.

Beda profesi tentu beda juga kesibukannya. Itu artinya, usaha yang mereka bisa geluti untuk menebalkan pundi-pundi juga berbeda.

Biar gak bingung, pada kesempatan kali ini MoneySmart bakal memberikanmu deretan peluang usaha sampingan yang paling nguntungin di tahun ini, berdasarkan profesimu. Gak usah khawatir, semuanya bisa dimulai dengan bujet minim maksimal Rp 3 juta saja!

Dikutip dari CNBC, bisnis kuliner, kraf, online, buku bekas, bisnis suvernir termasuk dalam bisnis sampingan yang menjanjikan di tahun 2018 lalu.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai usaha sampingan yang menguntungkan tahun ini? Simak ulasannya yuk:

a. Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Meski gak punya penghasilan tetap, ibu rumah tangga itu kerjanya 24 jam setiap hari. Bayangkan saja, bukan rumah doang yang dia urus, melainkan isi dan keluarganya. So, berikut peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dilirik.

1. Jasa jahit non obras

Usaha sampingan
Jasa jahit non-obras usaha sampingan (Pixabay)

Mesin jahit bekas harga Rp 2 jutaan banyak sekali, modal jarum dan benang palingan hanya Rp 200 atau Rp 300 ribuan.

Buat yang belum bisa ngejahit, kamu juga bisa kok belajar dengan mengikuti workshop-workshop yang diselenggarakan secara online. Bisa juga mengunjungi situs-situs seperti MauBelajarApa, Lingkaran, dan sebagainya.

2. Katering

Usaha sampingan
Usaha sampingan katering (Pixabay)

Moms, pasti sering masak dong! So, katering tentu bisa jadi usaha sampingan ibu rumah tangga yang menjanjikan. Katering juga bisa dilakukan dengan metode pre-order. Dengan bujet Rp 2 juta tentu sudah banyak hidangan yang bisa kamu garap.

3. Jual jajanan pasar

Usaha sampingan
Usaha sampingan jual jajanan pasar (Pixabay)

Selain masak, tentu gak sedikit ibu rumah tangga yang suka membuat kue seperti pastel, risol, dan sebagainya. Gimana kalau membuat jajanan itu untuk dijual lagi? Gak ada yang bisa menolak kelezatannya kok.

4. Warung sarapan

Usaha sampingan
Usaha sampingan warung sarapan (Shutterstock)

Sesuai judulnya, warung ini menjual hidangan untuk sarapan. Apalagi kalau bukan nasi uduk, nasi ulam, atau nasi kuning, serta lauk pauknya yang sederhana. Cuma modal etalase dan meja, kamu sudah bisa buka usaha ini di depan rumah.

5. Toko kelontong

Usaha sampingan
Usaha sampingan toko kelontong (Pixabay)

Jualan snack, kopi, rokok, roti, atau air minum saja mungkin cukup dengan modal Rp 3 jutaan. Lambat laun, ketika labanya sudah bertambah kamu bisa mengembangkan usaha itu jadi jualan sembako.

6. Waralaba makanan dan minuman

Usaha sampingan
Usaha sampingan waralaba makanan dan minuman (Pixabay)

Kenapa usaha waralaba dipilih? Karena mereka tinggal menjual makanan atau minuman yang sudah punya brand dan target pasar. Bahkan, yang modal awalnya Rp 2 jutaan pun ada.

7. Jualan sayur

Usaha sampingan
Usaha sampingan jualan sayuran (Pixabay)

Sebelum Subuh tiba tentu sudah harus ada di pasar untuk belanja dan borong sayuran. Setelah itu, tinggal ngelapak di depan rumah bermodalkan etalase. Tetangga-tetangga yang lagi cari sayur mayur tentu terbantu dengan daganganmu.

b. Usaha sampingan karyawan

Kalau judulnya saja sudah karyawan, maka sudah punya gaji tetap dari perusahaan tempat dia bekerja.

Seandainya masih ingin mencari peluang usaha sampingan, carilah yang gak ribet-ribet amat alias bisa dikerjakan di luar jam kerja dan kalau bisa yang modalnya Rp 0 saja.

Berikut, deretan usaha yang bisa ditekuni para karyawan untuk membuat dompet jadi tebal:

1. Pembuatan konten

Usaha sampingan
Usaha sampingan pembuatan konten (Pixabay)

Ini merupakan pekerjaan yang cukup banyak ditawarkan para freelance di situs Sribulancer. Artinya, persaingannya memang cukup ketat, tapi kalau kamu yakin bisa kenapa harus ragu mencoba? Modalnya juga cuma komputer atau laptop saja.

Konten itu sifatnya beragam. Namun, yang paling umum adalah tulisan blog. Berbeda dengan tulisan di media, tulisan di blog-blog situs yang baru saja dibuat harus bersifat SEO friendly.

Tujuannya, agar tulisan di situs tersebut mudah muncul dalam mesin pencarian Google. Dan ketika banyak orang yang meng-klik tulisan itu, traffic atau jumlah pengunjung situs baru tersebut akan bertambah.

2. Jasa penerjemah

Usaha sampingan
Usaha sampingan sebagai jasa penerjemah (Pixabay)

Jasa yang satu ini juga bisa menjadi usaha sampingan karyawan tanpa modal yang menguntungkan. Untuk mencari klien, kamu juga hanya perlu mendatangi situs-situs freelancer yang ada.

3. Jasa desain grafis dan multimedia

Usaha sampingan
Usaha sampingan jasa desain grafis dan multimedia (Pixabay)

Kurang lebih, usaha ini gak jauh beda dengan pembuatan konten. Hanya saja, mereka yang bekerja di bidang ini memang harus bisa menggambar, edit foto, atau memanfaatkan software-software editing lainnya.

4. Jasa pembayaran online

Usaha sampingan
Usaha sampingan jasa pembayaran online (Pixabay)

Peluang seorang karyawan untuk mendapat persetujuan pembuatan kartu kredit umumnya lebih besar ketimbang seorang pengusaha.

Itu sebabnya, ketika kartu kredit sudah di tangan, manfaatkanlah saja untuk membuka jasa pembayaran online untuk rekan-rekanmu.

5. Kursus online

Usaha sampingan
Usaha sampingan kursus online (Pixabay)

Jago marketing, sales, digital marketing, atau yang lainnya? Buka saja kursus online bersifat webinar di saat waktu luang di kantormu. Seru kan bisa sharing ilmu dengan orang lain, bisa jadi tenar juga!

c. Usaha sampingan mahasiswa

Ibu rumah tangga sudah, karyawan sudah, tinggal mahasiswa yang belum. Mencari usaha sampingan mahasiswa sebenarnya gak sesulit yang dibayangkan.

Pada dasarnya, sebagian besar mahasiswa rata-rata memang gak punya penghasilan tetap. Mereka masih terima jajan dari orangtua.

Selain punya waktu fleksibel untuk mencari uang jajan tambahan, mereka umumnya update dengan tren terkini. Kira-kira peluang usaha sampingan seperti apa yang pas buat mereka? Berikut ulasannya.

1. Influencer

Usaha sampingan
Usaha sampingan sebagai influencer (Pixabay)

Hampir semua mahasiswa gak pernah lepas dari apa yang namanya medsos. Kenapa gak jadi selebgram saja atau influencer?

Kamu bisa dapat penghasilan lewat endorsement lho. Tapi, akun medsosmu juga harus terlihat rapi dan followers-mu juga harus banyak.

2. Instruktur olahraga

Usaha sampingan
Usaha sampingan jadi instruktur olahraga (Pixabay)

Hobi olahraga, berbadan atletis, dan punya banyak waktu luang untuk latihan dan istirahat. So, daripada waktu luang dimanfaatkan buat nongkrong dan menghabiskan uang, lebih baik memanfaatkannya untuk mengajar.

Modalnya cuma pakaian olahraga yang mumpuni kok. Tujuannya, biar klien pede dan percaya latihan sama kamu. Dengan uang di bawah Rp 2 juta, juga bisa kebeli.

3. Jasa titip (jastip)

Usaha sampingan
Usaha sampingan jastip (Shutterstock)

Karyawan kerap melakoni usaha satu ini. Namun, karena waktu gak fleksibel, kamu yang masih jadi mahasiswa bisa mulai meliriknya.

Jasa ini gak mesti berbentuk jastip luar negeri, jastip ke Bogor, outlet-outlet ritel, atau pameran pun bisa.

4. Reseller pakaian

Usaha sampingan
Usaha sampingan reseller pakaian (Pixabay)

Sekali lagi, karena mahasiswa punya waktu yang cukup fleksibel maka gak sulit tentunya untuk blusukan ke pasar mencari pakaian untuk nantinya dijual lagi.

Pakaian Muslim, batik, atau kaos-kaos oblong pun jadi. Jangan salah, founder Men’s Republic Yasa Singgih dulu berhasil dengan usaha ini lho!

5. Sewa kamar

Usaha sampingan
Usaha sampingan menyewakan kamar (Pixabay)

Punya kamar nganggur di rumah orangtua? Izin saja untuk disewakan, dan kamu bisa membuatnya makin laris dengan Airbnb, Booking.com, Airy Rooms, atau situs-situs lainnya. Sebagai mahasiswa, tentu banyak waktu buat beres-beres kamar yang disewakan.

6. Agency SPG

Usaha sampingan
Usaha sampingan sebagai agency SPG (Pixabay)

Punya teman cantik-cantik yang minat kerja sampingan? Nah, buka saja agency SPG. Jangan salah, jasa SPG masih cukup populer untuk event-event atau pameran.

Kalau bisa, sekalian bikin satu paket membuka jasa MC atau kru event.

Tips agar usaha sampingan sukses

Usaha sampingan
Tips sukses menjalani usaha sampingan (Pixabay)

Begitulah gambaran jelas seputar peluang usaha sampingan minim modal, yang telah disesuaikan dengan aktivitas si pemilik usaha.

Manfaatnya udah tahu, jenis usaha sampingannya juga udah. Tapi gimana ya caranya biar usaha sampingan ini sukses?

1. Waspadai virus mager

Sampai kapanpun juga, virus ini adalah virus yang paling berbahaya di dunia. Karena ketika seorang sudah terjangkit virus ini, mustahil dia mau ngelakuin apa yang semestinya dia lakukan  buat menebalkan dompet.

Malas gerak alias mager gak cuma menyerang manula, anak muda produktif pun banyak yang udah kebiasaan mager. Kalau malas, ya jangan pernah mimpi jadi crazy rich di usia muda seperti Mark Zuckerberg dan lainnya.

2. Seribu pelanggan masih belum cukup

Kalau 1.000 klien atau pelanggan aja belum cukup, kayak apa kalau kamu cuma punya satu? Itu tandanya usaha sampinganmu gak menghasilkan apa-apa.

Cobalah menerapkan strategi jemput bola alias cari pelanggan untuk usahamu ini. Jangan kebiasaan nunggu bos, nanti rezeki dipatok ayam!

3. Jangan boros-boros

Ketika gak ada duit, ya jawabannya harus cari duit bukan? Ketika lagi cari duit, ya jangan boros-boros.

Ingat lho, beberapa usaha sampingan di atas tentu ada yang butuh modal. Coba buat target dalam jangka waktu tertentu untuk mengembalikan modal yang sudah kamu keluarkan.

Itulah ulasan lengkap seputar usaha atau kerja sampingan pada hari ini. Semoga bermanfaat buatmu di kemudian hari. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.