12 Usaha Ini Bisa Dijalankan Tanpa Modal dan Datangkan Banyak Keuntungan

5 menit
usaha tanpa modal
12 jenis usaha tanpa modal

Siapa bilang usaha tanpa modal itu tidak ada? Asalkan kamu jeli menangkap peluang, ada banyak pilihannya untuk mendapat keuntungan besar tanpa keluar duit. 

Sekarang zaman sudah semakin canggih, kehadiran teknologi tentunya membuka peluang besar buat kamu yang pengin menjadi wirausaha meski dengan modal kecil, bahkan tanpa modal sepeserpun. 

Dengan modal ponsel pintar yang sehari-hari untuk melihat Instagram juga bisa. Istilah bisnis tanpa modal tapi menggunakan jaringan internet itu ada dropshipper maupun jasa titip. 

Itu merupakan sistem bisnis baru yang muncul karena perkembangan teknologi. Proses transaksi semuanya bisa dilakukan hanya lewat ponsel pintar, tinggal menentukan saja komoditas apa yang mau dijual. 

Berikut ini beberapa komoditas atau peluang usaha tanpa modal yang bisa kamu jalankan dan bisa mendatangkan banyak cuan: 

1. Makelar properti 

usaha tanpa modal
Makelar properti

Siapa bilang jualan rumah mesti survei lokasi dulu, sekarang kamu bahkan bisa gak perlu mondar-mandir lagi. 

Foto-foto rumah yang ingin dijual bisa dikirimkan melalui pesan singkat atau email, dan juga bisa dipasarkan lewat media sosial atau situs-situs jual beli. Gampang banget kan

Tapi harus ada modalnya, yaitu modal koneksi, terutama ke kontraktor-kontraktor. Kalau misalnya koneksimu sedikit, ya jangan harap dapat banyak info soal rumah dijual. 

Baca juga: Modal Nol Rupiah tapi Untungnya Gede, Berani Coba 5 Bisnis ini?

2. Bisnis online jual pakaian bekas 

usaha tanpa modal
Bisnis online jual pakaian bekas

Bisnis pakaian bekas lagi laku di Instagram, kalau kamu punya baju-baju bagus, bermerek, dan gak terpakai lagi, bisa kamu jual. 

Untuk menambah varian bajunya kamu bisa mengajak teman-teman kamu untuk menaruh pakaian bekas dan layaknya di lapak Instagrammu. 

3. Jasa desain grafis 

usaha tanpa modal
Jasa desain grafis

Buat kamu yang jago gambar, jago mendesain, kamu bisa membuka usaha tanpa modal sebagai freelancer jasa desain grafis. 

Tinggal pajang portofolio-mu di feed Instagram, masukkan hashtag potensial yang bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke profil Instagrammu, misal #jasadesaingrafis #desaingrafis, dan lain-lain. 

Patok harga sesuai dengan tingkat kerumitan gambar. Semakin rumit kamu bisa mematok harga yang tinggi, tapi kalau simpel, kasih harga murah supaya mereka loyal ke kamu. 

4. Jasa titip mainan 

usaha tanpa modal
Jasa titip mainan

Usaha untuk pemula dan bisa dijalankan tanpa modal adalah jasa titip mainan. Caranya tinggal pergi ke tukang mainan seperti pasar gembrong, kemudian foto-foto mainan yang menarik, pasang deh di media sosial seperti Instagram. 

Tapi yang terpenting, kamu harus izin dulu ke penjualnya. Minta izin untuk memfotonya dan menjualnya lewat instagram. Kalau bisa minta harga grosir biar kamu bisa ngambil untung yang banyak. 

5. Freelance video editor 

usaha tanpa modal
Freelance video editor

Lihai merangkai video-video singkat menjadi video panjang dan menarik? Buka saja jasa video editor. Sekarang banyak orang-orang yang membutuhkan jasa ini, terutama di industri kreatif seperti media, maupun event organizer

Kamu gak perlu repot-repot mondar-mandir, ngambil gambar, tinggal tunggu video dikirim via email, kamu sudah bisa menggarapnya. 

Usaha tanpa modal ini bahkan bisa kamu kerjakan di rumah, asalkan ada perangkat komputer yang memadai saja. 

6. Usaha rumahan membuka les privat 

usaha tanpa modal
Usaha rumahan membuka les privat

Usaha tanpa modal lainnya adalah membuka tempat les privat untuk anak-anak sekolah. Kalau kamu mahir dalam satu bidang, misal matematika atau bahasa asing, tinggal sulap saja rumahmu jadi tempat les-lesan. 

Kamu gak perlu keluar uang untuk menyediakan peralatan yang canggih, cukup pakai buku atau papan tulis saja juga bisa. Promosikan jasamu ini ke kerabat-kerabat terdekat atau tetangga-tetangga sekitar. 

7. Bisnis tanpa modal, grosir sembako online 

usaha tanpa modal
Bisnis tanpa modal, grosir sembako online

Salah satu dampak negatif perkembangan teknologi adalah bikin orang malas ke mana-mana, sampai-sampai buat beli sembako aja mesti via online

Memanfaatkan kecenderungan pola berbelanja masyarakat ini, kamu bisa menangkap peluang bisnis jualan grosir sembako online

Caranya, kamu harus mengajukan kerjasama dulu ke distributor-distributor sembako offline, misalnya di pasar. Bilang kalau kamu siap menjadi agen mereka dan menjual produk-produk sembilan bahan pokok secara online

Sistem pengambilan keuntungannya pun bisa bagi hasil, atau kamu melebihkan harga yang sudah mereka berikan, alias di-markup. Media berjualannya sudah banyak, bisa lewat e-commerce seperti Tokopedia, OLX, atau lewat media sosial. 

8. Penulis lepas 

usaha tanpa modal
Penulis lepas

Penulis lepas juga banyak dicari-cari, entah itu menulis artikel berita, atau menulis artikel SEO. Kalau untuk artikel berita, biasanya media luar yang mencari jasa ini. 

Sementara penulis SEO biasa dicari oleh perusahaan-perusahaan rintisan yang pengin mendobrak popularitas di Google. 

Jasa penulis lepas lumayan menggiurkan, karena bayarannya bisa per satu artikel. 

9. Penerjemah 

usaha tanpa modal
Penerjemah

Usaha tanpa modal hasil melimpah berikutnya adalah penerjemah. Kamu cuma modal kemampuan berbahasa asing, sudah bisa menjalankan usaha ini. Biasanya bahasa yang diterjemahkan ke Indonesia adalah bahasa Inggris. 

Mereka yang membutuhkan jasa ini bisa dari penerbit buku independen, maupun perusahaan-perusahaan kecil. Hal ini lantaran mereka tidak memiliki tenaga penerjemah full-time, tapi selalu bersinggungan dengan dokumen-dokumen berbahasa asing. 

10. Bikin kue pesanan 

usaha tanpa modal
Bikin kue pesanan

Usaha sampingan ibu rumah tangga ini bisa dijalankan tanpa modal, asalkan memiliki keahlian dalam membuat kue. Bagaimana tanpa modal, kan harus beli bahan-bahannya? Nah, sistemnya bisa kamu ubah menjadi bayar di awal. 

Artinya sebelum memesan, pelanggan diharuskan membayar DP atau bayar full dahulu untuk kemudian uangnya digunakan sebagai modal membeli bahan-bahannya. 

11. Makelar mobil atau motor bekas 

usaha tanpa modal
Makelar mobil atau motor bekas

Beberapa orang malas untuk menjual mobil atau motor bekasnya lewat internet. Alasannya beragam, ada yang malas foto atau malas upload.

Kamu bisa memanfaatkan hal itu, tanya saja ke teman-teman yang pengin jual motor atau mobil bekasnya. Kamu bisa datang ke rumahnya memfoto setiap sudut kendaraan tersebut, terus upload deh di situs jual beli online

12. Bisnis rumahan katering sehat 

usaha tanpa modal
Bisnis rumahan katering sehat

Jual katering sehat juga bisa menjadi usaha tanpa modal. Sama seperti jual kue, kamu cuma perlu memiliki keterampilan memasak, dan menerapkan sistem DP untuk setiap pemesanannya. 

DP tersebut kemudian dijadikan modal untuk kamu membeli bahan-bahan, sampai pengeluaran-pengeluaran lainnya seperti transport ke pasar atau biaya pengiriman nantinya. 

Itulah 12 usaha yang bisa kamu jalankan meski tanpa modal. Modal bukanlah salah satu penentu kesuksesan orang berusaha kok, banyak pengusaha-pengusaha yang mencapai kesuksesannya saat menjalankan usaha tanpa modal. 

Sebut saja seperti Mark Zuckerberg yang dulu membangun Facebook dari kamar asramanya tanpa modal besar. 

Ada beberapa sikap yang harus ditanamkan oleh pengusaha yang memulai usaha tanpa modal agar bisa untung besar, pertama adalah berorientasi pada pelanggan, dan kedua adalah tidak berhenti berusaha sampai mendapatkan keuntungan. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.