Berasa di Ujung Dunia, Ini 8 Destinasi Wisata Kota Ushuaia Patagonia

5 menit
Ushuaia Patagonia
Berada di Ujung Bumi, Ini 8 Destinasi Wisata Kota Ushuaia Patagonia Argentina, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat kamu yang bosan traveling ke negara Asia atau Eropa melulu bisa coba berkunjung ke kota Ushuaia Patagonia tepatnya di Argentina. Letaknya ada di wilayah paling selatan bumi, oleh karena itu kota ini menjadi jalur perjalanan bagi orang yang mau pergi ke Antartika.

Patagonia merupakan sebuah wilayah luas yang berada di pesisir laut negara Chili dan Argentina. Namanya cukup fenomenal di dunia karena memiliki ekosistem alam yang cukup unik di mana terdapat sebagian wilayahnya tertutup oleh gletser. Udah gitu juga ditumbuhi oleh 5 persen lebih spesies lumut dunia.

Selain ekosistem alamnya beraneka ragam, di sana juga menyajikan pemandangan pegunungan sekaligus laut yang sulit ditemukan di belahan dunia. Salah satu daerah yang terkenal itu bernama Ushuaia di kepulauan Tierra del Fuego, Argentina.

FYI nih kalau kamu datang pas lagi bulan Ramadan, durasi puasa di kota kecil ini jadi yang tercepat di dunia lho. Hanya 11 jam aja dari waktu sahur sampai berbuka puasa.

Buat yang berencana pergi ke sana, kamu bisa pergi melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta menggunakan pesawat Turkish Airlines menuju Istanbul. Lalu transit 3 kali menuju Sao Paulo sampai ke Ushuaia.

Ongkosnya bervariasi sekitar Rp 32 juta hingga Rp 53 juta, tergantung maskapai penerbangan yang kamu pilih. Tapi yang mesti diperhatikan adalah waktu penerbangannya rata-rata mencapai 48 jam atau 2 hari. Kebayang gak tuh gimana capeknya perjalanan menuju kota ini?

Kalau kamu tetap kekeuh pengin pergi ke Ushuaia Patagonia, mending langsung aja nih catat destinasi wisata yang wajib dikunjungi berikut ini:

Baca juga: Hidup Sederhana! Ruben Onsu dan Sarwendah Liburan Mewah ke 5 Negara Ini

1. The Beagle Channel

Ushuaia Patagonia
Pemandangan yang liar menjadi daya tarik buat kamu berkunjung ke sini, (thecrazytourist.com).

Mengutip dari The Crazy Tourist, destinasi wisata Ushuaia Patagonia yang pertama adalah The Beagle Channel. Di sini kamu bisa berlayar dari ujung dunia menggunakan kapal yang disiapkan oleh penduduk setempat.

Layaknya ilmuan terkenal Charles Dawrin, kamu bisa melihat berbagai pemandangan indah pegunungan serta binatang yang hidup liar seperti singa laut, paus bahkan jika beruntung dapat melihat atraksi cantik lumba-lumba.

Buat menyewa kapal kamu mesti menyiapkan bujet sekitar Rp 2 juta sampai Rp 5 jutaan tergantung jenis kapal yang dipilih.

Baca juga: 20 Tempat Wisata Ciwidey yang Sejuk dengan Pemandangan Luar Biasa

2. Tierra del Fuego National Park

Ushuaia Patagonia
Tierra del Fuego National Park salah satu destinasi menarik, (thecrazytourist.com).

Taman nasional Tierra del Fuego adalah salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kalau pergi ke sini. Deretan pulau yang ada di lokasi ini mempunyai berbagai macam spot foto kece berlatar belakang air terjun, danau dan gunung es.

Kamu bisa mendatangi tempat tinggal suku setempat bernama Yamana yang telah tinggal selama ratusan tahun. Berbagai macam satwa liar juga tinggal di taman nasional Tierra del Fuego.

Buat memasuki taman nasional ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 250 ribuan aja kok.

Baca juga: Ogah Bokek Usai Liburan? Begini Trik Mudah yang Patut Kamu Coba

3. Estancia Harberton

Ushuaia Patagonia
Estancia Harberton suasana desa yang asri, (thecrazytourist.com).

Estencia Harberton adalah peternakan tertua yang ada di sini. Ditemukan oleh seorang misionaris Inggris bernama Thomas Bridges pada tahun 1886.

Hebatnya sampai sekarang peternakan yang udah berumur 133 tahun ini masih beroperasi normal dan dikelola oleh keturunannya.

Buat para pelancong yang datang ke tempat ini bisa menginap di sebuah penginapan seharga Rp 4,2 jutaan per malamnya. Kamu bisa menikmati pemandangan pedesaan yang kental sambil minum teh santai di kamar.

4. Cerro Castor Ski Resort

Ushuaia Patagonia
Cerro Castor Ski Resort pas nih buat yang pengin main ski, (thecrazytourist.com).

Belum afdol kalau pergi ke tempat yang ada saljunya tapi gak main ski. Di sini terdapat sebuah resort keluarga bernama Cerro Castor yang punya jalur bermain ski terpanjang di Amerika Selatan.

Cerro Castor memiliki gondola yang modern, instruktur ski dan infrastruktur memadai bagi siapapun. Termasuk para pemain ski kelas dunia yang pengin latihan lho.

Jaraknya 26 kilometer dari pusat kota Ushuaia Patagonia. Di musim liburan biaya bermain ski disini sekitar Rp 400 ribuan buat di hari biasa sekitar Rp 280 ribu, belum termasuk biaya sewa peralatan.

5. Isla Martillo

Ushuaia Patagonia
Isla Martillo salah satu pulau yang memiliki banyak penguin, (thecrazytourist.com).

Isla Martillo adalah sebuah pulau kecil yang banyak dihuni oleh para penguin. Tempat ini menjadi habitat asli penguin berjenis Magellanic dan Gentoo.

Kalau beruntung kamu bakal ketemu dengan King Penguin yang pernah masuk dalam film dokumentasi Dynasties.

6. Laguna Esmeralda

Ushuaia Patagonia
Laguna Esmeralda memiliki danau yang cantik dengan warna hijaunya, (thecrazytourist.com).

Walaupun membutuhkan waktu sekitar 2 jam ke Laguna Esmeralda dari kota Ushuaia Patagonia, tapi pemandangan danau glasial berwarna biru dan hijau dijamin bikin rasa lelah kamu hilang seketika.

Medannya gak terlalu curam, hanya di beberapa jalan terdapat lumut yang bakal cukup mengganggu. Buat menambah pengalaman yang lebih berkesan, kamu bisa membawa kemah dan berkamping di pinggir danau seraya menikmati pemandangan alam yang masih perawan.

7. Tren del Fin del Mundo

Ushuaia Patagonia
Jalur kereta api di sini sangat menarik banget, (thecrazytourist.com).

Tren del Fin del Mundo adalah sebuah jalur kereta api paling selatan yang ada di seluruh bumi. Beberapa orang menyebut ini adalah jalan menuju ujung dunia.

Sebelum menjadi objek wisata, kereta di sini digunakan buat mengangkut kayu ke penjara yang ada di Ushuaia. Waktu yang dibutuhkan ke destinasi ini sekitar 1 jam dari taman nasional terdekat. Biaya 1 kali naik kereta ini untuk orang dewasa sekitar Rp 400 ribuan.

8. Glaciar Martial

Ushuaia Patagonia
Glaciar Martial salah satu destinasi yang pemandangannya asyik banget buat liburan, (thecrazytourist.com).

Buat yang punya bujet terbatas tapi tetap pengin bermain salju bisa datang ke Glaciar Martial yang berada di pinggiran kota. Emang sih gak bisa bermain ski, namun pemandangan yang disajikan gak kalah menarik kok. Yang terpenting adalah biaya buat datang ke sini gratis!

Nah, itu dia 8 destinasi wisata yang ada di kota Ushuaia Patagonia, Argentina. Asik-asik ya kan aktivitas yang bisa dilakukan? Sebelum merencanakan berangkat ada baiknya buat menabung yang banyak karena total ongkosnya lumayan menguras dompet. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!