Uje Hingga Abdul Somad, Ini 5 Ustadz Indonesia Terkenal Sepanjang Masa

3 menit
Ustadz Indonesia
Abdul Somad dan Adi Hidayat ustadz Indonesia yang terkenal sepanjang masa (Instagram/@ustadzabdulsomad)

Ustadz Indonesia dan ustadzah Tanah Air kini memang tengah menjadi sorotan banyak orang. Salah satu penyebabnya, perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga orang dapat dengan mudah mendengar ceramah, seperti lewat Instagram atau YouTube.

Para selebriti Tanah Air juga banyak yang mulai memperdalam ilmu agama hingga mengubah penampilan dengan menggunakan hijab.

Contohnya, artis cantik Kartika Putri yang kini mengenakan hijab usai menikah dengan ustadz Usman bin Yahya. Padahal, Kartika sebelumnya diketahui merupakan salah satu selebriti yang kerap berpenampilan seksi.

Hal itulah yang membuat banyak nama ustadz bermunculan yang kini menjadi idola orang, mulai dari Ustadz Abdul Somad hingga Ustadz Adi Hidayat.

Namun, sebenarnya ada beberapa ustadz yang sudah terkenal sejak dulu seperti almarhum Ustadz Jefri Al Buchori hingga almarhum Ustadz Zainudin MZ.

Kali ini MoneySmart ingin membahas beberapa ustadz dan ustadzah Indonesia yang terkenal dari dulu hingga sekarang. Siapa aja mereka? Berikut, lima di antaranya:

1. Jefri Al Buchori

Ustadz Indonesia
Jefri Al Buchori ustadz Indonesia yang terkenal sepanjang masa (Instagram/@ujeloverss)

Almarhum Jefri Al Buchori atau yang lebih dikenal dengan Ustadz Uje merupakan salah satu pendakwah terkenal di Indonesia, bahkan digemari banyak orang.

Selain berparas rupawan, ustadz yang meninggal pada 26 April 2013 karena kecelakaan motor di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan ini juga dikenal dengan pembawaannya berceramah yang santai dan sering diiringi nyanyian.

Wajah penceramah sekaligus penyanyi ini pun kerap wara wiri di layar kaca dan menjadi ustadz yang diidolakan banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Baca juga: Raih 1 Juta Subscriber di YouTube, UAS Dapat Gold Play Button

2. Zainuddin MZ

Ustadz Indonesia
KH Zainuddin MZ ustadz Indonesia yang terkenal sepanjang masa (Instagram/@khzainudinmz)

Selanjutnya, almarhum K.H Zainuddin MZ yang juga dikenal dan populer karena ceramah-ceramahnya di radio dan stasiun televisi.

Bahkan, penceramah yang meninggal di usia 59 tahun ini dijuluki “Dai Sejuta Umat” karena dakwahnya selalu dapat menyentuh hati masyarakat.

Selain dikenal sebagai pendakwah, almarhum juga nyemplung ke dunia politik dengan menjabat sebagai Ketua Umum Partai Bintang Reformasi dari tahun 2003 hingga 2006.

Tak hanya itu, ustadz yang meninggal karena serangan jantung dan gula darah tersebut diketahui sempat bermain film “Nada dan Dakwah” di tahun 1991 bersama Rhoma Irama dan Ida Iasha.

3. Aa Gym

Ustadz Indonesia
Aa Gym ustadz Indonesia yang terkenal sepanjang masa (Instagram/@aagym)

Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal dengan nama Aa Gym merupakan salah satu penceramah yang digemari banyak orang, terutama kaum ibu-ibu rumah tangga.

Pasalnya, Aa Gym yang sempat menghebohkan publik dengan pemberitaan poligami ini dikenal dengan cara berdakwah unik dan menyampaikan pesan-pesan dakwahnya dengan santai dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga sangat menyentuh publik.

Meski kini sudah jarang tampil di layar kaca, Aa Gym tetap menjadi salah satu ustadz yang memiliki banyak penggemar. Terbukti, pendakwah berusia 57 tahun memiliki 4,2 juta pengikut di akun Instagramnya.

4. Adi Hidayat

Ustadz Indonesia
Adi Hidayat ustadz Indonesia yang terkenal sepanjang masa (Instagram/@ustadzadihidayat)

Ustadz Adi Hidayat memang dikenal sebagai salah satu dai yang cerdas karena menguasai isi kitab suci Al-Qur’an lengkap dengan letak barisnya. Tak pelak, ustadz berusia 34 tahun ini menjadi salah satu dai kondang di Indonesia.

Hal itulah yang membawa artis sekaligus pelawak Andre Taulany mendatangi Ustadz Adi Hidayat untuk meminta nasihat terkait masalah yang sedang dihadapinya.

Tak hanya sebagai pendakwah, ustadz yang dijuluki sebagai ahli ilmu Al-Qur’an ini juga diketahui telah menerbitkan beberapa karya tulis sejak tahun 2010 hingga sekarang dalam versi bahasa Indonesia dan Arab.

5. Abdul Somad

Ustadz Indonesia
Abdul Somad ustadz Indonesia yang terkenal sepanjang masa (Instagram/@ustadzabdulsomad)

Ustadz Abdul Somad merupakan salah satu pendakwah yang tengah digemari. Meski wajahnya tak sering tampil di televisi, dai satu ini sangat populer di media sosial seperti Instagram dan YouTube.

Dai kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 11 Mei 1977 ini dikenal dengan cara berceramahnya yang sederhana dan mudah dipahami banyak orang. Bahkan, sesekali diselingi dengan guyonan yang mampu membuat para jamaah tertawa.

Tak heran, Ustadz Abdul Somad menjadi salah satu penceramah favorit hingga memiliki 9,5 juta followers di Instagram.

Bahkan, dia berhasil meraih penghargaan Gold Play Button karena berhasil memperoleh 1 juta subscriber dari channel YouTube miliknya, Tafaquh video.

Itulah lima ustadz Indonesia terkenal yang lewat ceramahnya selalu mampu menyentuh hati banyak orang. Siapa ustadz favorit kamu? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.