Banner ImageBanner Image

Begini Cara Hindari Utang yang Benar-Benar Simpel dan Gampang Dilakukan

3 menit
Seorang wanita yang kebingungan hadapi utang (Shutterstock).

Banyak orang berusaha sebisa mungkin menghindari utang. Soalnya namanya berutang itu gak enak banget deh rasanya.

Gak enaknya tuh tiap bulan beberapa persen dari pemasukan harus dialokasikan buat bayar utang. Syukur-syukur kalau besaran yang dibayarkan masih terbilang kecil. Gimana kalau sebaliknya? Bisa pusing kepala nanti memikirkannya.

Lebih sial lagi kalau pembayaran cicilan utang sampai tertunggak. Banyak ruginya deh. Mulai dari besaran utang yang membengkak hingga didatangi debt collector.

Nah, buat kamu yang pengin sebisa mungkin gak mau hidup dengan utang, ada cara-cara menghindarinya nih dilansir laman Focus on the family. Apa aja? Yuk, disimak.

Baca juga: Gak Usah Takut Apalagi Ragu, Begini Tips Membeli Saham Bagi Wanita Pemula

1. Ketahui dengan jelas apa yang jadi kebutuhan dan bikin daftarnya

Ketahui dengan jelas apa yang jadi kebutuhan dan bikin daftarnya (Shutterstock).

Semuanya dibeli, tapi manakah yang menjadi kebutuhan? Di sinilah kamu harus mengklasifikasikan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan.

Agar memudahkan kamu buat klasifikasinya, bikin daftar apa aja yang kamu belanjakan ataupun yang pengin dibelanjakan. Kemudian kamu bagi apa aja yang menjadi kebutuhan. Bikin daftar baru dan posisikan kebutuhan-kebutuhan tersebut di urutan teratas.

Pastinya antara kebutuhan dan keinginan itu ada bedanya. Kalau makanan, pakaian, pekerjaan, rumah, hingga obat-obatan medis, hal-hal tersebut jelas merupakan kebutuhan yang pemenuhannya gak bisa ditunda sama sekali.

Sementara makan di restoran steak, pergi ke coffee shop, hingga ganti mobil baru, semua itu udah jelas merupakan keinginan yang kapan aja bisa dipenuhi.

Dengan membedakan kebutuhan dan keinginan, kamu bisa mengeluarkan uang seperlunya aja dan tentunya kemungkinan ambil utang mustahil terjadi.

2. Selama masih bisa dilakukan sendiri, kenapa harus keluarkan uang?

Usaha laundry. (Shutterstock)
Usaha laundry. (Shutterstock)

Ada hal-hal yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri, tetapi orang-orang memilih buat keluarkan uang agar orang lain yang mengerjakannya. Padahal, jelas-jelas uang bisa dihemat kalau hal-hal tersebut dilakukan sendiri.

Misalnya aja kegiatan membersihkan pakaian. Daripada membayar jasa laundry buat membersihkannya, lebih baik mencuci sendiri pakaian tersebut.

Coba deh hitung berapa banyak uang yang bisa dihemat. Katakan aja besaran uang yang dikeluarkan buat jasa laundry per minggunya Rp 50 ribu. Itu berarti sebulan uang yang dikeluarkan Rp 200 ribu. Lumayan besar kan pengeluarannya?

Lain cerita kalau kamu mencuci sendiri tuh. Sebulan kamu bisa menghemat uang sebesar Rp 200 ribu.

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Gratis di Singapura Ini Bikin Pelesiranmu Makin Seru Lho!

3. Pikirkan dulu sebelum memutuskan buat membeli

Belanja irasional bisa disebabkan karena terpengaruh pemasaran. (Shutterstock)
Belanja irasional bisa disebabkan karena terpengaruh pemasaran. (Shutterstock)

Ini nih yang sebaiknya kamu lakukan sebelum membeli. Kamu harus bertanya-tanya dulu pada diri sendiri, apakah barang-barang tersebut perlu dibelanjakan? Atau seberapa pentingkah barang-barang tersebut buat dimiliki?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang pada akhirnya bikin kamu gak asal-asalan dalam menghabiskan uang. Asal tahu aja nih, utang itu menjadi pilihan ketika kita kehabisan uang karena perilaku yang boros dalam berbelanja.

Makanya saat belanja nanti, mulai biasakan deh buat mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut pada diri sendiri. Dengan begitu, kamu gak sembarangan dalam berbelanja.

4. Biasakan berhemat kalau gak mau punya utang

Cara menabung di celengan. (Shutterstock)
Cara menabung di celengan. (Shutterstock)

Seperti yang udah disinggung di poin ketiga, kemunculan utang cenderung dilatarbelakangi adanya perilaku boros. Orang-orang yang boros udah pasti selalu kekurangan uang. Makanya ketika mereka butuh uang, berutang menjadi pilihan yang paling mudah dilakukan.

Situasi yang berbeda bakal ditemukan pada orang-orang yang suka berhemat. Mana pernah ada cerita, orang-orang yang hidupnya hemat terbebani oleh utang? Kalau pun ada, itu adalah utang KPR yang bersifat produktif.

Membiasakan diri buat berhemat itu mudah kok. Mulai aja dengan menyisihkan pendapatan yang diterima tiap bulannya. Sisihkan 10 – 20 persen dari pendapatan ke rekening yang emang dikhususkan sebagai tabungan.

Kalau kebiasaan menabung ini dilakukan terus-menerus tanpa putus, bukan aja kamu terhindar dari utang, melainkan kamu bisa memiliki banyak uang nanti. Untung banget kan punya kebiasaan hemat?

Baca juga: Ini yang Perlu Diwaspadai Semua Zodiak di Tahun Babi Tanah, Hati-Hati Ya!

Nah, itu tadi cara-cara yang bisa kamu lakukan buat terhindar dari utang. Intinya adalah gimana sikap kamu dalam memanfaatkan uang yang kamu punya. Kalau menggunakannya dengan berpedoman pada cara-cara di atas, pasti deh utang gak bakalan pernah jadi mimpi burukmu. (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan