5 Negara Banyak Mencetak Utang Luar Negeri di Dunia, Indonesia?

3 menit
utang luar negeri
5 Negara Banyak Mencetak Utang Luar Negeri di Dunia, Indonesia?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Semenjak pemerintahan Jokowi, jumlah utang luar negeri Indonesia gak bisa dipungkiri meningkat cukup tajam jika dibandingkan kepemimpinan presiden sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah buat membiayai pembangunan infrastruktur yang cukup masif beberapa tahun belakangan ini. 

Tercatat dalam laporan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, utang Indonesia pada kuartal kedua tahun 2019, menyentuh angka Rp 5.602 triliunan. Naik sekitar 10,1 persen jika dibandingkan pada kuartal 2 tahun sebelumnya dan meningkat 8,1 persen dari kuartal sebelumnya, mengutip dari Okezone.

Hal itu dikarenakan transaksi penarikan neto ULN serta penguatan mata uang Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat.

Walau jumlah segitu terdengar sangat banyak, namun masih kalah jauh jika dibandingkan dengan 5 negara berikut ini yang mencetak utang luar negeri mencapai Rp 414 kuadriliun lho! Yuk, kita intip aja nih deretan negara yang banyak mencetak utang, siapa aja sih mereka!

Baca juga: Ini 5 Negara Terkaya di Dunia, Upah Minimumnya Ada yang Rp 29 Juta!

5. Belanda – Rp 57 kuadriliun

utang luar negeri
Belanda menjadi salah satu negara pencetak utang terbesar di dunia nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengutip dari Graphic Maps, di urutan kelima datang dari Negeri Kincir Angin, Belanda dengan total utang mencapai US$ 4 triliun atau setara Rp 57 kuadriliun.

Beberapa industri yang paling mendongkrak perekonomian Belanda adalah agrikultur atau pertanian, minyak, gas, konstruksi serta alat-alat elektronik. Nama-nama perusahaan besar seperti Shell, Philips dan ING berasal dari negara yang satu ini.

Bila dibandingkan dengan Produk Domestik Bruto, presentase ULN yang dimiliki Belanda sekitar 52 persenan dan masih terbilang cukup aman.

Baca juga: Jakarta Kian Padat dan Berpolusi Mantapkan Pemerintah Pindahkan Ibu Kota!

4. Jerman – Rp 75 kuadriliun

utang luar negeri
Jerman juga salah satu pemain yang banyak mencetang ULN nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di posisi empat masih datang dari  kawasan Eropa yakni Jerman. Utang luar negeri yang dicetak oleh negara pimpinan Kanselir Angela Merkel ini menyentuh nominal US$ 5,3 triliun atau sebesar Rp 75 kuadriliun.

Membicarakan soal Jerman pasti gak jauh-jauh sama yang namanya industri otomotif karena bisa dibilang mereka menjadi salah satu kiblatnya. Pabrikan seperti Mercedes Benz, BMW serta Volkswagen udah berhasil berekspansi ke seluruh negara yang ada di dunia termasuk Indonesia.

Presentase ULN dengan GDP yang dimiliki Jerman sekitar 64 persenan dan menjadi salah satu yang paling stabil di antara negara anggota Uni Eropa lainnya.

Baca juga: Bisa Meredam Panas Laptop hingga Investasi, Ternyata ini 7 Manfaat Uang Receh

3. Prancis – Rp 76 kuadriliun

utang luar negeri
Prancis salah satu negara yang banyak mencetak ULN juga nih di kawasan Eropa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berada di posisi ketiga ada negara paling romantis di dunia yakni Prancis. Pemerintahan Presiden Emanuel Macron tercatat memiliki ULN sekitar US$ 5,36 atau setara dengan Rp 76 kuadriliun.

Tiga industri utama yang menopang ekonomi Prancis antara lain adalah penerbangan, minyak, gas serta mesin.

Jumlah ULN Prancis berada di kisaran 90 persen bila dibandingkan dengan total Produk Domestik Bruto mereka. Banyak perusahaan besar yang sangat menikmati hasil keuntungan tersebut dalam skala internasional.

2. Inggris – Rp 115 kuadriliun

utang luar negeri
Inggris salah satu negara yang juga banyak mencetak ULN, (Ilustrasi/Shutterstock).

Negara Inggris yang memutuskan keluar dari Uni Eropa pun gak ketinggalan mencetak utang luar negeri lumayan banyak mencapai US$ 8,1 miliar atau setara Rp 115 kuadriliun.

Walau sempat diterpa isu Brexit namun 3 industri penting seperti tembakau, makanan dan minuman serta minyak masih menjadi tumpuan utama negeri Ratu Elizabeth II tersebut.

Presentase ULN yang dimiliki oleh Inggris terhadap GDP-nya berada di antara 80 hingga 90 persenan.

1. Amerika Serikat – Rp 255 kuadriliun

utang luar negeri
Amerika Serikat menjadi salah satu negara terbanyak mencetak ULN di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Negara yang mencatatkan utang luar negeri terbanyak di dunia adalah Amerika Serikat. Negara yang dipimpin oleh Donald Trump ini memiliki ULN dengan jumlah sekitar US$ 17,9 miliar atau setara Rp 255 kuadriliun.

Salah satu negara yang banyak memasok uang ke Amerika Serikat adalah China dan Jepang dengan menyentuh total Rp 28 kuadriliun. Dibandingkan dengan presentasi GDP-nya, tingkat ULN Amerika Serikat berkisar 106 persenan.

Nah, itulah 5 negara yang mencetak utang luar negeri paling banyak di dunia. Angka tersebut masih terpaut jauh dengan Indonesia yang hanya mencatatkan Rp 5.602 triliunan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1