Cegah Kejahatan! Grab Lakukan Verifikasi Data Demi Keamanan Pelanggan

2 menit
Cegah Kejahatan! Grab Lakukan Verifikasi Data Demi Keamanan Pelanggan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Guna menekan angka kejahatan dalam perjalanan, dan meningkatkan keamanan, Grab meluncur fitur keamanan terbaru yakni pemindai wajah penumpang dengan foto selfie. Verifikasi data ini dilakukan demi menjaga keamanan seluruh pengguna Grab di Indonesia.

Fitur yang dinamakan Passenger Selfie Verification dilakukan terhadap pengguna baru pada aplikasi Grab, sebagian proses identifikasi penumpang sebelum melakukan pemesanan saat pertama kali. Nah, kalau udah kayak gini kan pasti penumpang Grab bakal merasa aman saat dalam perjalanan.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, berdasarkan pengalaman Grab, kejadian kejahatan terjadi ada saat pengguna baru dan melakukan pemesanan saat pertama kali.

“Pengalaman kami menunjukkan bahwa pelaku kriminal biasanya beraksi saat pertama kali terdaftar dalam aplikasi Grab. Melalui inovasi teknologi verifikasi wajah ini, kami ingin melindungi mitra pengemudi kami dengan meningkatkan perlindungan terhadap potensi kejahatan,” ujarnya di Jakarta.

Neneng mengatakan, fitur keamanan ini baru yang pertama pada penyedia layanan transportasi online di Asia Tenggara.

“Solusi pengenalan wajah yang lengkap ini akan membantu menciptakan ekosistem Grab yang lebih aman bagi semua, termasuk penumpang dan pengemudi,” jelasnya.

Pada fitur keamanan ini, Grab menjamin keamanan data foto selfie yang diberikan oleh pengguna baru.

“Selfie hanya akan digunakan untuk keperluan verifikasi oleh sistem Grab, khususnya bagi pengguna baru untuk dapat masuk dan mengakses aplikasi Grab mereka. Foto tersebut juga tidak akan ditunjukkan kepada pengemudi dan tidak akan muncul sebagai foto profil pengguna pada aplikasi.” ungkapnya.

Baca juga: Harganya Ratusan Miliar Rupiah! Punya Barang Koleksi Ini Bisa Auto Kaya Lho

Verifikasi data pengguna lama

Verifikasi data
Grab melakukan hal-hal ini demi keamanan dan kenyamanan pelanggannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Namun demikian, bagi pengguna lama, Grab juga melakukan proses verifikasi data yakni dengan memanfaatkan sosial media. “Pengguna lama ada link dengan Facebook, kita bisa ambil di sosmed mereka biasanya me-link-kan dengan Facebook,” kata Neneng.

Menurutnya, Grab tidak pernah berkompromi tentang keamanan dan keselamatan. Keamanan telah menjadi dasar saat Grab didirikan 7 tahun yang lalu.

“Hal ini adalah masalah pertama yang ingin kami pecahkan dalam keamanan transportasi. Kami telah menjadi yang pertama di Asia Tenggara untuk mempelopori inovasi keselamatan seperti fitur seperti “Bagikan Tujuan” (Share My Ride), “Tombol Darurat” (SOS Button) dan penyamaran nomor telepon pribadi,” jelas Neneng.

Baca juga: Kalah Pamor! BlackBerry Messenger Menyudahi Takhtanya Tahun Ini

Fitur penyamaran nomor telepon

verifikasi data
Grab mulai melakukan keamanan bagi pelanggannya, (Instagram/@grabid).

Selain meluncurkan fitur keamanan pemindai wajah, Grab juga meluncur fitur penyamaran nomor telepon pribadi atau Free Call (VoIP).

Fitur ini memungkinkan Driver dan Penumpang berkomunikasi secara gratis dan tidak menampilkan nomor telepon pribadi penumpang. Dengan ini keamanan, penumpang dan driver tetap terjaga, dan privasi juga dilindungi.

Nah, semoga dengan adanya verifikasi data oleh pihak Grab bikin para pengguna layanan transportasi online ini merasa nyaman. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan