Pengisi Suara Aja Rp 700 Jutaan, Ini 5 Karier Cemerlang di Industri Video Game

4 menit
video game
Pengisi Suara Aja Rp 700 Jutaan, Ini 5 Karier Cemerlang di Industri Video Game, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bekerja di industri video game mungkin adalah hal yang belum pernah terpikirkan oleh kamu. Sebenarnya kalau kamu banyak mencari tahu, industri video game sangat menjanjikan lho buat menyediakan pekerjaan dengan gaji tertinggi, penasaran gak? 

Sejak 1960-an, tepatnya di Amerika Serikat, perkembangan dunia game emang mengalami pertumbuhan dan terbilang sangat cepat lho. Kalau kamu pernah mengetahui permainan klasik Ding-Dong yang merupakan salah satu game sangat populer di eranya. Game ini mengharuskan pemainnya membeli koin sebelum merasakan keseruan yang ada pada Ding-Dong. 

Hingga sekarang permainan tersebut sebetulnya masih ada, tapi posisinya udah tergantikan dengan konsol game dengan cara bermain yang lebih efisien, seru dan grafis yang jauh lebih keren. Diperkirakan hingga tahun 2025 nanti pundi-pundi uang yang mampu dihasilkan industri ini mencapai US$ 300 miliar atau setara Rp 4.269 triliunan, angka yang fantastis bukan? 

Melihat potensi tersebut bisa jadi ini adalah waktu yang tepat buat kamu yang pengin mencari pekerjaan di industri video game. Berikut ini adalah posisi yang bisa kamu pertimbangkan, mengutip dari Career Addict.

Baca juga: 5 Posisi Pekerjaan yang Gak Terlalu Dibutuhkan di Kantor Startup

1. Video game developer

video game
Kalau kamu pengin bekerja sebagai developer di industri game bisa aja lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di urutan pertama ada pengembang game yang memiliki peran krusial dalam pembuatan sebuah permainan. Di posisi pekerjaan ini kamu bisa berkreasi seluas-luasnya dalam mengaplikasikan kreativitas serta pengetahuan yang dimiliki.

Namun buat mewujudkan hal tersebut umumnya kamu mesti memiliki latar belakang pendidikan Teknik Komputer atau Sistem Informasi. Selebihnya sih kamu bisa lho belajar dari orang lain atau melalui media sosial. 

Rata-rata gaji buat kamu yang pengin berkarier di industri ini dengan mengisi posisi sebagai Video Game Developer sangat lumayan lho dalam setahun didapatkan bisa mencapai Rp 938 jutaan.

Baca juga: 10 Pertanyaan Interview kerja Ini Bikin Mikir Keras, Begini Cara Jawabnya

2. Audio engineer

video game
Bekerja sebagai audio engineer juga menghasilkan gaji yang cukup gede nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gameplay udah oke, grafis udah kece, tapi apa jadinya kalau efek suara yang dihasilkan gak maksimal? Tentu itu bakal mempengaruhi kualitas game secara keseluruhan. Dampaknya bisa mengurangi pengalaman bermain pengguna pada video game yang dibuat.

Oleh karena itu buat kamu yang memiliki keahlian di bidang sound engineer dan sejenisnya bisa juga nih melamar pekerjaan di industri ini. Tentu juga dengan modal pengalaman yang harus bagus ya.

Gak hanya di industri game, nantinya kamu juga bisa memanfaatkan kemampuan itu di bidang lainnya seperti musik dan film lho. Rata-rata gaji per tahunnya bisa menyentuh angka Rp 800 jutaan.

Baca juga: Asyik! Pemerintah Akan Kirim PNS Berprestasi untuk Sekolah di Selandia Baru Hingga Australia

3. Animator grafis

video game
Animator grafis salah satu profesi yang bisa kamu lirik di industri ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya ada orang yang bertugas buat menampilkan gambar karakter 3 dimensi yang dimainkan oleh konsumen yakni animator grafis. Sebetulnya gak hanya karakter aja yang bisa dibuat, lingkungan dan efek visual lainnya juga dihasilkan olehnya.

Posisi di industri video game yang satu ini cocok buat kamu yang memiliki latar belakang pendidikan Desain Komunikasi Visual dan kawan-kawannya. Buat kamu yang memiliki kendala di gelar akademis gak usah khawatir karena sekarang udah banyak perusahaan yang mencari pekerja melihat dari skill.

Kalau kamu berhasil tembus ke kursi ini rata-rata gaji yang bisa kamu dapatkan dalam satu tahun sekitar Rp 700 jutaan.

4. Pengisi suara

video game
Kamu yang memiliki kulitas suara yang bagus, bisa nih menjadi pengisi suara di industri game ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Keempat ada pengisi suara yang dibutuhkan buat melengkapi peran sebuah karakter di video game. Walaupun dampaknya terdengar gak terlalu berpengaruh kepada konsumen tetapi jika kamu memiliki suara yang khas pasti banyak perusahaan melirik bakat mu dalam vokal.

Layaknya gamer profesional, kamu yang mengisi posisi pengisi suara gak membutuhkan gelar khusus buat bisa lolos dalam proses seleksi. Gaji rata-rata yang ditawarkan juga lumayan sekitar Rp 568 jutaan per tahun.

5. Gamer profesional

video game
Kalau kamu pengin menjadi gamer juga bisa nih, pasalnya posisi pekerjaan ini memiliki gaji yang cukup gede, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak hanya orang belakang layar yang bisa berkontribusi besar dalam sebuah industri video game. Semua itu bakal sia-sia kalau gak ada gamer profesional yang ikut serta memperkenalkan sebuah permainan ke masyarakat luas.

Bahkan beberapa tim e-Sport internasional rela mengeluarkan kocek lebih dalam guna mendapatkan pemain incaran yang memiliki banyak prestasi bergengsi. Dan enaknya lagi kamu gak perlu memiliki gelar tertentu buat bisa menjadi gamer profesional.

Bahkan baru-baru ini remaja asal Amerika Serikat, Kyle Giersdorf berhasil memenangkan sebuah kejuaran e-Sport dengan total hadiah mencapai Rp 42 miliaran. Sedangkan gaji remaja 16 tahun ini rata-rata di angka Rp 170 juta per tahun. 

Nah, itulah 5 posisi paling menggiurkan di industri video game saat ini. Kalau kamu memiliki salah satu kemampuan posisi di atas, gak ada salahnya lho mencoba cari tahu buat melamar dan mengejar karier di industri video game ini! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1