Dijual Rp 92 Miliar, Ini Penampakan Villa Mewah Bekas Ratu Elizabeth

3 menit
Ratu Elizabeth (Instagram)

Keluarga kerajaan Inggris memang terkenal tajir melintir, aset propertinya pun ada di mana-mana. Belum lama ini, tersiar kabar bahwa villa mewah yang dulu jadi tempat tinggal Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip sedang dijual lho.

Seperti diberitakan di situs Cosmopolitan, villa yang dulu dihuni oleh kepala negara Inggris ini lokasinya ada di Guardamangia, Malta. Dan harga jualnya mencapai US$ 6,7 juta atau Rp 96 miliar.

Bangunan itu memang cukup terkenal dan kerap disebut dengan nama Villa Guardamangia atau Casa Medina.

Ingin tahu sekilas fakta soal villa bersejarah ini? Berikut ulasannya.

1. Sudah ada dari tahun 1900

Ratu Elizabeth
Dibangun sejak tahun 1900

Bangunan ini sejatinya sudah ada sejak tahun 1900, dan didirikan oleh Sir Augusto Bartolo. Pada awalnya, villa ini memang dinamakan Casa Medina.

Di tahun 1929, Casa Medina disewakan ke Louis Mountbatten (Pangeran Louise dari Battenberg) yang gak lain adalah paman Pangeran Philip. Alasan dirinya menyewa hunian ini adalah karena lokasinya yang gak jauh dari Marsa, yang tempat pacuan kuda dan lapangan golf.

Akan tetapi, kondisi villa ini gak dalam kondisi yang cukup baik ketika disewa. Alhasil, Mountbatten menyewa penginapan lain, dan merenovasi villa ini.

Tapi seiring dengan berjalannya renovasi, Mountbatten malah beli villa baru bertepatan pada saat dirinya berdinas di Malta, untuk memimpin armada laut Inggris di Mediterania.

2. Ditempati Ratu Elizabeth selama dua tahun saja

Ratu Elizabeth
Ditempati selama dua tahun saja

Ternyata, Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip gak lama tinggal di sini, cuma dari tahun 1949 hingga 1951 saja alias dua tahun.

Saat Duke dan Duchess of Edinburgh ini tiba di Malta, mereka justru tinggal di Istana San Anton. Setelah itu, mereka baru pindah ke Guardamangia, saat Philip Mountbatten berdinas sebagai personel Angkatan Laut Inggris di Malta.

Saat itulah Pangeran Louise memberikan villa tersebut pada ponakannya sendiri. Sempat beredar kabar, bangunan itu menjadi rumah di kala Ratu Elizabeth mengandung Putri Anne Elizabeth Alice Louise.

Di tahun 1992, Elizabeth dan Philip mengunjungi tempat itu untuk merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke 60.

3. Bangunan tua yang mewah pada masanya

Ratu Elizabeth
Bangunan tua yang mewah pada masanya

Secara penampakan, bangunan ini memang sudah tua banget. Dan terlihat jelas bahwasannya ini adalah hunian megah dan mewah pada masanya.

Dindingnya memang sudah berwarna kuning, dan catnya juga sudah terkelupas. Sekilas memang sangat artistik mirip bangunan di kota tua.

Kabarnya, villa ini memiliki sebuah lounge, ruang makan, ruang tamu, dapur, enam kamar tidur, tiga kamar mandi, dua garasi, dan sebuah ruang serba guna yang memiliki akses langsung ke taman. Kayaknya asyik ya huniannya.

4. Ada desakan untuk restorasi bangunan

Ratu Elizabeth
Villa Guardamangia

Secara legal, villa ini sekarang dimiliki oleh Marika Schembri. Dan saat ini, pemiliknya didesak untuk melakukan restorasi ulang bangunannya lho oleh para LSM setempat.\

Wajar saja, ini adalah bangunan bersejarah gitu lho. Mana mungkin dibiarin gitu saja jadi jelek dan usang.

Tentu saja, bangunan ini bisa jadi cagar budaya. Mirip seperti rumah-rumah hasil karya Bung Karno di Bandung.

Itulah sekilas fakta mengenai villa mewah tempat tinggal Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip. Minat beli? Silahkan kalau ada duitnya. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.