Hartanya Rp 651 M! Ini Sepak Terjang Vincent Kompany Bersama The Citizens

2 menit
vincent kompany
Vincent Kompany. (Instagram/@vincentkompany)

Setelah meraih Treble Winner di musim ini, kapten dan bek tengah andalan Manchester City, Vincent Kompany resmi hengkang dari The Citizens. Keputusannya yang mengejutkan itu membuat semua pendukungnya kecewa.

Pasalnya, Kompany telah menunjukkan performa yang apik selama berseragam biru terang. Kontraknya memang sebenarnya bakal habis pada 30 Juni 2019 ini. Namun, pihak klub memutuskan untuk memperpanjang satu musim lagi.

Bukannya diterima, Kompany malah menolaknya, karena menurutnya masanya dengan Manchester City sudah selesai. Dia juga berhasil menggapai beragam prestasi bergengsi kecuali Liga Champions.

Lalu kemana Vincent Kompany bakal berlabuh?

Baca juga: Gak Cuma Jago di Lapangan, 6 Pesepak Bola Ini Kini Sukses Berbisnis

Prestasi Vincent Kompany di Manchester City

vincent kompany
Banyak tuai prestasi bersama Manchester Biru. (Instagram/@vincentkompany)

Vincent Kompany bergabung dengan The Citizens pada tahun 2008. Kala itu ia dibeli dari klub Hamburg SV dengan nilai transfer mencapai 7,65 juta Poundsterling atau sekitar Rp 141 miliaran dengan kurs saat ini.

Pembelian tersebut ternyata tidaklah sia-sia. Kompany berhasil membawa Manchester City menuju ke kejayaan. Segudang prestasi berhasil diboyongnya dalam 11 tahun terakhir ini. Itu dibuktikan dengan deretan 12 trofi bergengsi, seperti empat trofi Liga Premier, dua Piala FA, empat Piala Liga, dan dua trofi Community Shield.

Pemain berusia 33 tahun itu telah bermain sebanyak 359 kali dengan torehan 20 gol, dan 11 assist di berbagai kompetisi. Selain itu, ia pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik di Liga Premier musim 2011-2012.

Baca juga: 5 Klub Sepak Bola yang Lakukan Pembelian Termahal dalam Sejarah

Hengkang untuk jadi pemain dan pelatih di Anderlecht

vincent kompany
Pulkam untuk kembali ke klub yang membesarkannya, Anderlecht. (Instagram/@vincentkompany)

Pada tahun 2003, Vincent Kompany memulai debutnya sebagai pemain profesional di klub Belgia, Anderlecht, saat usianya masih 17 tahun. Bersama Anderlecht, ia berhasil membawa berbagai prestasi namun yang paling bergengsi adalah sepatu emas dan penghargaan Belgian Ebony Shoe Awards.

Karena performanya cemerlang, ia pun ditarik oleh klub Hamburg SV dengan nilai transfer sebesar US$ 10 juta atau Rp 144 miliaran. Akhirnya, di tahun 2008 Kompany hijrah ke Inggris dan bergabung bersama Manchester City.

Namun kini, setelah memutuskan untuk hengkang dari Etihad, Kompany memutuskan untuk kembali ke kampung dan ke klub pertamanya Anderlecht. Di sana, ia akan bertugas sebagai pemain sekaligus manajer dengan kontrak tiga tahun. Tugas beratnya adalah mengembalikan kejayaan klub setelah di musim ini hanya bisa bertahan di urutan ke-4 liga.

Baca juga: Pensiun Jadi Pesepakbola, Ini 6 Gaya Keren Syamsir Alam yang Gak Mahal

Kaya dari bermain bola dan berbisnis

vincent kompany
Kekayaannya tembus Rp 651 Miliar! (Instagram/@vincentkompany)

Seiring dengan popularitas namanya semenjak bergabung dengan Manchester City, kekayaan Kompany terus menanjak. Bahkan dikutip dari celebritynetworth, kekayaan bersihnya mencapai US$ 45 juta atau Rp 651 miliar. Namun kenyataannya, jumlah kekayaan itu gak cuma didapat dari bermain bola. Vincent Kompany memiliki cafe dan bar bertema olahraga di Belgia yang diberi nama Good Kompany. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan