Bisa Raup Miliaran Rupiah seperti Atta Halilintar! Segini Modal Awal Jadi Vlogger

4 menit
Vlogger
Modal yang perlu disiapkan menjadi vlogger (Shutterstock)

Di zaman yang udah serbamodern seperti saat ini, semakin bermunculan ladang uang baru yang memudahkan kamu mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. Salah satunya, menjadi vlogger.

Digital yang sudah menguasai dunia memang membawa pengaruh sangat besar. Jika dahulu profesi sebagai vlogger dianggap tidak bisa dijadikan andalkan, kini kamu bisa meraup banyak uang jika serius melakoni profesi satu itu.

Contohnya, Atta Halilintar yang menjadi YouTuber dengan subscribers terbanyak di Asia Tenggara, yaitu berhasil mendapatkan 12,3 juta subscribers per tanggal 12 Maret 2018.

Kesuksesan yang diraih Atta membuatnya dapat mengantongi penghasilan US$ 39,7 ribu – US$ 635,6 ribu atau setara Rp 565 juta hingga Rp 9 miliar, begitu menurut socialblade. Luar biasa banget, bukan?

Namun, untuk menjadi vlogger terkenal seperti Atta diperlukan kreativitas dan kerja keras yang sangat ekstra. Selain itu, kamu juga harus rela menggelontorkan uang untuk membeli keperluan vlog kamu.

Tak hanya kontennya yang menarik, kualitas videonya juga harus bagus agar para penonton merasa nyaman saat menyaksikannya. Kebayang gak sih kalau video yang kamu unggah gambarnya ngeblur atau suaranya tidak jelas.

Menurut kamu, apakah orang akan balik lagi ke channel YouTube milikmu untuk melihat video selanjutnya? Jangankan balik lagi, bisa jadi mereka gak nonton sampai habis karena kualitas gambar dan suaranya yang tidak bagus.

Karena itu, jika kamu memutuskan untuk terjun ke bidang yang satu ini. Harus benar-benar konsisten dan serius. Karena modalnya yang dibutuhkan juga gak sedikit.

Lalu, alat apa aja sih yang dibutuhkan untuk menjadi vlogger dan berapa biaya yang harus dikeluarkan? Berikut, lima di antaranya:

1. Kamera

Vlogger tengah ngevlog di depan kamera
Vlogger tengah ngevlog di depan kamera

Alat wajib yang harus kamu miliki untuk menjadi vlogger adalah kamera. Nah, kamu bisa memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Misalnya, kamu ingin membuat video tutorial yang tidak banyak bergerak. Nah, kamu bisa memilih kamera DSLR atau mirrorless.

Namun, jika video yang akan buat banyak bergerak seperti kegiatan sehari-hari, sebaiknya pilih kamera GoPro atau Actioncam yang dapat memenuhi kebutuhanmu.

Pasalnya, kamera ini memiliki bentuk kecil dan ringkas, tapi tetap bisa mengambil video dengan kualitas tinggi.

Gak perlu memaksakan diri membeli kamera seharga puluhan juta rupiah. Sebagai tahap awal, kamu bisa membeli kamera di bawah Rp 10 juta yang kini udah banyak beredar di pasaran.

Perlahan, jika sudah dapat menghasilkan uang, kamu bisa membeli kamera idaman. Tentunya untuk mendukung keperluan vlog kamu ya!

Baca juga: Capai 11 Juta Subscriber, Atta Halilintar Bergaji Rp 9 Miliar dari YouTube?

2. Tripod / tongsis

Vlogger butuh tripod untuk ngevlog
Vlogger butuh tripod untuk ngevlog

Untuk menjaga agar video vlog tetap memiliki kualitas bagus, kamu juga memerlukan tripod, tongsis atau gorillaPod. Ditambah lagi, kini pilihan tripod sudah semakin beragam dengan desain yang bisa disesuaikan kebutuhan.

Misalnya, jika kamu menggunakan kamera DSLR, maka pilihlah tripod yang memiliki kaki yang kokoh.

Sedangkan untuk merekam video jalan-jalan, kamu bisa memilih menggunakan GorillaPod yang kakinya sangat fleksibel. Selain GorillaPod, bisa juga membawa tongsis alias selfie stick untuk nge-vlog ala turis.

Banyak sekali toko online yang menjual berbagai jenis tripod dengan harga di bawah Rp 1 juta. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan, dan tentu saja kantongmu juga.

Baca juga: Bukan Tandingan Atta Halilintar, tapi Vlogger Ini Dibayar Rp 140 Juta Buat Keliling Dunia Gratis

3. Microphone

Vlogger
Vlogger

Microphone juga menjadi peralatan penting yang harus dimiliki para vlogger untuk menghasilkan suara jelas dan jernih. Meski sudah ada mikrofon bawaan dari kamera, sebaiknya kamu memiliki mic eksternal.

Bahkan, untuk hasil yang lebih baik lagi yaitu dengan merekam audio dari mikrofon eksternal dan disambungkan ke audio recorder portabel.

Ada beberapa jenis mikrofon yang kerap digunakan para vlogger seperti shotgun microphone karena dapat menangkap dengan sangat baik.

Ada juga lavalier microphone yang sangat cocok untuk kamu yang banyak bergerak, karena bisa dijepitkan di baju jadi kamu bisa lebih bebas.

Meski ada yang harganya mencapai jutaan rupiah dengan kualitas yang gak perlu diragukan lagi, kini banyak juga mikrofon yang dijual dengan harga di bawah Rp 1 juta.

Namun, sebelum membeli pastikan kalau suara yang dihasilkan dari mikrofon itu memang benar-benar bagus. Kamu bisa melihat review-nya di internet.

4. Lighting

Vlogger butuh lighting
Vlogger butuh lighting

Kamu tentu udah tahu kalau salah satu poin penting saat merekam video adalah pencahayaan yang baik.

Tanpa pencahayaan, kamera yang berkualitas tinggi pun tidak akan bisa menangkap gambar dengan optimal.

Sebenarnya ada dua tipe pencahayaan, yaitu natural yaitu dari sinar matahari dan cahaya buatan. Nah, lighting ini sangat dibutuhkan agar kamu tetap bisa merekam video meski cuaca sedang tidak bagus dan saat malam hari.

Jika melihat di berbagai situs jual beli online populer di Indonesia, harga untuk lighting itu di atas Rp 500 ribu. Meski cukup mahal, tapi lighting tetap dibutuhkan agar video-video vlog kamu menghasilkan gambar yang bagus. Jadi, gak masalah dong?

5. Laptop

Vlogger butuh laptop untuk ngevlog
Vlogger butuh laptop untuk ngevlog

Setelah semua alat yang dibutuhkan untuk kegiatan vlog sudah lengkap semua, ada satu barang yang gak boleh ketinggalan yaitu laptop.

Gak perlu menggunakan laptop mahal dengan harga puluhan juta rupiah. Kini udah banyak kok laptop di bawah Rp 5 juta yang bagus untuk mengedit video vlog, karena yang penting RAM-nya cukup. Tahu sendiri kan kalau video itu memakan memori cukup besar.

Itulah beberapa alat yang sangat dibutuhkan buat kamu yang ingin nyemplung menjadi vlogger. Untuk biayanya, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kantongmu kok!

Gak perlu beli yang mahal-mahal dulu, lagipula kini udah banyak banget barang yang bagus tapi gak mahal. Karena itu pentingnya kamu membaca review-review-nya di internet sebelum membelinya ya! (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan