Dulu di Indonesia Pernah Ada Perusahaan yang Lebih Mahal dari Gojek, Siapa Ya?

3 menit
VOC Belanda (Shutterstock).
VOC Belanda (Shutterstock).

Buat kamu yang tahu sejarah Indonesia, pasti kenal dengan Vereenigde Oostindische Compagnie alias VOC Belanda? Rupanya perusahaan dagang Belanda yang sukses karena melakukan monopoli dagang ini jadi perusahaan paling bernilai lho sepanjang masa.

Dengan predikat perusahaan paling bernilai sepanjang masa, itu berarti VOC Belanda melampaui pencapaian Apple, Alphabet (Google), Microsoft, Amazon, Facebook, hingga Alibaba.

Menurut Visual Capitalist, nilai VOC Belanda mencapai US$ 7,9 triliun atau Rp 111 ribu triliun. Benar-benar nilai yang sangat fantastis. Wajar aja kalau VOC bisa kalahkan Apple yang nilainya Rp 12 ribu triliun. Bahkan, nilai ini lebih dari Saudi Aramco lho yang ditaksir Rp 14 ribu triliun.

Penasaran, kenapa nilai VOC Belanda bisa sangat tinggi ya? Padahal, jualannya cuma rempah-rempah dan komoditas lainnya. Cari tahu yuk jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

1. Bersaing dengan Spanyol dan Portugis menjadi latar belakang dibentuknya perusahaan ini

VOC Belanda (Shutterstock).
Bersaing dengan Spanyol dan Portugis menjadi latar belakang dibentuknya perusahaan ini (Shutterstock).

Menggeliatnya penjelajahan samudra pada abad ke-15 oleh orang-orang Eropa turut andil dalam bangkitnya kegiatan perdagangan. Persaingan dagang pun mulai muncul ketika Spanyol dan Portugis mengerahkan armada dagangnya ke wilayah-wilayah Asia.

Melihat hal tersebut, Belanda pun gak mau ketinggalan dengan membentuk perusahaan dagang yang diberi nama Vereenigde Oostindische Compagnie alias VOC.

Perusahaan yang berdiri pada 20 Maret 1602 ini merupakan gabungan dari perusahaan-perusahaan dagang Belanda yang udah lebih dulu eksis. Mulai dari Brabantsche Compagnie, Compagnie van Verre, Compagnie van De Moucheron, hingga Veerse Compagnie.

2. Tujuan VOC didirikan buat mengurangi kompetisi sesama pedagang Belanda

VOC Belanda
Tujuan VOC didirikan buat mengurangi kompetisi sesama pedagang Belanda (Shutterstock).

Bukan tanpa alasan kenapa perusahaan-perusahaan dagang Belanda dilebur menjadi VOC. Rupanya hal tersebut bertujuan buat mengurangi adanya kompetisi sesama pedagang Belanda.

Dengan begitu, Belanda bisa fokus buat mengalahkan Spanyol, Portugis, dan juga Inggris dalam kegiatan perdagangan. Sepak terjang VOC makin diperkuat dengan hak-hak istimewa yang diberikan Pemerintah Belanda, seperti hak monopoli perdagangan dan hak kedaulatan.

Gak heran kalau VOC bisa memiliki angkatan perang sendiri, ambil keputusan buat berperang, mendirikan pemerintahan sendiri, punya mata uang sendiri, hingga mengambil pajak.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

3. VOC jadi perusahaan pertama di dunia yang tawarkan sahamnya ke publik

VOC Belanda
VOC jadi perusahaan pertama di dunia yang tawarkan sahamnya ke publik (Shutterstock).

Gak disangka VOC Belanda tercatat sebagai perusahaan pertama di dunia yang go public alias sahamnya diperjualbelikan secara bebas. Penawaran perdana sahamnya dilakukan pada masa berdirinya.

Dengan statusnya sebagai perusahaan terbuka, VOC gak cuma bisa melakukan penawaran saham, tetapi juga menjual obligasi. Dari modal-modal investasi yang masuk itulah VOC mengembangkan armada dagangnya sedemikian besarnya.

Ditambah lagi dengan hak-hak istimewa yang diperolehnya dari Pemerintah Belanda. Bikin perusahaan ini menjelma jadi raksasa bisnis multinasional pertama di dunia.

4. VOC menjadi perusahaan dagang swasta terkaya di dunia pada tahun 1669

VOC Belanda
Perusahaan dagang swasta (Ilustrasi by Shutterstock).

Kesuksesan yang diraih VOC rupanya mengantarkan perusahaan ini menjadi perusahaan dagang swasta terkaya di dunia. Kesuksesan ini dicapai VOC Belanda pada tahun 1669.

Saat itu VOC memiliki aset berupa 40 kapal perang dan 150 kapal dagang. Ini masih ditambah dengan 10 ribu tentara dan karyawan.

Udah gitu VOC rutin membayar dividen sejak 1602 yang besarannya 12 persen kemudian menjadi 63 persen. Nilai VOC pun naik sebesar 1.200 persen atau sekitar 78 juta gulden ata bernilai US$ 7,9 triliun.

Baca juga: Sebelum Menggunakan Cicilan Kredit dari Lembaga Pembiayaan, Perhatikan Dulu Hal Ini

5. Berjaya hampir 2 abad, tapi VOC kemudian bangkrut pada 31 Desember 1799

VOC Belanda
VOC kemudian bangkrut pada 31 Desember 1799 (Shutterstock)

Beroperasi selama hampir 200 tahun, VOC pada akhirnya mengalami kemunduran. Kemunduran VOC dimulai sejak terjadinya Perang Inggris – Belanda Keempat tahun 1780 – 1784.

Hal ini makin diperparah dengan pendudukan Prancis atas ibukota Belanda, Amsterdam, tahun 1795. VOC pun dinasionalisasi oleh Pemerintahan Batavia yang baru.

Kabarnya gak cuma karena perang, VOC bisa runtuh. Ada beberapa penyebab lainnya. Mulai dari korupsi, beban ongkos perang yang dikeluarkan, beban dividen, hingga perubahan politik Belanda.

Itu tadi beberapa fakta mulai dari berdirinya VOC Belanda, kenapa perusahaan ini bisa berkembang sangat besar, hingga kemudian runtuh karena beberapa sebab. Semoga informasi barusan bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!