Jarak Maghrib ke Imsak Cuma 3 Jam, Ini 6 Negara dengan Waktu Buka Puasa Terlama

4 menit
Waktu buka puasa paling lama ada di negara-negara ini (Shutterstock).

Setiap negara di dunia memiliki waktu buka puasanya sendiri-sendiri. Ini disebabkan karena letak geografisnya sebuah negara yang gak sama. Mulai dari ujung kutub utara hingga yang paling selatan Antartika. Kira-kira bagian bumi sebelah mana ya yang punya durasi puasa paling lama di dunia?

Pada artikel sebelumnya kita sempat membahas tentang negara dengan jam buka puasa paling cepat di dunia. Dipegang oleh kota Ushuaia di Argentina dengan durasi berpuasa 11 jam. Diikuti oleh kota Santiago, Chili dan Cape Town di Afrika Selatan selama 12 jam.

Uniknya ternyata Indonesia juga termasuk dalam daftar negara tersebut lho. Kita berada di posisi ke 6 dengan durasi puasa sekitar 13 jam lebih, sedikit lebih lama dari kota Sydney serta Rio de Janeiro di Brasil.

Kurang afdol kayanya kalo cuma bahas negara yang paling cepat doang. Biar seimbang, alangkah baiknya kamu juga melihat jajaran negara terlamanya juga.

Daripada berlama-lama lagi mending kita lihat aja langsung 6 negara dengan waktu buka puasa paling lama di dunia berikut ini:

Baca juga: Bosan dengan Kolak Pisang? Cobain Setup Buah yang Segar Saat Berbuka Puasa

1. Waktu buka puasa di Murmansk, Rusia – 21 jam

Waktu buka puasa di Murmansk, Rusia
Kota Murmansk, Rusia (Shutterstock).

Mengutip dari The Live Mirror, negara pertama yang punya waktu berbuka puasa paling lama adalah Rusia. Tepatnya di sebelah barat laut dekat dengan perbatasan negara Finlandia. Orang muslim yang tengah ada di sana harus menjalankan ibadah puasa sekitar 21 jam setiap harinya.

Kota yang dihuni oleh 290 ribuan penduduk ini  menyimpan banyak artefak arkeologi yang bersejarah. Selain itu di sini juga ada kapal nuklir pertama di dunia yang dibuat pada era presiden Lenin.

Buat kamu yang mau berlibur ke lokasi ini bisa pergi dengan pesawat dari Jakarta seharga Rp 18 jutaan. Durasi penerbangannya cukup lama sekitar 27 sampai 30 jam.

2. Lulea, Swedia – 20 jam

Waktu buka puasa di Lulea, Swedia
Kota Lulea, Swedia (Shutterstock).

Di urutan kedua negara dengan waktu buka puasa terlama ada kota Lulea di Swedia dengan durasi puasa sekitar 20 jam. Terdengar asing jika dibandingkan sama kota Stockholm.

Penduduk muslim di Swedia tercatat sekitar 800 ribu jiwa atau 8 persen dari total seluruh penduduknya.

Biaya untuk pergi ke kota Stockholm dengan pesawat dari Jakarta memakan uang sekitar Rp 29 jutaan. Butuh waktu 1 hari buat sampai mendarat di Lulea, Swedia.

Baca juga: 6 Restoran Timur Tengah yang Pas buat Buka Puasa Bareng, Harganya?

3. Reykjavik, Islandia – 19,5 jam

Waktu buka puasa di Reykjavik, Islandia
Reykjavik, Islandia (Shutterstock).

Berjarak gak terlalu jauh dari Swedia ada kota Reykjavik di islandia dengan durasi waktu buka puasa mencapai 19,5 jam setiap harinya. Letak kota ini berada di sebelah barat daya.

Di negara yang luasnya hanya 102 kilometer persegi ini populasi warga muslimnya diperkirakan kurang dari 1.000 jiwa atau sekitar 0,3 persen dari total seluruh penduduknya. Islandia terkenal dengan sumber daya alam panas bumi yang sangat banyak.

Rata-rata harga tiket pesawat dari Jakarta ke Reykjavik sekitar Rp 20 jutaan. Waktu yang perlu ditempuh kurang lebih selama 22 jam.

4. Alaska, Amerika Serikat – 19 jam

Waktu buka puasa di Alaska, Amerika Serikat
Puasa di kota Alaska, Amerika Serikat (Shutterstock).

Keluar dari wilayah Eropa, negara selanjutnya yang punya waktu buka puasa paling lama keempat adalah Amerika Serikat. Tepatnya di kota bernama Fairbanks di negara bagian Alaska.

Para penduduk muslim Alaska yang berjumlah sekitar 3.500 jiwa atau 0,5 persen dari total jumlah penduduk harus menahan lapar sekitar 19 jam.

Yang pengin menapakkan kakinya di Fairbanks, Alaska, harus menyiapkan kocek hingga Rp 29 jutaan dengan durasi penerbangan rata-rata 30 jam.

Baca juga: Bikin Nagih! 6 Takjil Buka Puasa Sehat Ini Harganya Cuma Rp 10.000 Lho!

5. Oslo, Norwegia – 18,5 jam

Waktu buka puasa di Oslo, Norwegia
Puasa di Oslo, Norwegia (Shutterstock).

Kembali lagi ke dataran Eropa di urutan kelima ada ibu kota negara Norwegia yakni Oslo. Durasi puasa di sini mencapai 18,5 jam per harinya.

Sekitar 8 persen dari total 640 ribu jiwa jumlah penduduk Oslo mengnut agama Islam. Sedikit lebih banyak dari penganut agama Katolik Roma.

Untuk kamu yang pengin datang ke kota ini harus siapkan dana minimal Rp 18 juta. Waktu yang harus ditempuh selama perjalanan udara sekitar 20 jaman.

6. Copenhagen, Denmark – 18 jam

Waktu buka puasa di Copenhagen, Denmark
Kota Copenhagen, Denmark (Shutterstock).

Waktu buka puasa terlama di dunia terakhir diduduki oleh Denmark lewat ibu kotanya Copenhagen. Buat masyarakat muslim dunia yang mau menunaikan ibadah puasa harus bersiap dengan durasi sekitar 18 jam setiap harinya.

Jumlah penduduk muslim di Copenhagen sekitar 300 ribu jiwa atau 5,3 persen dari total penduduk Denmark.

Kalau mau traveling kesini kamu harus siapkan dana paling gak 18 juta dengan durasi penerbangan mencapai 19 jam.

Nah itu dia 6 negara dengan waktu buka puasa paling lama di dunia. Terlihat jelas bahwa negara bagian Eropa utara atau dekat laut Baltik mendominasi daftar di atas. Kamu tertarik untuk mendatangi salah satu kota tersebut? (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!