Dilelang Rp 668 Juta, Mobil Koruptor Mantan Wali Kota Batu Ini Jadi yang Termahal

3 menit
alphard wali kota batu
Toyota Alphard mantan wali kota Batu dilelang. (lelangdjkn.kemenkeu.go.id)

Setelah diciduk KPK, Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko sudah divonis tiga tahun penjara tepat pada April 2019. Yang cukup mengejutkan saat ini adalah, KPK telah melelang mobil Toyota Alphard atas nama Eddy.

Mobil mewah itu tampaknya menjadi mobil termahal yang dilelang di situs Lelang.go.id yang dikelola Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Nilai limit dari mobil ini adalah Rp 668.130.000. Uang jaminan yang diserahkan oleh peserta lelang adalah Rp 200 juta, batas akhirnya tanggal 26 Mei 2019.

Menilik laporan di media, besar kemungkinan ini adalah Alphard yang merupakan barang bukti kasus suapnya. Majelis hakim pengadilan Tipikor Surabaya menyatakan Eddy terbukti memang menginginkan dan menerima mobil Alphard keluaran terbaru dari Philipus Jap dengan janji akan memenangkan dia dalam sebuah proses tender. Akhirnya, beginilah nasib mobil ini.

Buat kamu yang pengin memiliki Alphard terbaru dan membayar setengah harga, coba saja kamu lirik mobil mantan Wali Kota Batu ini. Begini wujudnya.

Baca juga: Sempat di KPK dan Kontras, Kekayaan Bambang Widjojanto Tembus Rp 12 Miliar Lho

1. Warna hitam dan varian paling boros BBM

alphard wali kota batu
Tampak depan. (lelangdjkn.kemenkeu.go.id)

Alphard milik mantan Wali Kota Batu ini adalah Alphard seri 3,5 Q AT, yang notabenenya adalah Alphard seri tertinggi. Harga barunya bahkan mencapai Rp 1,8 miliar!

Varian Alphard 3.5 Q A/T hadir dengan mesin Petrol 3456 cc, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 296 hp dan torsi puncak 360 Nm. Lumayan bertenaga ya, tapi coba perhatikan deh mesinnya di atas 3.000 cc lho.

Kalau dipakai di Jakarta, jelas bakal boros bensin banget. Sebulan tentunya bisa keluar lebih dari Rp 1,5 juta buat bensin.

Baca juga: Deretan Mobil Unik di Garasi Rumah Eks Danjen Kopassus Soenarko

2. Mobil mantan wali kota Batu ini punya plat nomor cantik

 

alphard wali kota batu
Tampak belakang. (lelangdjkn.kemenkeu.go.id)

Wuih pelat nomornya mobil mantan Wali Kota Batu ini juga cantik banget. Untuk kamu yang ingin memiliki pelat nomor khusus atau cantik dapat mengetahuinya dari PP Nomor 60 tahun 2016 yang merupakan pengganti dari PP Nomor 50 tahun 2010.

Biayanya juga gak murah pastinya, ada di kisaran Rp 5 hingga Rp 20 juta! Apalagi pelat nomor mobil Alphard ini benar-benar gak ada huruf di belakangnya.

PP tersebut menjelaskan seluruh aturannya, termasuk biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat pelat nomor khusus.

Tapi, berhubung ini adalah plat N alias pelat untuk kota dan kabupaten di eks karesidenan Malang, termasuk Kota Batu, otomatis jika perpanjangan STNK kamu harus mengubahnya ke pelat nomor sesuai domisilimu.

Baca juga: Memiliki Harta Nyaris Rp 1 T, Ini 5 Mobil JK yang Harganya Gak Nyampe Rp 1 M

3. Interior berkelas

alphard wali kota batu
Tampak samping. (lelangdjkn.kemenkeu.go.id)

Masuk ke kabin Alphard memang memiliki daya tarik tersendiri karena menyajikan kenyamanan dan kemewahan ala jet pribadi. Mulai dari bagian depan terpampang dashboard yang didominasi warna hitam dilengkapi aksen brown olive ash brull wood grain. Wah gak kebayang kerennya kayak gimana.

Toyota Alphard mengusung head unit canggih yang siap dilengkapi beberapa menu pilihan berupa entertainment system, DVD Player, dan navigasi. Penumpang makin dimanjakan dengan Dual Climate A/C Control with Captive Touch untuk memudahkan penumpang dalam mengendalikan suhu dalam ruang kabin.

Sementara itu, kursi tengahnya bergaya captain seat yang sudah memiliki legrest sehingga membuat kaki tidak lekas lelah saat perjalanan jauh.

Itulah detail-detail mobil mantan Wali Kota Batu yang kini disimpan di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (RUPBASAN) Kls 1, Waru, Sidoarjo. Tertarik memilikinya? Pikir-pikir dulu ya. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.