Masuk Forbes Asia’s Power Businesswomen, Ini Profil 3 Wanita Inspiratif Indonesia

3 menit
Dian Siswarini (diansiswarini.com)

Bangga, mungkin itu kata yang tepat ketika tiga wanita inspiratif asal Indonesia berhasil masuk dalam nama Forbes Asia’s Power Businesswomen tahun 2019.

Seperti yang kita ketahui, Forbes merupakan salah satu perusahaan majalah di dunia yang sering menampilkan sosok-sosok inspiratif di seluruh dunia. 

Mungkin kamu sering mendengar tentang 10 orang terkaya di dunia yang selalu di-update informasinya setiap tahun atau 10 wanita paling berpengaruh di dunia yang dirilis ke publik.

Kali ini, perusahaan media yang berasal dari Amerika Serikat tersebut kembali merilis daftar nama terbaru untuk kategori Asia’s Power Businesswomen.

Paling gak ada tiga nama wanita inspiratif yang sukses memimpin perusahaan besar di Tanah Air, ketiga nama tersebut adalah Teresa Wibowo, Anna Leonita dan Dian Siswarini. Daripada penasaran, yuk kita simak aja profil singkat mereka di sini:

Teresa Wibowo – Chief Ruparupa.com

Teresa Wibowo (media.licdn.com)

Wanita inspiratif pertama yang masuk dalam daftar Forbes Asia’s Power Businesswomen tahun 2019 adalah Teresa Wibowo. Dia merupakan cucu dari Kuncoro Wibowo yakni pendiri dari PT Kawan Lama atau yang kita kenal dengan brand Ace Hardware.

Teresa Wibowo adalah Chief atau pemimpin dari Ruparupa.com yang bergerak di bidang penjualan E-Commerce untuk produk-produk dari Aces Hardware, Informa, Toys Kingdom, Kawan Lama Sejahtera dan Krisbow Indonesia.

Ilmu yang dia dapatkan dari bangku perguruan tinggi juga gak main-main. Tercatat Teresa Wibowo adalah lulusan S1 jurusan Administrasi Bisnis di Universitas Southern of California tahun 2005.

Lalu melengkapi gelar Masternya di University of  Hong Kong pada tahun 2016 untuk jurusan Administrasi Bisnis. 

Baca juga: Capai Triliunan Rupiah! Ini 10 Selebriti dengan Bayaran Termahal Versi Forbes

Anna Leonita – Presiden Direktur Avrist Assurance

Anna Leonita (Avrist.com)


Nama kedua adalah Anna Leonita, yang saat ini menjabat sebagai Presiden Direktur dari Avrist Assurance. Perusahaan yang berdiri tahun 1975 ini bergerak di bidang asuransi jiwa.

Wanita inspiratif satu ini udah bekerja di dunia asuransi kurang lebih 20 tahun. Wanita yang akrab disapa Anna itu menjadi Vice President of Investment di Avrist Assurance sejak tahun 2000.

Salah satu prestasi paling membanggakan yang pernah dicapainya adalah berkontribusi memperbanyak aset manajemen perusahaan sebanyak 169 persen menjadi Rp 2,2 triliun, dan melipat gandakan pelanggan Avrist jadi tiga kali lipat.

Itulah yang membuat dirinya menduduki kursi nomor satu di perusahaan tersebut dan menjadi wanita pertama yang melakukannya.

Dian Siswarini – CEO XL Axiata Indonesia

Dian Siswarini (diansiswarini.com)

Terakhir, ada Dian Siswarini yang sekarang menjabat sebagai CEO PT XL Axiata Indonesia. Wanita inspiratif ini mengambil jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB), pada tahun 1991 lalu.

Awal keriernya Dian Siswarini menjabat sebagai Supervisor bidang Engineering di PT Citra Sun Makmur, dan baru pada tahun 1996 bergabung bersama XL yang ketika itu bernama PT Excelcom. Selanjutnya, dia menjabat sebagai Vice President Network pada tahun 2005.

Puncaknya ketika pada tahun 2015 dia dipercaya sebagai CEO PT XL Axiata Indonesia. Prestasi yang pernah dicatatkannya adalah, meningkatkan market share menjadi 18 persen di 2018 dari hanya 10 persen pada 2016.

Itulah profil singkat dari tiga wanita inspiratif Indonesia yang masuk dalam Forbes Asia’s Power Businesswomen. Semoga ke depannya semakin banyak Kartini Tanah Air yang masuk dalam daftar tersebut. Termasuk kamu! (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1