Tewas dalam Kecelakaan Pesawat, Ini Fakta Natalia Fileva Wanita Terkaya di Rusia

3 menit
Wanita terkaya
Tewas dalam Kecelakaan Pesawat, Ini Fakta Natalia Fileva Wanita Terkaya di Rusia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Belum lama ini, media dibikin geger dengan berita tewasnya salah satu wanita terkaya di Rusia, Natalia Fileva. Fileva tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat di Frankfurt, Jerman.

Kecelakaan pesawat yang terjadi pada Minggu lalu juga menewaskan ayah Fileva, Valery Karachev. Seperti dikutip dari BBC, pesawat pribadi yang ditumpanginya dari Perancis ke Jerman mengalami kecelakaan.

Pesawat tersebut dikabarkan hilang dari pantauan radar. Yang jelas, ada lebih dari dua korban lebih dalam kecelakaan ini.

Sebenarnya siapa sih Natalia Fileva ini? Gimana kalau kita simak beberapa fakta dari salah satu wanita terkaya di Negeri Beruang Merah ini, berikut ulasannya.

Baca juga: 10 Wanita Terkaya di Dunia 2018, Hartanya Sampai Ratusan Triliun!

1. Total kekayaannya Rp 8,5 triliun, tapi…

Wanita terkaya
Natalia Fileva salah satu perempuan terkaya di Rusia yang tewas dalam kecelakaan pesawat, (crimerussia).

Bicara soal kekayaan Fileva, dikabarkan mengantongi harta US$ 600 juta atau setara dengan Rp 8,5 triliun. BBC menyebutkan bahwa informasi jumlah kekayaan itu berasal dari Forbes.

Akan tetapi, setelah MoneySmart melakukan penelusuran di situs Forbes, nama Fileva yang disebut wanita terkaya di Rusia malah gak ada.

Di Wikipedia, informasi seputar Natalia Fileva juga disebut sebagai orang terkaya juga sangat minim. Dia pun disebut menempati urutan ke empat perempuan terkaya di negara tersebut.

Surat kabar The Moscow Times pun membenarkan informasi ini.

Baca juga: 3 Orang Kaya di Balik Game yang Mirip PUBG, Sukses Raup Banyak Uang!

2. Seorang bos penerbangan

Wanita terkaya
Natalia Fileva merupakan salah satu bos perusahaan penerbangan S7, (TripAdvisor).

Ternyata, di sektor bisnis inilah Fileva berhasil mendapat kekayaan sebesar itu. Jebolan Novosibirsk State Technical University ini mendirikan sebuah perusahaan penerbangan bernama S7 Airlines bersama sang suami, Vladislav Filev yang ternyata juga merupakan mantan pilot.

Sejak itu, Fileva pun sering disebut media dengan julukan “Iron Lady.” Wajar saja sih kalau dia dapat julukan itu, lantaran dunia bisnis penerbangan di Negeri Beruang Merah miliknya emang didominasi lelaki.

Peusahaan S7 Airlines berbasis di Siberia. S7 juga merupakan maskapai penerbangan kedua terbesar di Rusia lho dan merupakan kompetitor utama dari Aeroflot.

Beberapa jenis pesawat yang terdapat di maskapai miliknya merupakan Boeing, Airbus, dan Embraer. Mereka juga melayani rute penerbangan ke 150 negara.

Baca juga: Pengin Jadi Orang Kaya? Wujudkan dengan 5 Cara Pintar Ini!

3. Suaminya dijuluki “Elon Musk” Rusia

Wanita Terkaya
Memiliki suami yang dijuluki sebagai Elon Musknya Rusia, (Livemint).

Tadi udah disebut soal Vladislav Filev yang gak lain adalah suami Natalia Fileva. Mantan pilot ini ternyata dijuluki Elon Musknya Rusia lho.

Kamu pasti udah tahu siapa Elon Musk itu, ya gak lain merupakan founder Tesla dan SpaceX yang cukup terkenal dengan inovasinya di bidang teknologi.

Dan memang benar bahwasannya, S7 berniat buat mendirikan sebuah tempat peluncuran satelit di tengah laut.

Yang jelas pasangan ini kerap dipanggil mama dan papa oleh para staf S7. Tewasnya Fileva justru dikhawatirkan menimbulkan masalah baru di perusahaan besar ini.

Akan tetapi, keluarga mereka memang sangat menghindari sorotan publik sehingga media asing juga sulit buat mencari tahu informasi atau data mereka. Yang jelas, pasangan ini dikaruniai empat orang anak dan satu anak angkat.

Salah satu putrinya memang bekerja di perusahaan tersebut, sementara yang satu lagi masih kuliah di jurusan penerbangan.

4. Mantan aktivis komunis

Wanita Terkaya
Natalia Fileva merupakan mantan aktivis komunis di negaranya, (Wikipedia).

Cukup mengejutkan, wanita terkaya yang satu ini ternyata dulunya adalah aktivis Komsomol, Gerakan Komunis Muda di era Uni Soviet. Namun setelah Uni Soviet runtuh, Fileva justru menjadi seorang pengusaha.

Kedua pasangan suami istri ini mulai berjaya di bidang bisnis, usai runtuhnya Uni Soviet. Filev dan Fileva membeli Siberia Airlines yang saat itu tengah dalam keadaan sekarat.

Alhasil, mereka pun bergabung dengan OneWorld Alliance, sebuah aliansi maskapai penerbangan terbesar ketiga di dunia, bersama American Airlines, British Airways dan Japan Airlines. Dan aliansi itu menggiring Siberia Airlines jadi sukses.

Itulah fakta-fakta seputar Natalia Fileva yang masuk dalam daftar wanita terkaya di Rusia.

Sejatinya, kabar mengenai kecelakaan ini juga belum jelas. Namun petugas Deutsche Flugsicherung (DFS) berpendapat bahwa ini adalah masalah human error.

Pesawat turboprop yang ditumpangi oleh Fileva meledak dan terbakar ketika menghantam daratan. Disebutkan pula bahwa sang pilot gak mengikuti prosedur pendaratan berdasarkan radar DFS. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.