10 Wanita Terkaya di Dunia Tahun 2019, Ada yang Hartanya Sentuh Rp 753 Triliun!

4 menit
wanita terkaya di dunia
Ilustrasi wanita terkaya di dunia. (Pixabay)

Gak hanya kaum Adam seperti Bill Gates atau Warren Buffett yang memiliki harta mencapai ratusan triliun rupiah, kaum Hawa pun ternyata bisa menghasilkan cuan yang terbilang fantastis hingga masuk dalam daftar wanita terkaya di dunia.

Beberapa sosok wanita terkaya di dunia tahun 2019 berikut ini memiliki latar belakang yang beraneka ragam dan sumber kekayaan yang berbeda-beda. Yuk kita simak langsung aja daftar lengkapnya, melansir dari Finances Online.

Baca juga: Ada yang Hartanya Rp 16 Triliun! Ini 7 Model Wanita Terkaya di Dunia

10. Iris Fontbona

wanita terkaya di dunia
Iris Fontbona. (Financesonline.com)

Iris Fontbona adalah perempuan asal Chili yang dijuluki sebagai “Queen of Chile’s Mining Industry”. Julukan ini diberikan karena sumber kekayaannya didapatkan dari perusahaan tambang miliknya, Antofagasta PLC.

Total kekayaan yang dimiliki oleh Iris Fontbona ditaksir sekitar Rp 205 triliun.

Baca juga: Hartanya Paling Sedikit Rp 2,7 T, Ini 7 Aktris Hollywood Terkaya Sejagat Tahun 2019

9. Gina Rinehart

wanita terkaya di dunia
Gina Rinehart. (Wikimedia Commons/ https://creativecommons.org/licenses/by/3.0/au/deed.en)

Posisi kesembilan wanita terkaya di dunia dipegang oleh Gina Rinehart yang berasal dari Australia. Mirip seperti Iris Fontbona, harta kekayaannya juga bersumber dari perusahaan tambang bijih besi bernama Hancock Prospecting yang dipimpinnya.

Gina Rinehart memiliki harta kekayaan mencapai Rp 211 triliunan dan memiliki sebuah pesawat jet pribadi seharga Rp 1,1 triliunan.

Baca juga: Menangi Puluhan Kejuaraan, Ini 7 Atlet Wanita Terkaya di Dunia dengan Harta Rp 2,8 T

8. Charlene de Carvalho-Heineken

wanita terkaya di dunia
Charlene-de-Carvalho-Heineken. (Financesonline.com)

Selanjutnya ada Charlene de Carvalho-Heineken yang berasal dari Amsterdam, Belanda. Dari namanya mungkin kamu udah bisa menebak bisnis apa yang ia miliki.

Betul, ia adalah salah satu pemilik dari perusahaan bir internasional Heineken. Dari usahanya tersebut Charlene de Carvalho-Heineken menghasilkan harta sebanyak Rp 223 triliunan.

7. Abigail Johnson

wanita terkaya di dunia
Abigail Johnson. (Financesonline.com)

Predikat wanita terkaya di dunia nomor 7 dipegang oleh Abigail Johnson, miliarder yang jadi pimpinan di perusahaan investasi bernama Fidelity Investments. Korporasi ini merupakan salah satu yang terbesar di bidang finansial untuk kawasan Amerika Serikat.

Tercatat harta kekayaan yang dimiliki oleh Abigail Johnson menyentuh Rp 239 triliunan.

6. Susanne Klatten

wanita terkaya di dunia
Susanne Klatten. (Financesonline.com)

Datang dari Jerman ada Susanne Klatten yang memiliki sumber kekayaan dari industri otomotif. Ia memiliki 19 persen saham dari merek mobil BMW, Mini Cooper dan Rolls Royce. 

Pantes aja ya, harta kekayaanya bisa sampai Rp 277 triliunan.

5. Laurene Powell Jobs

wanita terkaya di dunia
Laurene Powell Jobs. (Financesonline.com)

Laurene Powell Jobs adalah istri dari mendiang Steve Jobs yang merupakan sosok pendiri Apple. Perempuan ini juga dikenal sebagai salah satu filantropi terkenal di dunia.

Hartanya saat ini tercatat sekitar Rp 291 triliunan atau lebih banyak Rp 14 triliun dari Susanne Klatten.

4. Yang Huiyan

wanita terkaya di dunia
Yang Huiyan. (Financesonline.com)

Wanita terkaya di dunia nomor 4 datang dari Asia, tepatnya dari negara China. Ia adalah Yang Huiyan. Huiyan merupakan salah satu pemilik dari korporasi properti asal Negeri Tirai Bambu bernama Country Garden Holdings yang didirkan oleh ayahnya Yang Guoqiang.

Selama 6 tahun berturut-turut Yang Huiyang adalah perempuan terkaya di China dan keempat terkaya di dunia. Total harta kekayaannya mencapai Rp 317 triliunan.

3. Jacqueline Mars

wanita terkaya di dunia
Jacqueline Mars. (Financesonline.com)

Selanjutnya ada Jacqueline Mars yang merupakan seorang pebisnis asal Amerika Serikat. Ia memiliki sepertiga korporasi Mars.Inc yang bergerak di bidang konveksi, makanan hewan serta produk lainnya yang berhubungan dengan binatang peliharaan.

Kekayaan Jacqueline Mars mencapai Rp 382 triliunan.

2. Alice Walton

wanita terkaya di dunia
Alice Walton. (Financesonline.com)

Duduk di urutan runner up wanita terkaya di dunia adalah Alice Walton yang sebelumnya, pada tahun 2018 berada di posisi puncak. Alice sendiri adalah anak dari pendiri perusahaan retail terbesar di dunia yakni Walmart.

Pada tahun 2016 ia memiliki saham Walmart senilai US$ 11 juta. Kini. total kekayaannya mencapai Rp 661 triliunan. 

1. Francoise Bettencourt Meyers

wanita terkaya di dunia
Francoise Bettencourt Meyers. (Financesonline.com)

Terakhir ada Francoise Bettencourt Meyers yang berasal dari Perancis. Ia merupakan pemilik dari merek kosmetik terkenal dunia yakni L’Oreal. Selain itu ia juga menjabat sebagai presiden di Bettencourt Schueller Foundation yang dimiliki oleh keluarganya. 

Ibunya, Liliane Bettencourt, adalah orang yang sangat berperan atas kesuksesan yang diraih oleh Francoise Bettencourt Meyers hari ini. Liliane tercatat memiliki total harta kekayaan mencapai Rp 753 triliunan pada tahun 2019.

Nah itulah sedikit informasi mengenai 10 wanita terkaya di dunia tahun 2019. Dari kesepuluh nama tersebut mana nih yang paling kamu kenali sosoknya? (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1