Banner ImageBanner Image

Waspada Sebelum Berkendara! Ini Himbauan Menhub untuk Pengendara Motor Wanita

2 menit
Melihat semakin banyaknya pengendara sepeda motor wanita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghimbau agar mereka memperhatikan dan menyadari pentingnya keselamatan berkendara.

Berkendara di jalan raya saat ini tidak hanya dilakukan oleh pria saja, melainkan wanita juga melakukannya. Baik kendaraan roda empat maupun roda dua, pengendara wanita saat ini semakin sering ditemukan.

Alasan mereka berkendara di jalan raya pun beragam, salah satunya adalah untuk menghemat anggaran transportasi menuju lokasi kerja. Ada juga yang menggunakan sepeda motor untuk menambah penghasilan seperti pengemudi ojek online.

Melihat semakin banyaknya pengendara sepeda motor perempuan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau agar mereka memperhatikan dan menyadari pentingnya keselamatan berkendara.

“Keselamatan dan juga keamanan berkendara itu penting sekali untuk disosialisasikan, pikirkan, dan realisasikan bersama bagi semua driver (ojek online) terutama perempuan. Keselamatan berkendara adalah suatu keharusan. Ketika kita sudah memiliki kesadaran mengenai keselamatan berkendara maka itu merupakan langkah yang bagus,” kata Menhub saat menghadiri acara “Safety Riding for Women” bersama Gojek dan Queen riders di Jakarta dilansir laman Carmudi.

Baca juga: Gak Pengin Bangkrut Selama Liburan, Yuk Hindari 5 Hal Receh Ini

Pengguna motor meningkat

Pengguna motor perempuan meningkat.

Berdasarkan riset dari Queen riders, pertumbuhan pengguna motor di Indonesia dalam 5 tahun belakangan meningkat 42 persen. Pertumbuhan tersebut diikuti dengan meningkatnya angka kecelakaan pengendara perempuan sebesar 49.5 persen dalam 2 tahun.

Merujuk pada data tersebut Menhub kembali mengingatkan supaya dalam mengendarai sepeda motor pengemudi harus fokus dan bila perlu kurangi kecepatan.

“Para driver perempuan sebaiknya mengatur kecepatan saat berkendara. Sebaiknya kecepatan berkendara kisaran 30-40 km/jam. Kecepatan berkendara harus sesuai dengan kemampuan masing-masing. Para driver perempuan harus fokus saat berkendara sehingga persoalan keselamatan dan keamanan dapat teratasi dengan baik,” ujar Budi.

Dirinya menambahkan supaya kegiatan safety riding sering diadakan terutama oleh pihak dari perusahaan ojek online.

Baca juga: Tak Ingin Sengsara di Hari Tua, Ini 4 Asuransi yang Wajib Dimiliki dari Sekarang

Pemerintah Dukung Sosialisasi Keamanan dan Keselamatan Berkendara

Pada kesempatan ini, Chief Public Policy and Government Relations Gojek Shinto Nugroho mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh pemerintah untuk sosialisasi keamanan dan keselamatan berkendara. Acara ini juga bertujuan untuk menghilangkan keraguan para pelanggan terhadap para pengemudi ojek online perempuan.

Baca juga: Masih Bingung Pengin Ajukan Kartu Kredit Biasa Atau Virtual? Ini Perbedaannya yang Wajib Kamu Ketahui

“Sejak awal telah menjadi komitmen Gojek untuk terus mengedepankan keselamatan dan keamanan mitra driver dan penumpang. Acara ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan kami terhadap pemerintah mewujudkan layanan transportasi yang aman dan selamat. Saat ini cancellation rate driver perempuan cukup tinggi padahal mereka memiliki keterampilan berkendara yang mumpuni,” ungkap Shinto. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong