Bingung Mau Bertanya Apa? Ajukan Aja 4 Hal Ini Saat Kamu Wawancara Kerja

3 menit
wawancara kerja
Bingung Mau Bertanya Apa? Ajukan Aja 4 Hal Ini Saat Kamu Wawancara Kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sukses atau gagalnya kamu diterima bekerja di salah satu perusahaan tergantung dari hasil wawancara kerja yang diikuti. Selain belajar dari mereka yang sukses, kamu juga perlu tahu hal-hal seperti apa yang bikin sesi tatap muka dan tanya jawab ini gak berjalan dengan lancar.

Pasalnya, cukup banyak orang yang berujung kegagalan saat mengikuti wawancara kerja begitu diberi kesempatan mengajukan beberapa pertanyaan. Di sini kamu perlu tahu pertanyaan-pertanyaan seperti apa yang sebaiknya dilontarkan.

Seperti yang diungkap Investopedia, ada beberapa pertanyaan yang baik buat kamu tanyakan ketika tengah wawancara dengan HRD maupun user. Apa aja pertanyaan-pertanyaannya? Yuk, disimak.

Baca juga: 8 Tips Wawancara Kerja Ini Bisa Bikin Kamu Diingat Calon Bos Lho!

1. “Apa yang menjadi alasannya kalau tawaran kerja ini pada akhirnya tidak diberikan kepada saya?”

wawancara kerja
Kamu bisa menanyakan pertanyaan “gimana jika pekerjaan ini akhirnya bukan milik saya?”, begitulah kira-kira pertanyaan yang terlontar dari mulut mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pertanyaan ini buat beberapa orang mungkin terkesan berani dan mustahil ada yang menanyakannya. Namun, faktanya nih Kelsey Meyer Raymond, pendiri  Influence & Co., pernah menerima pertanyaan tersebut dalam sesi wawancara dari kandidat karyawan.

Menurutnya, pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sangat direkomendasikan buat disampaikan. Sebab ia bisa memberitahukan apa yang menjadi keraguannya sehingga ia menolak kandidat tersebut.

Buat kandidat, pertanyaan tersebut bisa bikin mereka belajar dari kesalahan. Mereka pun bisa memperbaiki hal-hal yang menjadi kekurangan mereka.

Baca juga: Fresh Graduate Beda! Ini 6 Tips Wawancara Kerja buat Dapetin First Job Kamu

2. “Kalau saya akhirnya diterima, bagaimana cara Anda mengukur kesuksesan saya nanti?”

wawancara kerja
Coba deh tanyakan hal ini saat kamu tengah wawancara pekerjaan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pertanyaan ini menjadi pertanyaan favorit Michael B. Junge, penulis buku “Purple Squirrel: Stand Out, Land Interviews, and Master the Modern Job Market”. Baginya, kandidat yang mengajukan pertanyaan ini punya rasa percaya diri dan cerminan minat kerja.

Tentu aja pewawancara melihat hal ini sebagai sesuatu yang positif. Sebab ia bisa menyampaikan harapannya terhadap karyawan baru.

Buat karyawan baru, jawaban si pewawancara dapat menjadi pertimbangan mereka buat mengambil keputusan. Apakah nantinya menerima tawaran atau menolaknya. Sebab ini menyangkut persoalan apakah pekerjaan tersebut sanggup dijalankan dengan baik atau gak.

Baca juga: Penting! 5 Sikap Tubuh yang Harus Diperhatikan Saat Interview Kerja

3. “Apa yang bisa saya lakukan agar perusahaan bisa mencapai tujuannya?”

Wawancara kerja
Tanyakan apa yang bisa kamu perbuat buat kemajuan perusahaan, pertanyaan ini bisa kamu lontarkan saat tengah wawancara, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pertanyaan ini juga direkomendasikan kepada para kandidat begitu mendapat kesempatan buat bertanya dalam sesi wawancara. Buat perekrut, pertanyaan ini menunjukkan kalau si kandidat punya kemauan yang kuat buat membuktikan bahwa dirinya adalah pilihan yang tepat.

Sementara jawaban yang disampaikan si pewawancara bagi kandidat bisa menjadi ukuran seberapa yakin ia sanggup memenuhi kemauan perusahaan. Dengan begitu, si kandidat bisa tahu apakah pekerjaan yang ditawarkan tepat buat dirinya atau gak.

4. “Apa yang membuat Anda semangat buat masuk kerja?”

wawancara kerja
Terakhir kamu bisa menanyakan hal terakhir ini ke orang yang wawancara kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu sendiri tentu gak yakin pada dirimu buat ajukan pertanyaan ini atau gak. Percaya gak percaya nih, pertanyaan ini pernah diterima Murshed Chowdhury, penanggung jawab atas perekrutan di Capital One.

Menurutnya, pertanyaan ini bagus buat diajukan. Sebab si kandidat bisa belajar gimana cara agar tetap semangat dalam bekerja begitu menerima jawaban dari si perekrut.

Nah, itu tadi empat pertanyaan yang gak ada salahnya diajukan saat di sesi terakhir wawancara kerja. Lagi pula jawaban-jawaban yang kamu dapat dari pertanyaan-pertanyaan tersebut bakal berguna banget bagi perkembangan kariermu ke depannya. Semoga bermanfaat ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan