Mau Dibeli Raffi Ahmad, Ini 6 Fakta WC TOTO yang Jarang Diketahui

4 menit
WC TOTO
Mau Dibeli Raffi Ahmad, Ini 6 Fakta WC TOTO yang Jarang Diketahui, (Instagram/@raffinagita1717).

Setelah beli Mercedes Benz GL 63 dan memodifikasi Lamborghini Aventador, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengunjungi PT Surya TOTO Indonesia Tbk. Wah! Ngapain nih Raffi dan Nagita berkunjung ke pabrikan WC TOTO? Pasangan suami istri yang dikenal gak habis-habis uangnya, dikabarkan bakal membeli WC TOTO, apa iya?

Kamu sendiri pasti udah gak asing lagi ya kan dengan merek pelengkap di kamar mandi setiap rumah ini. Merek kloset ini emang udah paling top dan terkenal nih sejak dulu, setiap rumah di Indonesia pasti menggunakan merek yang satu ini. 

Gak heran kalau TOTO cukup mendominasi pasar kloset di Tanah Air. Sebenarnya ada dua lagi yang juga cukup mendominasi pasar kloset, INA dan American Standard.

Nah, TOTO ini adalah satu-satunya merek kloset yang melantai di bursa saham lho. Selain pelengkap kamar mandi ini bisa dibeli, sahamnya ternyata juga bisa lho! Ingin tahu beberapa fakta seputar produsen kloset TOTO yang satu ini?

Baca juga: Ada yang Berhonor Rp 75 Juta per Episode, 5 Artis Sinetron Ini Berbayaran Tertinggi!

1. 95 persen produksinya di Indonesia

WC TOTO
Bukan showroom mobil mewah, Raffi dan Nagita berkunjung ke pabrikan TOTO, (YouTube/Rans Entertainment).

Saat Raffi berkunjung ke showroom TOTO, dijelaskan bahwasannya produk mereka memang sudah diekspor ke berbagai negara. Sebut saja seperti Inggris, Jerman, Prancis, China, Korea, dan banyak negara lain.

Yang dibuat di Indonesia, sudah diekspor ke-35 negara lho. Tapi ngomong-ngomong dari mana sih asal produk ini?

TOTO merupakan merek asal Jepang, namun buat pabriknya pertama kali ada di luar negeri ya Indonesia. Pabrik pertama mereka berada di kawasan Cikupa dan asal kamu tahu 95 persen produk mereka emang diproduksi di Indonesia. 

Baca juga: Senilai Rp 1 Miliar, Intip Koleksi Sepatu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

2. Harga WC TOTO ada yang Rp 160 juta!

WC TOTO
Bayangin aja harga perlengkapan kamar mandi buatan TOTO ada yang Rp 160 juta, (YouTube/Rans Entertainment).

WC alias kloset TOTO itu punya banyak varian lho. Ada yang biasa seperti WC duduk pada umumnya yang sering kita temukan di mall atau rumah, dan ada juga tutupnya bisa terbuka sendiri karena terdapat sensornya.

Dan pastinya, harga produk WC otomatis mereka sama sekali gak murah. Bayangin aja buat pelengkap kamar mandi ini, TOTO mengeluarkan varian terbaru yang harganya dibanderol di angka Rp 160 juta!

Pelengkap kamar mandi ini emang memiliki teknologi mutakhir. Bukan hanya dilengkapi sensor otomatis dengan buka tutup saja tapi juga terdapat sensor lain yang bisa membuat permukaan tempat duduknya terasa hangat. 

Baca juga: Kantongi Rp 21 Miliar Selama Ramadan, Kamar Raffi Ahmad dan Nagita Bikin Takjub!

3. Ada juga yang Rp 2 atau Rp 3 jutaan

WC TOTO
Harga WC mereka juga ada yang Rp 2-3 jutaan lho, (YouTube/Rans Entertainment).

Walaupun ada yang Rp 160 juta, bukan berarti semua WC TOTO itu mahal lho ya. Ada juga WC duduk mereka yang harganya Rp 2 hingga Rp 3 jutaan dan memiliki kualitas bagus. 

Dibanding membeli WC jongkok yang bikin pegal dan bahaya, mending investasi dikit dengan membeli WC duduk. Harganya gak jauh beda kok, lebih nyaman, dan tahan lama juga. Dijamin deh WC-nya awet selama 20 tahun!

4. TOTO gandeng desainer Spanyol

WC TOTO
Desainer asal Spanyol dilibatkan dalam mendesain produk TOTO lho, (YouTube/Rans Entertainment).

Bukan cuma fokus jualan closet, mereka juga sempat berkolaborasi dengan Jamie Hayon seorang desainer asal Madrid. TOTO mencoba menciptakan tata ruang kamar mandi yang sederhana secara desain namun memiliki teknologi terdepan. 

Desain kamar mandi ini justru gak mewah melainkan sederhana. Namun desain minimalis inilah yang kiranya bisa terlihat lebih menarik.

WC TOTO
Selain WC, TOTO juga memiliki produk lainnya, (YouTube/Rans Entertainment).

Bicara soal produk TOTO, mereka juga menjual beberapa produk shower dan perlengkapan mandi lainnya lho. Mau tahu produk lain yang digarap oleh TOTO? Simak poin selanjutnya.

5. Selain perlengkapan kamar mandi, TOTO juga menjual furnitur

WC TOTO
Gak cuma buat peralatan kamar mandi, TOTO juga memiliki furnitur, (YouTube/Rans Entertainment).

Lewat kolaborasi dengan banyak seniman, ternyata TOTO juga menjual furniture! Wah, banyak juga ya produknya.

Meja, kursi, lemari, kompor listrik, hingga pemanggang pun ada. Bisa dibilang, furnitur mereka bergaya mewah lho dan memiliki desain wah banget!

WC TOTO
Mereka juga punya perabotan rumah tangga lainnya lho, (YouTube/Rans Entertainment).

Semua produk-produk mereka, memiliki kualitasn dengan standar Jepang. Udah gitu para teknisi TOTO pun siap datang ke rumah mu dan melakukan pemasangan jika kamu membeli produk mereka.

Raffi aja mengakui bahwasannya TOTO memang keren. Produknya lengkap dan desainnya pun beragam. Pas buat rumah mewah, minimalis, atau gaya lainnya. 

6. Saham TOTO itu ada dua

WC TOTO
Hanafi Atmadiredja merupakan CEO TOTO Indonesia, (YouTube/Rans Entertainment).

Bicara soal saham TOTO, ternyata ada dua emiten yang produknya adalah TOTO. Pertama adalah PT Surya Toto Indonesia Tbk (TOTO), dan yang kedua adalah PT Surya Toto Indonesia Tbk (TOTO). Nah lho apa bedanya?

Untuk yang kode emitennya TOTO, perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur dan penjualan produk sanitasi, perlengkapan, produk sistem dapur serta kegiatan lainnya.

Showroom TOTO yang dikunjungi Raffi ini merupakan bagian dari usahanya TOTO. 39 persen saham TOTO dipegang oleh TOTO limited Japan, 29 persennya oleh PT Multifortuna Asindo, 24 persen oleh PT Suryamitra Abadi dan sisanya buat publik. 

Sedangkan SPTO adalah distributor buat bahan konstruksi dengan fokus pada produk saniter dan aksesoris. 30 persen saham SPTO dipegang oleh PT Multifortuna Asindo, 30 persen lagi oleh PT Suryamitra Abadi dan sisanya buat publik. 

Baik TOTO maupun SPTO punya Presiden Komisaris yang sama yaitu Mardjoeki Atmadireja. Akan tetapi Presiden Direktur alias CEO mereka tentu berbeda. Mardjoeki juga merupakan pendiri PT Surya Toto Indonesia Tbk lho. 

Nah, pria yang mengenakan t-shirt putih merupakan CEO TOTO, Hanafi Atmadiredja. Gayanya sederhana banget ya. Dia adalah jebolan Boston University dan mulai berkarier di perusahaan ini pada tahun 2001. 

Itulah sekilas fakta mengenai produsen WC TOTO yang merajai pasar di Indonesia. Kira-kira tertarik gak nih beli closet merek ini buat di rumah mu? Atau mau beli sahamnya aja? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.