20 Tempat Wisata Ciwidey yang Sejuk dengan Pemandangan Luar Biasa

6 menit
Wisata Ciwidey
20 tempat wisata Ciwidey dengan pemandangan indah (Shutterstock)

Wisata Ciwidey merupakan salah satu tempat destinasi liburan seru dan indah di Bandung, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berjarak sekitar 40-an kilometer dari sebelah selatan kota Bandung.

Kenapa gak boleh lewatkan wisata ke Ciwidey?

Ciwidey merupakan sebuah lokasi wisata keluarga yang memberikan banyak pilihan jenis liburan menarik mulai dari perkebunan teh, pemandangan danau yang indah bahkan sampai bermain off road.

Semua itu bisa kamu lakukan tanpa perlu pergi keluar kota lagi. Dengan begitu, kamu gak perlu keluar banyak uang lagi deh.

Penasaran ada apa aja di destinasi liburan yang hits beberapa tahun belakangan ini? Yuk, lihat 20 daftarnya di sini:

1. Wisata Ciwidey pertama ada, Glamping 

Wisata Ciwidey
Glamping Ciwidey salah satu objek wisata Ciwidey (Shutterstock)

Lokasi wisata Ciwidey yang pertama ada Glamping. Sejauh mata memandang terdapat guguran perkebunan teh yang sangat luas dengan kapal besar di tengahnya. Bukan karena terdampar tapi dibuat khusus untuk dijadikan restoran bernama Pinisi Resto.

Kerennya lagi, kapal itu langsung mmenghadap ke sebuah danau jadinya pemandangan ketika makan semakin asri. Selain itu, ada juga tempat bermain mobil-mobilan, jalanan off road serta penginapan yang terintegrasi.

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Bandung Terbaru yang Mesti Kamu Datengi Nih!

2. Taman Kelinci Ciwidey

Wisata Ciwidey
Taman Kelinci Ciwidey salah satu objek wisata Ciwidey (Instagram/@tamankelinciciwidey)

Buat yang membawa sanak saudara dan anak kecil, gak perlu khawatir sebab ada tempat bermain seru bersama binatang kelinci. Selain luas, kamu juga bisa memberi makan ke hewan jinak tersebut yang hidup bebas di taman.

Lelah bermain Taman Kelinci Ciwidey juga menyediakan sebuah pondok besar yang bisa ditempati untuk beristirahat.

3. Kawah Putih

Wisata Ciwidey
Kawah Putih salah satu objek wisata Ciwidey (Instagram/@kawahputih.bdg)

Sering dijadikan tempat syuting FTV dan video clip penyanyi lokal pasti kamu udah gak asing lagi sama tempat wisata Ciwidey satu ini. Menyajikan pemandangan alam yang anti-mainstream, Kawah Putih cocok jadi spot foto yang instagramable.

FYI, Kawah Putih merupakan hasil letusan Gunung Patuha yang meletus di abad ke 10. Dan baru ditemukan tahun 1837 oleh seorang ahli botani asal Jerman bernama Franz  Wilhelm Junghuhn.

4.  Situ Patenggang

wisata Ciwidey
Situ Patenggang salah satu objek wisata Ciwidey (Shutterstock)

Tujuan lokasi liburan selanjutnya adalah Situ Patenggang, yang butuh waktu sekitar 34 menitan dari kawah putih. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan danau yang indah.

Di samping itu, ada perahu yang disediakan para penjaga bagi yang mau jalan-jalan memutari danau. Pas banget yang lagi liburan bareng gebetan!

5.  Kebun Teh Rancabali

wisata Ciwidey
Kebun Teh Rancabali salah satu objek wisata Ciwidey (Shutterstock)

Sesuai dengan namanya, di lokasi ini kamu bisa menikmati alam perkebunan teh yang luas.  Posisinya yang berada di pinggir jalan juga memperkaya suasana yang bisa diingat.

6. Kampung Cai Ranca Upas

wisata Ciwidey
Kampung Cai Ranca Upas salah satu objek wisata Ciwidey (Shutterstock)

Kampung Cai Ranca Upas menyediakan berbagam wisata seperti penangkaran rusa, kolam air panas serta beberapa aktivitas outbound. Buat yang berencana kesini jangan lupa untuk membawa jaket yang tebal karena cuacanya cukup dingin.

7. Punceling Pass Ciwidey

wisata Ciwidey
Punceling Pass Ciwidey salah satu objek wisata Ciwidey (Shutterstock)

Wisata Ciwidey yang ketujuh ada Punceling Pass di mana kamu bisa bermalam di kemah yang telah disiapkan. Guna bersantai meregangkan otot pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas permandian kolam air panas.

Ada juga kolam ikan kecil yang bisa menghilangkan kulit mati bagian kaki. Rasanya pasti geli buat yang pertama kali coba.

8. Kawah Rengganis

wisata Ciwidey
Kawah rengganis salah satu objek wisata Ciwidey (Shutterstock)

Hiburan yang paling utama ditawarkan oleh wisata Kawah Rengganis adalah permandian air panas. Jadi pas banget buat yang abis macet-macetan terus badannya pegel.

Berkemah jadi opsi selanjutnya bagi yang pengin menyatu dengan alam. Seru kan?

9. Patuha Resort

wisata Ciwidey
Patuha Rengganis salah satu objek wisata Ciwidey (Instagram/@patuharesortecotourism)

Berjarak cuma 4 kilometer dari Glemping Ciwidey ada terdapat sebuah penginapan atau resort yang bisa menampung cukup banyak orang di dalamnya. Tempatnya terbilang cukup nyaman dan yang pasti udaranya sejuk banget.

Nilai tambah kalau kamu menginap di tempat ini adalah pemandangannya yang dikelilingi pohon pinus besar.

10.   Batu Cinta

wisata Ciwidey
Batu Cinta salah satu objek wisata Ciwidey (Shutterstock)

Berada dekat di Situ Patenggang, konon katanya batu cinta terbentuk dari kumpulan air mata dewi Rengganis dan Ki santang yang gak bisa bersatu akibat suatu halangan.

Lokasinya ada di sebuah pulau kecil bernama Asmara. Bagi pasangan yang berkunjung ke tempat ini dipercaya cintanya akan abadi terus sampai ajal menjemput.

11.   Barusen Hills

wisata Ciwidey
Barusen Hills salah satu objek wisata Ciwidey (Instagram/@barusenhills_)

Selanjutnya ada Barusen Hills yang menjadi tempat wisata Ciwidey yang patut disamperin. Alasannya karena banyak tempat foto yang bisa kamu abadiin bersama pasangan atau keluarga.

Banyaknya bunga yang berwarna-warni dapat menjadi latar belakang lainnya yang ada di galeri foto kamu lho.

12.   Bukit Jamur Rancabolang

wisata Ciwidey
Bukit Jamur Rancabolang salah satu objek wisata Ciwidey (Instagram/@
cekli_sepatu)

Jangan salah kaprah, destinasi liburan yang satu ini gak menyediakan berbagai jenis jamur yang tumbuh di bukit sekitarnya. Melainkan jejeran pohon yang dibentuk sedemikan rupa daunnya sehingga mirip seperti jamur.

Beberapa orang memanfaatkan latar belakang pohon tersebut untuk dijadikan spot foto pra nikah.

13.   Curug Tilu Ciwidey

wisata Ciwidey
Curug Tilu Ciwidey salah satu objek wisata Ciwidey (Instagram/@warnajepretan___)

Bagi yang seneng memburu lokasi air terjun yang bagus bisa datang ke Curug Tilu Ciwidey yang berlokasi sekitar 1 jam dari bukit jamur Rancabolang.

Selain bisa foto-foto, di curug tilu Ciwidey juga bisa basah-basahan bermain air serta berenang.

14.   Ciwidey Valley Resort

wisata Ciwidey
Ciwidey Valley Resort salah satu objek wisata Ciwidey (Instagram/@resortciwideyvalley)

Layaknya tempat hiburan yang lengkap, Ciwidey Valley Resort menyediakan beragam tempat bermain keluarga yang seru seperti tempat kolam renang, kebun binatang mini serta penginapan berkelas resort.

Cocok buat kamu yang gak mau repot-repot pindah lokasi di wisata Ciwidey.

15.   Pemandian Air Panas Ciwalini

wisata Ciwidey
Pemandian Air Panas Ciwalini salah satu objek wisata Ciwidey (Shutterstock)

Gak ada habisnya emang tempat wisata yang menyajikan latar belakang air panas di daerah Ciwidey.

Kali ini, ada kolam permandian air panas Ciwalini.  Enaknya bermain air panas di sini adalah ada kolam anak kecil tersendiri agar menghindari dari hal-hal yang gak diinginkan.

16.   Cimanggu Hot Spring

wisata Ciwidey
Cimanggu Hot Spring salah satu objek wisata Ciwidey (Shutterstock)

Cimanggu Hot Spring adalah lokasi permandian kolam air panas lainnya yang bisa dikunjungi. Warna kolamnya yang sedikit butek dipercaya mempunyai khasiat mengobati beberapa penyakit dan rehabilitasi.

17.   Emte Highland Resort

wisata Ciwidey
Emte Highland Resort salah satu objek wisata Ciwidey (Instagram/@emte_highland_resort)

Menempuh jarak 5,6 kilometer dari Kawah Putih kamu bisa beristirahat di sebuh penginapan bernama Emte Highland Resort. Kamar tidur di sini bernuansa kayu bambu sehingga menambah nuansa alamnya.

Kalau pengin berendam, ada permandian air panasnya juga yang lumayan besar.

18.   Jembatan Rel Kereta Api Sadu

wisata Ciwidey
Jembatan Rel Kereta Api Sadu salah satu objek wisata Ciwidey (Shutterstock)

Jembatan rel kereta api sadu adalah lokasi wisata Ciwidey yang tergolong unik sebab tempat ini dulunya merupakan jalur keret api aktif.

Namun, karena udah gak digunakan lagi jadi sekarang dimanfaatkan pelancong yang mau berfoto-foto.

19.   Green Hill Park

wisata Ciwidey
Green Hill Park salah satu objek wisata Ciwidey (Instagram/@greenhill_ciwidey)

Suara burung yang berkicau serta hembusan angin sejuk membuat Green Hill Park cocok didatangi oleh para wisatawan yang mau menikmati kesunyian alam.

Fasilitas yang ada di tempat ini antara lain adalah ruang spa, pondok atau villa serta permandian air hangat.

20.   Glamping Legok Kondang Lodge

wisata Ciwidey
Glamping Legok Kondang Lodge salah satu wisata Ciwidey (Instagram/@glamping_ciwidey)

Didominasi ornamen kayu di segala fasilitasnya membuat Glamping Legok Kondang Lodge jadi tempat traveling di Ciwidey yang patut dikunjungi ketika liburan. Mulai dari penginapan, tempat bermain dengan binatang sampai danau kecil ada di sini.

Oia, kalau cuacanya lagi cerah kamu bisa menikmati gugusan bintang yang terlihat secara jelas dari kamar.

Biaya liburan ke Ciwidey

wisata Ciwidey
Biaya liburan wisata Ciwidey (Shutterstock)

Untuk biayanya sangat bervariasi tergantung dari mana, dan transportasi apa yang kamu gunakan. Kita ambil perumpamaan kamu baru sampai di Kota Bandung ya.

Bila menggunakan transportasi online, biaya yang dikeluarkan untuk mencapai kawasan Ciwidey sekitar Rp 140 ribu. Itu bisa membawa lima sampai tujuh penumpang dalam satu orderan.

Lalu tujuan dan aktivitas apa yang dipilih selanjutnya sangat memengaruhi bujet liburannya. Dari yang paling murah Jembatan Rel Kereta Api Sadu karena gratis sampai yang paling mahal untuk menyewa penginapan di Emte Highland Resort sebesar Rp 3,5 juta per malamnya.

Untuk tiket masuk objek wisata sendiri harganya berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 100 ribuan aja. Semakin banyak kegiatan yang dijalani, udah pasti kocek yang dikeluarkan juga semakin banyak.

Jadi paling gak untuk bisa  liburan ke Ciwidey kamu memerlukan uang paling minimal Rp 150 ribu. Yang bawa mobil pribadi tinggal ganti uang transportasi dengan uang bensin.

Itulah 20 tempat wisat Ciwidey yang bisa kamu kunjungi hari ini. Daripada bosen jalan-jalan ke Bandung terus mending liburan ke daerah ini banyak pilihan serta seru. (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1