Pelesiran ke Korea Selatan Jangan Lupa Kunjungi Objek Wisata Gratis Ini

5 menit
Wisata Korea Selatan Ini Bisa Sempurnakan Liburanmu (Shutterstock).

Wisata Korea Selatan saat ini menjadi tujuan pelesiran banyak wisatawan. Tak terkecuali orang-orang Indonesia. Bukan cuma penggemar Kpop aja yang datang ke negeri yang terkenal akan drama nya ini, hampir semua kalangan pengin berlibur kesini.

Karena itulah perkembangan pariwisata Korea Selatan saat ini tengah menjadi sorotan dunia. Menurut Union of International Associations, puluhan juta turis mengunjungi Korea Selatan dalam beberapa tahun terakhir.

Drama dan film Korea Selatan dianggap menjadi salah satu pendongkrak pamor pariwisata Negeri Gingseng ini. Alur cerita yang asyik dipadu latar lokasi dengan pemandangan memukau seringkali membuat para penggemar drama berdecak kagum. Menyaksikan setiap adegan romantisnya di tempat-tempat cantik, kamu juga pasti ingin melakukan hal serupa bersama pasangan kan?

Meski tergolong mahal untuk pelesiran ke negeri Kpop ini, kamu bisa kok mengakali bujet dengan mendatangi beberapa objek wisata gratis yang ada disana. Atau jika memang kamu punya anggaran berlebih, gak ada salahnya juga sih untuk mengunjungi tempat wisata gratis ini. Ada apa aja sih? kita simak yuk.

1. Namsan Seoul Tower

Wisata Korea Selatan
Namsan Seoul Tower (Shutterstock).

Namsan Seoul Tower adalah menara tempat pariwisata pertama di Korea. Bagian atas menara ini di hampir mencapai 480 meter di atas permukaan laut, termasuk Namsan Mountain (243m) dan tinggi menara sendiri (236.7m), membuatnya menjadi salah satu menara tertinggi di Orient.

Tempat ini terdiri dari Seoul Tower Plaza, yang baru-baru ini dibuka untuk akses publik setelah 40 tahun. Juga ada N Seoul Tower, yang dioperasikan oleh CJ Foodville sejak tahun 2005. Menara ini pertama kali didirikan sebagai menara siaran untuk mengirimkan sinyal TV dan radio pada tahun 1969. Sampai sekarang, telah menjadi salah satu perwakilan landmark dan tempat multi-budaya di Seoul.

Alamat: 105 Namsangongwon-gil, Yongsan 2(i)ga-dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan\

2. Sungai Han

Wisata Korea Selatan
Sungai Han (Shutterstock).

Sungai Han adalah sebuah sungai di Korea Selatan yang terbentuk akibat pertemuan dari Sungai Namhan (Sungai Han Selatan), yang bermata air di Gunung Daedeok, dan Sungai Bukhan (Sungai Han Utara), yang berhulu dari lembah Gunung Geumgang di Korea Utara. Sungai Han mengalir melewati Seoul dan bergabung dengan Sungai Imjin sebelum bermuara ke Laut Kuning.

Total panjang dari Sungai Han adalah 514 km. Walaupun tidak begitu panjang, maka ujung Sungai Han, lebar alirannya sangat luas. Di Seoul, lebarnya adalah lebih dari 1 km. Sebelum pembangunan sejumlah dam, sungai ini dikenal memiliki debit air yang sangat besar.

Biasanya orang lokal datang ke sini untuk bersantai melihat pemandangan sambil menyantap ayam goreng atau jajangmyeon. Kegiatan seperti ini akhirnya dicontoh oleh wisatawan asing yang datang hingga saat ini.

3. Datang ke Museum Nasional belajar sejarah Korea

Wisata Korea Selatan
National Museum of Korea (Shutterstock).

Museum Nasional Korea adalah sebuah museum yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Museum ini merupakan yang terbesar di Korea Selatan dan menampilkan koleksi benda-benda bersejarah penting.

Lantai pertama museum meliputi 10 buah aula yang menampilkan benda-benda prasejarah, seperti artefak zaman Paleolitikum, Tiga Kerajaan Korea (Silla, Goguryeo, Baekje) dan Balhae.

Di lantai ke-2, menampilkan karya seni Korea seperti kaligrafi dan berbagai jenis lukisan klasik. Lantai ke-3 menampilkan berbagai teks Buddhis, keramik, karya seni dari metal serta artefak dari Cina, Jepang, India, Indonesia dan Asia Tengah.

Pada eksibisi di luar ruangan, ditampilkan 2 buah pagoda, yakni Pagoda Yeongeo hwasang dan Pagoda Jingnyeongdaesa bowol neunggong dari Kuil Bongnim.

National Museum of Korea: 137 Seobinggo-ro, Seobinggo-dong, Yongsan-gu, Korea Selatan

Seoul Museum of History: 55 Saemunan-ro, Sajik-dong, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan

War Memorial of Korea: 29 Itaewon-ro, Namyeong-dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan

4. Bukchon Hanok Village

Wisata Korea Selatan
Bukchon Hanok Village (Shutterstock).

Kampung Hanok Bukchon merupakan sebuah kawasan rumah tradisional Korea (hanok) di Seoul, Korea Selatan. Bukchon bermakna Kampung Utara dikarenakan berlokasi di sebelah utara Kali Cheonggye (Cheonggyecheon) dan Jongno.

Perkampungan ini sejarahnya merupakan permukiman dan tempat tinggal para pejabat dan anggota keluarga kerajaan Dinasti Joseon. Letaknya pun berada di antara Istana Gyeongbok dan Istana Changdeok.

Kampung Hanok Bukchon memiliki lorong-lorong yang sempit dan menampilkan suasana kota Seoul pada masa lalu. Rumah-rumah para bangsawan di kampung ini masih terpelihara dengan baik, dan beberapa di antaranya menawarkan penginapan bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman kehidupan tradisional Korea.

Satu aturan yang perlu kamu ketahui ketika berada disini, jangan masuk atau mengetuk rumah sembarangan. Karena sebagian rumah di kawasan tersebut masih digunakan sebagai tempat tinggal. Jangan berisik dan tetap jaga sopan santun ya!

Alamat: Korea Selatan, Seoul, Jongno-gu, Gahoe-dong, 37

5. Ihwa Mural Village

Wisata Korea Selatan
Ihwa Mural Village (Shutterstock).

Menjadi desa yang tidak teratur membuat pemerintah setempat menghancurkan kawasan ini. Namun sebelum hal itu terjadi, para siswa dan warga setempat mengambil tindakan dengan melakukan make over pada desa tersebut.

Mereka menggambar dinding rumah, jalanan, hingga tangga dengan warna warni cerah. Desa yang tadinya hampir dihancurkan karena kacau ini pun berubah menjadi cantik dan unik. Hal inilah yang menjadi daya tarik Ihwa sampai ke penjuru dunia.

Kamu bakalan melihat banyak wisatawan asing di desa ini. Gak sedikit dari mereka yang mengabadikannya melalui swafoto. Masuk ke desa ini gratis tapi ada satu syarat yang wajib kamu penuhi yaitu selama berada di sini kamu tidak membuang sampah sembarangan, dan mengganggu ketentraman warga yang tinggal.

Alamat: 49 Naksan 4-gil, Ihwa-dong, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan

6. Dongdaemun Design Plaza

Wisata Korea Selatan
Dongdaemun Design Plaza (Shutterstock).

Dongdaemun Design Plaza merupakan komplek seluas 85 ribu meter persegi yang penuh dengan karya para seniman. Kalau berkunjung ke tempat ini, pasti kamu akan merasa takjub melihat berbagai objek yang unik. Sesuai dengan namanya, bangunan ini adalah salah satu pusat perbelanjaan di Seoul.

Selain tempat shopping, tempat ini juga memiliki beberapa galeri seni, kafe, dan museum. Kalau kamu enggak tertarik untuk belanja apalagi ngopi, kamu bisa jalan-jalan ke taman bunga LED yang ada disekitar bangunan Dongdaemun Design Plaza. Waktu terbaik untuk menikmati taman bunga ini adalah saat malam hari karena bunga-bunga LED disini akan menyala dan membuat suasana jadi romantis.

Alamat: 281 Eulji-ro, Euljiro 7(chil)-ga, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan

Nah gimana nih? makin penasaran dan gak sabar dong mengunjungi tempat wisata Korea Selatan? Jangan cuma baper liat di drama aja guys, gak ada salahnya menabung untuk bisa datang ke negara impianmu. Gak bakalan nyesel kok! Selamat berlibur ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be