Mau Liburan ke Korea Utara, Kamu Cuma Perlu Rp 25 Jutaan Aja!

4 menit
Mau Liburan ke Korea Utara, Kamu Cuma Perlu Rp 25 Jutaan Aja!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Korea Utara memiliki segudang misteri yang gak diketahui banyak orang. Buat kamu yang pengin liburan ke Korea Utara bisa lho, cukup menyiapkan uang kisaran Rp 25 jutaan aja kok.

Korea Utara emang dikenal mulai dari pemerintahannya yang tertutup, juga sistem kepemimpinan yang sangat diktator. Korea Utara juga gak jarang terlibat konflik dengan negara-negara lain, seperti Amerika Serikat misalnya. Hal ini tentunya menimbulkan iklim yang gak kondusif di perdamaian dunia.

Terlepas dari itu, ternyata Korea Utara memiliki keindahan yang menarik buat dijelajahi para wisatawan. Gak kalah apik dari saudara serumpunnya Korea Selatan.

Lingkungannya yang masih asri dan jauh dari hiruk-pikuk keramaian teknologi jadi nilai plus buat berwisata ke sini. Meskipun buat menembus wilayah ini sedikit susah.

Baca juga: Terkuak! Ternyata Begini Gaya Hidup Sosialita di Korea Utara

Biar gampang kamu harus menggunakan paket tur yang telah diakui oleh pemerintah Korea Utara. Nah, ada apa aja sih di Korea Utara khususnya di Ibu Kota Pyongyang? Simak ulasannya berikut ini:

1. Pyongyang metro

Pyongyang metro merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan ke Korea Utara, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini merupakan salah satu stasiun kereta bawah tanah andalan Korea Utara. Stasiun yang terletak di Ibu Kota ini memiliki arsitektur yang menawan. Seni ukiran-ukiran di tiang panjang stasiun menambah nilai artistik.

Tembok-tembok juga dihias lukisan-lukisan propaganda khas Korea Utara. Menggambarkan kemakmuran dan perdamaian masyarakat Korea Utara di bawah kepemimpinan Kim Il Sung dan Kim Jong Il.

Baca juga: Gak Cuma Venezuela, Ternyata 4 Negara Ini Juga Dilanda Krisis Ekonomi

Lampu-lampu yang bergantungan juga gak kalah cantik dengan berbagai macam model yang indah.

Stasiun ini dibangun sejak 1965-1987 setelah ketegangan antara dua Korea mereda pasca perang. Terdiri dari 16 bagian stasiun yang membentang sepanjang Pyongyang.  

Keindahan desain stasiun ini bikin mata seger deh, dijamin kalau kamu ke sini bakalan terkesima dengan interiornya. Tapi sayangnya belum tentu bisa kamu foto, karena peraturan di Korea Utara sangat ketat buat para wisatawan. Kalau bisa difoto terus diunggah ke Instagram, pasti deh feed kamu bakalan populer.

 

2. Triumphal arch

Triumphal arch salah satu tempat wisata di Korea Utara, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hampir sama dengan Triumphal Arch yang ada di Paris, Prancis, tapi ketinggiannya 6 meter lebih tinggi. Monumen ini mulai dibangun pada tahun 1982, terbuat dari granit putih.

Baca juga: Berkuasa dan Kaya Raya, Lihat Nih 5 Aset Presiden Korut, Kim Jong-un

Sebagai pengingat dan penanda kemerdekaan Korea Utara atas kependudukan Jepang yang berlangsung dari tahun 1925 sampai 1945. Tak hanya itu, monumen ini juga memiliki tujuan buat menghormati kiprah Kim Il Sung dalam militer selama masa perjuangan kemerdekaan Korea Utara.

3. Monument to party founding

Monument to party founding salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau yang ini juga salah satu monumen yang fenomenal di Korea Utara. Rasanya kurang sah kalau kamu gak ke sini. Monumen ini biasa disebut Monumen Partai Buruh. Partai bikinan Kim Il Sung pemimpin pertama Korea Utara yang pertama. Partai ini adalah partai terbesar di Korea Utara.

Dibangun pada tahun 1995, monumen ini melambangkan perjuangan partai. Bisa dilihat dari patung tiga tangan yang masing-masing memegang kuas, palu, dan arit. Kuas melambangkan intelektual, palu melambangkan buruh, dan arit melambangkan petani.

Di bawah monumen tedapat tulisan ‘Long live the Workers Party of Korea which organizes and guides all victories for the Korean People!’

4. Mansudae grand monument

Mansudae grand monument salah satu tempat wisata di Korea Utara, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di kompleks ini, kamu bakalan menemukan beberapa monumen, yang paling terkenal adalah monumen Kim Il Sung dan Kim Jong Il bersebelahan.

Sebelumnya patung Kim Il Sung sudah ada lebih dulu, dibuat sekitar tahun 1972. Tapi, tahun 2011 patung Kim Jong Il juga ikut berdiri buat menghormati kematiannya. Kedua patung ini terbuat dari perunggu.

Kalau di sini kamu diperbolehkan berfoto ria atau mengambil momen dari sudut pandang sesukamu. Tapi ingat jangan sembarangan ya.

5. Kim Il Sung square

Kim Il Sung square salah satu objek wisata di Korea Utara, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau ini bisa dibilang jantungnya atau pusat kotanya Pyongyang. Di sini biasanya dilakukan upacara-upacara kenegaraan Korut. Sekaligus tempat Korut memamerkan kekuatan militer.

Parade militer, tari dan semua kegiatan kenegaraan berpusat di sini. Dibuka 43 Agustus 1954, dengan luas mencapai 75.000 meter persegi, bisa menampun lebih dari 100 ribu orang.

Di sini juga tempatnya pusat pemerintahan Korut. Terdapat beberapa bangunan atau kantor pemerintahan yang vital seperti kantor Kementerian Luar Negeri, Kantor Pemerintahan, dan galeri seni Korut. Kalau di Indonesia ini mungkin sama kaya alun-alun kali ya.

Berapa bujetnya buat wisata ke tempat tadi?

Berwisata ke Korut tentu bukan hal murah ya tentunya. Faktor tertutupnya Korut bikin segala penerbangan ke sana serba eksklusif. Jangan harap deh bisa ke sana sendirian, karena buat mengurus visanya aja kadang dipersulit.

Bebeapa agen tour di Indonesia udah banyak yang mengadakan perjalanan ke sana. Dikutip dari kompas.com kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp 25,8 juta buat nikmatin spot-spot wisata di Pyongyang tadi udah termasuk tiket pesawat.

Tapi harga di atas masih diluar biaya pembuatan visa Korut sebesar Rp 750 ribu. Tenang aja, biasanya buat pengurusan visa dibantu oleh pihak penyelenggara tour yang tentunya telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintahan Korea Utara.

Buat penerbangannya, gak bisa dari Indonesia langsung ke negara saudara dari Korea Selatan ini. Korut hanya menerima penerbangan melalui Beijing. Coba aja kamu cari di situs travel penerbangan dari Indonesia langsung ke Pyongyang, pasti gak ada! Gimana tertarik? (Editor: Mahardian Prawira). 

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.