Cuma Butuh Rp 500 Ribu, Ini 20 Wisata Semarang yang Bisa Dikunjungi

8 menit
wisata semarang
Wisata Semarang. (Shutterstock)

Wisata Semarang bisa dijadikan destinasi liburan untuk melepas penat. Di Kota Atlas ini, semua jenis wisata ada!

Ada banyak hal yang bisa dijadikan alasan untuk berkunjung ke sana. Pertama adalah dari wisata kulinernya. Banyak ragam kuliner khas Semarang yang bisa kamu cicipi, mulai dari lumpia, sampai kupat tahu. 

Untuk wisata sejarahnya, kamu bisa mempelajari peristiwa-peristiwa bersejarah di zaman penjajahan dulu dari berbagai setiap sudut kota. Ada juga wisata alam yang bisa dijadikan pilihan untuk melepas penat setelah seminggu disibukkan dengan urusan-urusan pekerjaan. Namun, yang terpenting adalah, di Semarang, semuanya serba murah! 

Karena statusnya sebagai kota besar sekaligus Ibu Kota Jawa Tengah, akses untuk menuju ke sana sangat mudah. Kamu bisa menggunakan kereta api, pesawat, atau menggunakan mobil pribadi. Dengan mobil pribadi semakin mudah berkat adanya tol Trans Jawa, yang bisa menghubungkan Semarang dengan kota-kota lainnya bahkan yang di ujung timur dan barat Jawa sekaligus seperti Surabaya dan Jakarta. 

Kira-kira apa saja sih tempat wisata Semarang yang menarik untuk dikunjungi? Yuk simak dalam daftar di bawah ini.

Baca juga: Cuma Butuh Rp 1 Juta, Kamu Bisa Nikmatin Dinginnya 15 Spot Wisata Dieng

1. Wisata Semarang, Klenteng Sam Poo Kong 

wisata semarang
Klenteng Sam Poo Kong. (Sampookong.co.id)

Seorang pelaut dari Tiongkok Laksamana Ceng Ho sering melakukan pelayaran ke berbagai penjuru dunia, salah satunya adalah Indonesia. Dengan membawa ribuan pasukan, tujuan kedatangannya ke beberapa daerah adalah untuk menjalin persahabatan, bukan untuk menjajah seperti pelaut Eropa. 

Sekitar tahun 1416, Ceng Ho dan pasukannya singgah di Semarang, untuk mengobati anak buahnya yang tengah sakit. Sembari menunggu, mereka pun menetap di sebuah goa yang kini menjadi Klenteng Sam Poo Kong. 

Klenteng ini kemudian kini menjadi wisata Semarang yang populer. Banyak wisatawan yang datang hanya untuk sekadar foto-foto menikmati suasananya yang bak di Negeri Tirai Bambu. Namun, ada juga yang datang untuk sembahyang bagi penganut agama Konghucu. Harga tiketnya Rp 5.000 untuk warga Indonesia, sementara turis asing dikenakan biaya Rp 10.000.

Baca juga: Pantai Sampai Gunung! 20 Wisata Jawa Timur Ini Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

2. Lawang Sewu 

wisata semarang
Lawang Sewu. (Indonesiakaya.com)

Gedung tua peninggalan penjajah Belanda ini sudah sangat populer di seluruh Indonesia. Tapi sayangnya, populer dalam hal wisata mistis. Dulu, setiap malam ada saja warga yang menguji keberanian untuk menjelajah ruangan-ruangan di gedung ini.

Sebenarnya, gedung ini memiliki banyak nilai sejarah ketimbang mistisnya. Dibangun pada tahun 1904, bangunan yang memiliki banyak pintu ini sebenarnya semula digunakan sebagai kantor kereta api regional Jawa Tengah oleh Belanda. Tapi sejak pendudukan Jepang, bangunan ini diubah menjadi ruang tahanan dan tempat penyiksaan rakyat Indonesia. 

Setelah Indonesia merdeka, Lawang Sewu kembali dialihfungsikan menjadi kantor kereta api oleh PT KAI. Tapi kini, bangunan ini sudah kosong dan disulap menjadi museum cagar budaya. Harga tiket masuknya Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk orang dewasa. 

Baca juga: Asri dan Sangat Menyejukkan! Ini 20 Tempat Wisata Garut yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Wisata Semarang, Museum Ranggawarsita

wisata semarang
Museum Ranggawarsita. (Indonesiakaya.com)

Ada empat gedung di Museum Ranggawarsita. Masing-masing gedung memiliki koleksi benda yang berbeda-beda. Gedung A berisikan benda-benda peninggalan manusia zaman purba, seperti fosil hewan dan manusia purba. Sementara itu, di Gedung B terdapat benda-benda peninggalan zaman penjajahan kolonial. Gedung C memiliki ruangan khusus diorama yang menggambarkan sejarah perjuangan bangsa. Terakhir, Gedung D berisikan benda-benda kesenian seperti wayang, kuda lumping, dan masih banyak lagi. 

Harga tiket masuknya cuma Rp 4.000 untuk anak-anak maupun dewasa. 

4. Dusun Semilir Ecopark 

wisata semarang
Dusun Semilir Ecopark. (Instagram/@dusunsemilir)

Dusun Semilir merupakan pilihan wisata Semarang terbaru. Wisata ini menawarkan suasana pedesaan tapi dengan konsep bangunan yang modern. Di sini ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati, mulai dari restoran sampai area oleh-oleh. 

Terletak di akses utama Semarang-Ambarawa, untuk bisa masuk ke kawasan ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000. Tapi kalau untuk makan dan membeli oleh-oleh ya harus bayar sendiri. 

5. Wisata Semarang, Eling Bening 

wisata semarang
Eling Bening. (Instagram/@eling_bening)

Eling Bening merupakan kawasan wisata terpadu yang ada di daerah Ambarawa, Semarang. Di sini kamu bisa menyantap makanan lezat, berenang, sampai ikutan outbond. Tapi, yang bikin tempat ini spesial adalah pemandangannya yang super indah dengan deretan pegunungan dan sawah yang hijau di depan mata. Dijamin bikin kamu fresh lagi setelah sibuk bekerja. Untuk masuk ke kawasan ini kamu perlu menyiapkan uang tiket sebesar Rp 20.000.

6.  Ayanaz Gedongsongo 

wisata semarang
Ayanaz Gedongsongo. (Instagram/@ayanaz.gedongsongo)

Kalau kamu tipe wisatawan yang doyannya foto-foto, tempat yang satu ini pas buat kamu. Ayanaz Gedongsongo menawarkan beragam spot foto yang unik dan instagramable. Di sini kamu bisa berfoto di atas balon udara, hingga narsis di meja yang seolah-olah berdiri di atas air. Harga tiket masuknya Rp 20.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. 

7.  Wisata Semarang, Kampoeng Kopi Banaran 

wisata semarang
Kampoeng Kopi Banaran. (Instagram/@kampoeng_kopi_banaran)

Kalau kamu mau mencari wisata Semarang yang memiliki nuansa perkebunan, Kampoeng Kopi Banaran-lah jawabannya. Wisata agro ini menawarkan sejumlah aktivitas seru dan menarik, di antaranya berkeliling kebun kopi, berkeliling ke pabrik Kopi Banaran, dan tentunya mencicipi hasil perkebunannya. 

Selain itu kamu juga bisa melakukan aktivitas olahraga seru seperti berenang, main tenis, dan outbond. Kalau dirasa satu hari kurang cukup, gak ada salahnya untuk menginap di hotelnya! 

Untuk sekadar mengunjungi area ini pengunjung dikenakan biaya Rp 5.000. 

8. Nirwana Stable 

wisata semarang
Nirwana Stable. (Instagram/@janet_apple)

Ingin merasakan sensasi menunggang kuda? Datang saja ke Nirwana Stable. Di sini kamu bisa dengan bebas berkuda. Untuk anak-anak ada paket wisata edukasi juga yang bisa dijadikan sebagai pilihan belajar yang asyik. Wisata edukasi ini meliputi pengenalan terhadap kuda, hewan-hewan unggas, juga cara bercocok tanam. 

Untuk mengikuti wisata edukasi itu, per anak dikenakan biaya yang cukup murah, yaitu hanya Rp 30 ribu saja! 

9. Kota Lama Semarang 

wisata semarang
Kota Lama Semarang. (Instagram/@wst.kotalamasmg)

Buat yang suka liburan tapi gratisan, Kota Lama merupakan salah satu tempat wisata Semarang gratis yang gak pakai tiket masuk. Sama halnya dengan Kota Tua di Jakarta, kawasan ini terdiri dari gedung-gedung tua bergaya Eropa bekas peninggalan pemerintah Belanda. Cocok banget buat buat dijadikan latar belakang foto. 

Dulunya gedung-gedung tersebut merupakan bekas kantor pemerintahan dan tempat tinggal warga. 

10. Simpang Lima Semarang 

wisata semarang
Simpang Lima. (Indonesiakaya.com)

Simpang Lima sudah menjadi landmarknya Kota Semarang. Kawasan ini terdiri dari sebuah lapangan luas yang berada di persimpangan jalan, yang biasa disebut Lapangan Pancasila. Pemerintah setempat pun sudah menganggap area ini sebagai alun-alun kota. Kalau malam hari bakal ramai muda-mudi yang nongkrong di sini untuk mencicipi berbagai hidangan khas.

Lho di lapangan kok ada makanan? Ya di sisi barat, timur dan selatannya ada banyak stan pedagang yang menjajakan makanan dan minuman khas. Jadi pas banget deh buat nongkrong bareng teman-teman. 

11. Masjid Besar Kauman 

wisata semarang
Masjid Agung Semarang. (masjidagungsemarang.weebly.com)

Sekali-kali cobalah untuk mengunjungi wisata Semarang bernuansa religi, seperti Masjid Besar Kauman yang terletak di Jalan Alun-alun Barat ini. Masjid yang diperkirakan sudah berusia 268 tahun ini selalu ramai dikunjungi jemaah. Rasanya jalan-jalan ke Semarang kurang sah rasanya kalau belum ibadah di sini. 

12. Gereja Blenduk 

wisata semarang
Gereja Blenduk. (Indonesiakaya.com)

Gereja Protestan ini menjadi gereja pertama yang dibangun di Kota Semarang. Diperkirakan proses pembangunannya dimulai dari tahun 1753 pada saat zaman penjajahan Belanda. Jadi wajar saja kalau bentuk arsitekturnya menyerupai gereja-gereja di Eropa. Gereja tertua di Jawa Tengah ini hingga kini masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat kristiani. 

13. Jungle Toon Waterpark 

wisata semarang
Jungle Toon Water Park. (Instagram/@semarang)

Wisata air bisa kamu nikmati di Jungle Toon Waterpark. Di sini terdapat kolam renang dengan beragam fasilitas yang cocok untuk anak-anak dan dewasa. Kalau bosan berenang, bisa juga menjajal pusat kebugaran lainnya seperti fitness center dan sauna. 

Tempat wisata yang selalu ramai di akhir pekan ini mematok harga tiket masuk yang gak terlalu mahal kok, cuma Rp 20.000 di hari kerja, dan Rp 30.000 di akhir pekan. 

14. Tugu Muda Semarang 

wisata semarang
Tugu Muda. (Instagram/@semarang)

Tugu Muda Semarang terletak di persimpangan Jalan Pandanaran, Mgr. Soegijapranata, Imam Bonjol, Pemuda, dan Jalan Dr. Sutomo. Lokasi persisnya adalah dekat dengan Gedung Lawang Sewu. Tugu ini diresmikan oleh Presiden pertama RI Ir. Soekarno pada tahun 1953 sebagai monumen pengingat jasa para pejuang yang gugur di Pertempuran 5 Hari Semarang. 

Pertempuran antara warga dengan penjajah Jepang itu berlangsung pada tanggal 15-20 Oktober 1945.

15. Wisata Semarang, Pagoda Avalokitesvara 

wisata semarang
Pagoda Avalokitesvara. (Indonesiakaya.com)

Pagoda Avalokitesvara merupakan tempat beribadah umat Buddha di Semarang. Pagoda yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan ini menjadi pagoda yang tertinggi di Indonesia. Desain bangunannya memiliki tujuh tingkatan yang kalau diukur tingginya mencapai 45 meter. 

16. Air Terjun Semirang 

wisata semarang
Air Terjun Semirang. (Instagram/@muh_idris_ompong)

Bosan dengan suasana perkotaan dan pengin ke tempat yang bernuansa alam nan sejuk? Air Terjun Semirang bisa kamu jadikan pilihan destinasi. Wisata Semarang Ungaran ini bisa kamu tempuh hanya dalam waktu sekitar 1 jam dari pusat Kota Semarang. Ungaran merupakan daerah pegunungan yang terkenal banget kesejukannya. Untuk menikmati suara gemericik air terjun, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000 sebagai biaya tiket masuknya. 

17. Watu Gunung 

wisata semarang
Watu Gunung. (Instagram/@wisatasemarang)

Masih di kawasan Ungaran, kamu juga bisa mengunjungi ke tempat wisata Watu Gunung. Tempat ini terdiri dari kolam pemandian air hangat yang berada di kaki Gunung Ungaran. Airnya juga langsung dari gunung, jadi gak heran kalau habis berendam badan langsung segar bugar. 

Untuk bisa menikmati pemandian ini, pengunjung cuma dikenakan biaya masuk Rp 20.000 untuk hari kerja, sementara di akhir pekan Rp 25.000. 

18. Museum Kereta Api Ambarawa 

wisata semarang
Museum Kereta Ambarawa. (Indonesiakaya.com)

Buat penggemar kereta api, wajib buat kamu mengunjungi wisata Semarang yang satu ini, Museum Kereta Api Ambarawa. Ini dulunya merupakan sebuah stasiun kereta api, tapi kemudian dialihfungsikan menjadi museum. Terdapat koleksi 21 lokomotif uap yang bisa kamu pantengin dan kalau perlu dijadikan latar belakang foto yang Instagramable

19. Wisata Semarang, Desa Bejalen 

wisata semarang
Desa Wisata Bejalen. (Instagram/@desa_wisata_bejalen)

Desa Bejalen tadinya hanya desa biasa yang mungkin tidak akan dijadikan tujuan wisata. Tapi kini, banyak warga maupun pelancong dari luar Semarang sengaja mengunjungi tempat ini untuk berfoto-foto. Memangnya apa daya tariknya? 

Sekarang kan lagi nge-tren banget nih kampung warna-warni, nah pemukiman yang ada di Desa Bejalen juga dihias dengan warna-warni. Jadi Instagramable banget deh!

20. Benteng Pendem 

wisata semarang
Benteng Pendem Ambarawa. (Instagram/@wisatasemarang)

Berjarak sekitar 40 menit dari pusat Kota Semarang, kalian bisa menemukan salah satu bangunan sisa peninggalan penjajahan Belanda. Benteng Pendem merupakan benteng tua yang selesai dibangun pada tahun 1845. 

Meski benteng ini sudah tua, tapi beberapa bagiannya masih difungsikan untuk Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ambarawa dan tempat tidur pegawai lapas. 

Tapi, pengunjung bisa kok memanfaatkan bagian yang gak terpakai itu untuk berfoto-foto. Lumayan kan latarnya serasa di kota-kota tua tak berpenghuni. 

Biaya liburan ke Semarang 

Setelah mengetahui sederet tempat wisata Semarang yang menarik, gak ada salahnya untuk merencanakan liburanmu ke Kota Lumpia ini. Sebagai Ibu Kota Jawa Tengah, akses untuk ke sana sangatlah mudah. Kamu bisa menggunakan kereta api, pesawat ataupun kendaraan pribadi.

Untuk kereta api, dari Jakarta harga tiketnya mulai dari Rp 200.000 untuk yang kelas ekonomi, sedangkan yang eksekutif harganya berkisar Rp 330.000 – Rp 550.000. Kalau pesawat harganya sedikit lebih mahal bila dibandingkan kereta yaitu Rp 505 ribu dengan pesawat Lion Air. 

Tuh dengan biaya kurang dari Rp 500.000 (naik kereta api ekonomi) kamu sudah bisa merasakan wisata Semarang dengan puas. Untuk pilihan penginapannya beragam, ada yang terjangkau untuk wisatawan backpacker, ada juga yang mewah seperti hotel berbintang. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!