Dijamin Gak Bikin Kantong Jebol! Ini 5 Spot Wisata Murah di Thailand

4 menit
wisata thailand
Taman Nasional Khao Yai. (Shutterstock)

Tempat-tempat wisata Thailand menjadi salah satu pilihan destinasi bagi masyarakat Indonesia untuk menghabiskan liburan. Selain lokasinya yang dekat dengan Indonesia, di sana apa-apa juga serba murah, gak begitu jauh sama Indonesia deh harganya.

Mau liburan ala backpacker atau ala koper, bisa kamu dapatkan dengan bujet terjangkau. Menginap di hotel berbintang juga bisa kamu dapatkan dengan harga murah. Udah gitu, Negeri Gajah Putih ini juga memiliki spot wisata yang gak ada habisnya untuk dijelajahi. Kekayaan budayanya gak kalah menarik untuk ditelusuri.

Salah satu yang menjadi daya tarik tentunya adalah kulinernya. Mungkin kamu sudah pernah mencicipi masakan Thailand di Indonesia, tapi lebih asyik kalau makan langsung di sana. Jangan lupa dengan wisata alamnya. Mereka memiliki beberapa pantai yang indah untuk didatangi.

Berwisata ke Thailand juga gak menyita banyak waktu kok. Penerbangan dari Jakarta ke Bangkok saja bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 4 jam. Nah kalau kamu berminat dan berencana mengeksplor eksotisme wisata Thailand, berikut ini kita kasih spot-spot yang bisa dikunjungi dengan bujet super murah, bahkan gratis.

Baca juga: Kalau Gajinya Rp 8 Jutaan, Menurutmu Biaya Hidup di Thailand Ini Mahal atau Murah?

1. Wisata Thailand Wat Rong Khun

Wat Rong Khun, kuil unik berwarna putih. (Shutterstock)

Wisata Thailand unik yang bisa kamu kunjungi pertama adalah Wat Rong Khun. Kuil Buddha yang satu ini lebih unik dibandingkan kuil lainnya. Bagaimana tidak, seluruh bangunnnya didominasi oleh warna putih yang bersih.

Kuil yang terletak di Chiang Rai ini didirikan pada tahun 1997. Bukan oleh pemerintah, melainkan oleh seorang seniman asal Thailand bernama Chalermchai Kositpipat. Pemilihan warna putih mengandung tujuan filosofis, yaitu menandakan kemurnian Buddha. Padahal, mayoritas kuil di Thailand berwarna emas yang melambangkan kemakmuran.

Untuk masuk ke kawasan ini, dulu sempat gratis, tapi sejak tahun 2016, pemungutan tarif pun diberlakukan. Tapi tetap gak mahal kok, cuma 50 bath saja atau sekitar Rp 22 ribuan.

Baca juga: Niat Operasi Plastik di Thailand? Cari Tahu Dulu Biayanya di Sini

2. Chocolate Ville

Chocolate Ville. (Shutterstock)

Kurang sah rasanya kalau sedang wisata Thailand tapi gak kulineran. Salah satu tujuan yang menarik untuk dikunjungi adalah Chocolate Ville. Area kuliner yang terletak di Bangkok ini sangat luas. Didominasi dengan desain layaknya bangunan di Eropa dengan danau di tengahnya. Paling pas sih kalau datang di malam hari. Dijamin suasananya romantis banget.

Di sini, layaknya food court, ada banyak kios yang menjajakan makanan. Mulai dari jajanan khas Thailand sampai Eropa bisa kamu jumpai di sini. Meski harganya murah-murah, jangan lupa membawa uang yang banyak, biasanya sih makan di satu tempat saja gak bakal cukup.

Penataan lampu yang pas di malam hari juga bisa menjadi background foto yang ciamik loh!  

Baca juga: Jadi Raja Terkaya Sejagat, Daftar Harta Raja Thailand Ini Bikin Silau

3. Wat Pho

Patung Buddha menopang kepala dengan satu tangan. (Shutterstock)

Wat Pho menjadi salah satu kuil yang paling ikonik di Bangkok. Salah satu hal yang bikin destinasi ini unik karena ada patung Buddha tertidur. Para turis dipersilakan untuk melakukan ritual doa, dan berfoto-foto. Tapi ingat, jangan sampai aktivitasmu mengganggu orang lain yang sedang beribadah ya.

Untuk mencapai lokasi ini, kamu perlu mengarungi sungai Chao Phraya menggunakan kapal. Ongkos transportnya gak mahal kok, cuma 4 bath atau sekitar Rp 1.700 perak. Sementara itu, tarif masuk ke kawasan Wat Pho sekitar Rp 100 baht atau Rp 44 ribuan.

4. Chatuchak Weekend Market

Pasar ini cuma buka saat weekend. (Shutterstock)

Kalau yang satu ini adalah destinasi wisata Thailand khusus belanja. Bagi pelancong asal Indonesia, di sinilah tempat yang pas untuk berburu oleh-oleh. Letaknya gak jauh dari pusat Kota Bangkok.

Dikutip dari Kumparan, setidaknya ada 15 ribu kios yang menjajakan barang mereka di sini. Mereka terbagi menjadi beberapa blok. Ada yang menjual makanan, busana, dan barang antik. Kenapa menjadi destinasi favorit? Harga di sini sangat miring ketimbang di pasar lainnya. Gak jarang, banyak warga Indonesia yang berbelanja dalam jumlah banyak, untuk kemudian dijual kembali di Tanah Air.

Tapi sayang, sesuai namanya, mereka hanya buka saat akhir pekan. Pasar ini buka pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu mulai dari pukul 09.00 sampai 18.00.

5. Taman Nasional Khao Yai

Salah satu air terjun di Taman Nasional Khao Yai. (Shutterstock)

Kalau kalian mau mencari suasana yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, semua itu bisa ditemukan di Taman Nasional Khao Yai. Letaknya gak begitu jauh dari Bangkok, sekitar 3 jam, tapi suasananya jelas berbeda.

Udara sejuk dan pemandangan pohon-pohon yang hijau akan menyambutmu di sana. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan hewan-hewan liar seperti monyet dan gajah. Pokoknya serasa di alam liar deh. Kalau mau seger-seger, ada juga air terjun Haew Suwat tempat syutingnya film The Beach yang dibintangi sama Leonardo DiCaprio.

Tiket masuknya juga gak mahal kok, cuman 400 baht atau sekitar Rp 170 ribuan, kamu bisa eksplor Khao Yai seharian.

Itu tadi lima destinasi kuliner, budaya, belanja, hingga alam yang bisa kamu kunjungi dengan bujet murah di Thailand. Biar lebih irit lagi, coba hindari liburan di masa-masa peak season. Kemudian kalau mau wisata Thailand dengan bujet terbatas, pilihlah penerbangan promo. Lumayan kan uangnya bisa kamu alokasikan untuk berbelanja oleh-oleh! (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.