Jadi Kota Terbaik Dunia, Ini 15 Wisata Ubud yang Wajib Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup

6 menit
wisata ubud
Wisata di Ubud. (Shutterstock)

Wisata Ubud sudah lama menjadi agenda wajib para pelancong Pulau Dewata. Di kota ini, kalian bisa menikmati suasana Bali yang asri dan menyegarkan, beda dari wisata pantainya. 

Wisata ini menjadi alternatif bagi mereka yang bosan menikmati suasana pantai. Wajar saja karena keindahan pantai di Bali menjadi daya tarik yang paling utama. Rasanya gak sah kalau ke Bali gak main-main air di puluhan pantainya yang menarik. 

Kalau kamu sudah bosan dengan itu semua, segeralah berkunjung ke Ubud. Letaknya juga gak jauh-jauh amat kok, sekitar 36 kilometer dari pusat Kota Denpasar. Kalau ditempuh dengan mobil sekitar 1 jam. 

Baca juga: Cuma Butuh Rp 500 Ribu, Ini 20 Wisata Semarang yang Bisa Dikunjungi

Alasan wisata ke Ubud 

Ke Bali kalau mengunjungi pantai rasanya bosan banget kan, nah Ubud bisa menjadi salah satu alternatifnya. Keberagaman wisata di Ubud menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis domestik maupun mancanegara. Kamu bisa menemukan pemandangan yang hijau-hijau seperti persawahan, pepohonan dan tentunya udara yang menyejukkan.

Gak cuma itu aja, di sini ada juga wisata budaya hingga sejarah. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang dinilai sakral dan memiliki sejarah bagi peradaban di Bali.  

Rasanya sulit untuk dieksplor dalam waktu seharian doang. Kamu perlu mengambil banyak cuti untuk mengunjungi semua spot menariknya. 

Baca juga: Pantai Sampai Gunung! 20 Wisata Jawa Timur Ini Wajib Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Ubud jadi kota terbaik dunia nomor 6 

Keindahan wisata Ubud tidak perlu diragukan lagi, bahkan dunia sudah mengakuinya. Di tahun 2019 ini saja sebuah majalah travel asal Amerika Serikat, Travel + Leisure, menempatkan bali di peringkat ke-6 dalam daftar kota terbaik di dunia. 

Ubud berhasil mengalahkan kota-kota indah di dunia lainnya seperti Tokyo, Kyoto, Sevilla, Roma, dan Florence. 

Indikator penilaian itu berdasarkan dari pengalaman para pelancong, kulinernya, keramahan warga, dan budayanya yang kuat. Nah berikut ini adalah beberapa spot wisata menarik yang bisa kamu nikmati di Ubud. 

Baca juga: Gak Cuma Ada Rawon, Surabaya Punya Universal Studio Mirip Singapura Lho!

1. Zen Hideaway Swing 

wisata ubud
Zen Hideaway Swing. (Instagram/@ipatmon)

Zen Hideaway sebenarnya sebuah penginapan asri di Ubud. Tapi, mereka juga menawarkan sejumlah spot foto yang sayang untuk dilewatkan, seperti berfoto di ayunan tinggi dengan latar hijaunya pepohonan khas Ubud. Di bawahnya, kamu akan langsung berhadapan dengan jurang dan Sungai Ayung. Dijamin bisa memacu adrenalin! 

2. Monkey Forest 

wisata ubud
Monkey Forest. (Instagram/@i_am_ciana)

Sesuai namanya, hutan ini dihuni oleh ratusan kera. Dari pintu masuknya saja kalian akan disambut oleh tingkah laku menggemaskan mereka, yang kadang suka usil. Selain jadi tempat hunian kera, di sini terdapat tiga pura yang usianya sudah lebih dari 500 tahun. 

Jadi, warga sekitar pun menganggap kalau tempat ini sangat sakral. Tips buat kamu yang mengunjungi wisata Ubud satu ini adalah selalu menjaga barang-barang berharga, terutama seperti kamera dan ponsel. Soalnya, takutnya nanti diambil sama kera-kera yang berseliweran. 

3. Nyuh Kuning Village 

wisata ubud
Nyuh Kuning Village. (Instagram/@baliswasti)

Kalau ingin mengetahui kehidupan masyarakat tradisional Bali, kalian bisa mengunjungi Desa Wisata Nyuh Kuning. Layaknya desa-desa di Bali lainnya, desa ini dibangun dengan menggunakan konsep Tri Hita Karana. Artinya, desa itu dibangun dengan menjaga keharmonisan antara manusia dengan alam, manusia dengan manusia, dan manusia dengan Tuhan.

Di sini kamu bakal merasakan kesejukkan dan ketentraman khas pedesaan, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. 

4. Authentik Bali 

wisata ubud
Authentik. (Instagram/@authentikbali)

Menarik rasanya kalau bisa mempelajari dan mengikuti cara hidup warga Bali. Semua itu bisa kamu lakukan dengan mengikuti tur Authentik Bali. Jasa tur yang dibuat oleh orang Prancis ini memungkinkan kamu untuk menjelajah hutan, sungai, sawah, dan pedesaan di Ubud tapi dengan berjalan kaki. Banyak juga hal-hal yang tak terduga bisa ditemukan, misalnya menemui masyarakat yang tengah mengikuti upacara keagamaan, atau ngopi bareng warga sekitar. 

5. Puri Saren Agung Ubud 

wisata ubud
Puri Saren Agung Ubud. (Instagram/@laxmiii_sbdr)

Bosan dengan wisata Ubud bertema alam? Kamu bisa menjelajah sejarah dan budaya masa kerajaan di Puri Saren Agung. Ini merupakan sebuah istana dari Raja Ubud. Didirikan pada tahun 1800-an, bentuk bangunan serta koleksi benda-benda bersejarahnya masih terawat dengan sangat baik. 

6. Pasar Seni Ubud

wisata ubud
Pasar Seni Ubud. (Instagram/@ayuhestyh)

Tepat berada di seberang Puri Saren Agung, terdapat Pasar Seni Ubud. Pasar ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Biasanya, mereka membeli oleh-oleh dan suvenir khas dari Bali di sini. Suvenir yang bisa dibeli antara lain karya lukisan, kaos, pernak-pernik, hingga patung dengan ukiran khas. Yang pasti, harganya relatif murah dibandingkan dengan yang dijual di toko-toko suvenir lain.

7. Goa Gajah

wisata ubud
Goa Gajah. (Instagram/@jdiazcas)

Meskipun namanya Goa Gajah, kamu gak bakal menemukan gajah di sini. Ada beragam teori terkait penamaan gua ini. Pertama, karena di sana ada Sungai Petanu yang sebelumnya bernama Lwa Gajah. Tapi ada juga yang berpendapat karena di dalam gua terdapat batu yang bentuknya menyerupai Dewa Ganesha yang memiliki ciri berkepala gajah. 

8. Museum Agung Rai 

wisata ubud
Museum Agung Rai. (Instagram/@arma.bali)

Bagi kalian pecinta karya seni lukis, wajib banget nih mengunjungi wisata Ubud yang satu ini. Di Museum Agung Rai terdapat ratusan karya lukisan dengan konsep tradisional hingga kontemporer. Bahkan, di sini kamu juga bisa melihat karya dari pelukis legendaris abad ke-19, Raden Saleh dan Syarif Bustaman. 

9. Pura Taman Saraswati

wisata ubud
Pura Taman Saraswati. (Instagram/@blushblushtomato)

Pura cantik ini merupakan salah satu tempat peribadatan umat Hindu di Bali. Kenapa namanya Saraswati? Karena pura ini menjadi simbol pemujaan terhadap Dewi Ilmu Pengetahuan, Dewi Saraswati. Pura ini juga menawarkan keindahan arsitektur dengan ornamen-ornamen khas dan dikelilingi kolam teratai. 

10. Ayung rafting 

wisata ubud
Ayung Rafting. (Instagram/@ayungraftingubud)

Mau wisata Ubud ekstrem, bisa mengikuti rafting di Sungai Ayung. Sekitar dua jam, kamu bakal mengarungi derasnya arus sungai dengan beberapa batuan besar yang harus ditaklukkan. Total panjang arena rafting ini sekitar 13 kilometer. Selesai rafting, jangan lupa foto-foto! 

11. Wisata Ubud, Teras Tegalalang 

wisata ubud
Teras Tegalalang. (Instagram/@wojdiz)

Di Bali, areal persawahan saja bisa menjadi objek wisata, salah satunya di Teras Tegalalang ini. Pemandangan sawahnya yang tertata rapi dengan sistem terasering bisa menjadi spot foto yang menarik. Foto kamu bakal makin keren kalau dijepret pakai drone. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini antara lain adalah mengeksplor setiap blok persawahan. 

12. Campuhan Ridge Walk

wisata ubud
Campuhan Ridge. (Instagram/@cameronleebarnum)

Kamu bisa menjelajah alam Ubud yang sangat asri di Campuhan Ridge Walk. Di sini kamu bakal diajak melewati lembah yang hijau di sekitar Sungai Wos. Di pinggirnya ada sawah-sawah dan permukiman kecil milik penduduk setempat. Kalau mau lebih seru lagi, kamu bisa menjelajah lebih jauh turun ke Sungai Cerik.

13. Wisata Ubud, Gunung Kawi Ubud

wisata ubud
Gunung Kawi Ubud. (Indonesiakaya.com)

Uniknya, tempat ini memiliki sebuah candi yang dipahat dari batu. Berbeda dengan candi pada umumnya yang berdiri kokoh, di sini letak candi justru lebih menjorok ke dalam dari gunung batu. 

Diperkirakan dibuat di abad ke-11 pada masa Dinasti Udayana, arkeolog berpendapat kalau candi ini menjadi tempat bersemayamnya abadi Raja-raja Udayana. 

14. Museum Antonio Blanco

wisata ubud
Museum Antonio Blanco. (Instagram/@yoexplore)

Antonio Blanco merupakan nama pelukis Filipina keturunan Spanyol. Karya-karya lukisannya berfokus pada lukisan manusia ketimbang alam. Untuk memperdalam ilmunya, ia berkeliling dunia dan tiba di Bali tahun 1952. 

Saat itu, Raja Ubud memberikannya sebidang tanah dan rumah untuk galeri lukisannya yang kini dikenal dengan nama Museum Antonio Blanco. Pengunjung bisa dengan leluasa menikmati karya-karya lukisannya yang artistik dan berkarakter. 

15. Wisata Ubud, Mason Elephant Park 

wisata ubud
Mason Elephant Park. (Instagram/@masonadventuresbali)

Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1997. Kebun ini menjadi tempat penampungan gajah Sumatera yang terancam punah. Total, sebanyak 31 gajah bisa diajak berinteraksi oleh pengunjung. Anak-anak kalau dibawa ke wisata Ubud yang satu ini pasti senang banget deh! 

Itu tadi 15 spot wisata Ubud yang menarik untuk dikunjungi. Kalau ada niat untuk ke sana, kamu harus mempersiapkan bujet ekstra. Maklum, sebagai tempat wisata kelas dunia, transportasi dan akomodasi di sana terbilang mahal. 

Dari transportasi penerbangannya saja, kalau dilihat di Traveloka untuk biaya ongkos PP menggunakan pesawat dari Jakarta sekitar Rp 2 jutaan paling murah. Belum lagi biaya penginapan yang berkisar antara Rp 100 ribu per malam untuk kelas backpackeran. Sementara itu, untuk hotel berkisar dari Rp 300 ribu sampai Rp 1,5 juta per malamnya. 

Karena tidak ada transportasi umum, jadi untuk muter-muter wisata Ubud, kamu harus menyewa sepeda motor sekitar Rp 100 ribu per 24 jam. Kamu juga bisa menyewa mobil Rp 350 ribu per 24 jamnya. Itu kira-kira itungan kasar ongkos yang harus kamu keluarkan selama di Ubud. Tinggal disesuaikan saja dengan bujet yang kamu punya. Selamat bersenang-senang! (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.