Banner ImageBanner Image

Tujuan Finansial Bisa Tercapai dengan Mengikuti Langkah-Langkah Berikut Ini

3 menit
Tujuan finansial (Shutterstock).

Tiap orang pastinya memiliki tujuan-tujuan finansial yang pengin diwujudkan. Namun, kadang-kadang harapan tersebut jauh dari kenyataan. Buat memastikan terwujudnya tujuan-tujuan tersebut, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan nih.

Tentunya kamu kepengin bukan merealisasikan apa yang menjadi tujuan-tujuan finansialmu? Mulai dari pengin punya uang yang lebih dari cukup, memiliki aset yang banyak, hingga simpanan buat hari tua nanti.

Nah, buat menjadikan tujuan-tujuan finansial tersebut menjadi nyata, lakukan deh beberapa langkah berikut ini. Seperti yang dikutip dari Bank of America, inilah langkah-langkahnya.

Baca juga: 6 Bedak Tabur Murah yang Cocok Untuk Kantong Mahasiswa, Bikin Kamu Makin Cantik

1. Lunasi utang lebih dulu

Atur duit dengan hindari utang konsumtif. (Shutterstock)
Atur duit dengan hindari utang konsumtif. (Shutterstock)

Adanya utang emang membantu banget. Namun, jangan pernah abaikan pembayaran cicilan utang. Sebab sikap tersebut bisa menjadi kendala buat kamu dalam wujudkan tujuan finansial.

Rata-rata orang yang cenderung abai terhadap pembayaran utang memiliki keuangan yang gak sehat. Kenapa bisa demikian? Soalnya sikap abainya mereka tersebut berujung pada menunggaknya pembayaran cicilan.

Sialnya nih tunggakan cicilan itulah yang bikin alokasi pengeluaran mereka lebih besar buat bayar utang. Mau gak mau beberapa kebutuhan pun dikorbankan demi bisa bayar utang. Tentu aja kondisi seperti itu sama sekali gak mendukung terwujudnya tujuan-tujuan finansial.

Karena itu, ada baiknya melunasi lebih dulu utang yang ada kalau pengin merealisasikan tujuan-tujuan finansial.

2. Biasakan menabung setiap kali terima gaji

Target pada diri sendiri
Target pada diri sendiri untuk menabung.

Menabung itu memang menguntungkan. Semua setuju dengan pernyataan tersebut. Namun, melaksanakannya bukan perkara yang mudah. Makanya banyak orang yang awalnya berniat menabung, tapi pada akhirnya niatan tersebut cuma jadi wacana.

Ada cara simpel dan mudah lho yang kalau dilakukan, kamu bisa memiliki tabungan. Caranya adalah tiap kali terima gaji, segera alokasikan 10 – 20 persennya buat ditabung. Tentu aja dana tersebut dialokasikan ke rekening lain yang dikhususkan sebagai rekening tabungan.

Dijamin deh kalau kamu melakukannya secara disiplin, keinginan punya uang lebih dari cukup bisa terwujud. Dengan begitu, keuangan menjadi lebih aman.

Baca juga: Punya Mata Panda? Ini Rekomendasi Eye Cream Murah Terbaik yang Bisa Dipilih

3. Catat setiap pengeluaran yang terjadi

Mencatat pengeluaran (Shutterstock).

Begitu selesai belanja atau transaksi, segera dicatat. Mencatat pengeluaran membantu kamu dalam menjaga cash flow keuangan. Dengan begitu, kamu terhindar dari defisit keuangan.

Gak perlu ribet-ribet dalam mencatat pengeluaran dengan menulisnya di atas kertas. Kamu bisa mencatatnya di aplikasi pengatur keuangan yang dapat kamu install di smartphone.

Secara berkala misalnya satu minggu sekali, kamu lakukan pengecekan daftar pengeluaran di aplikasi tersebut. Apabila melebihi limit, itu menjadi pertanda bahwa kamu perlu membatasi pengeluaran.

Limit pengeluaran bisa kamu atur. Idealnya, gunakan rumus 50/30/20 yang sering dibahas di beberapa ulasan MoneySmart sebelumnya.

Dengan rumus tersebut, kamu alokasikan 50 persen gaji buat kebutuhan pokok, 30 persen buat bayar cicilan atau tagihan, dan 20 persennya buat tabungan, asuransi, atau investasi.

4. Ingat! Mulailah berinvestasi kalau gak pengin melarat

Investasi jangka panjang
Investasi jangka panjang

Udah banyak yang bilang kalau berinvestasi itu bisa bikin kamu memiliki kekayaan berlipat-lipat banyaknya. Namun, masih ada aja yang belum mulai berinvestasi dengan beragam alasan. Entah belum siap lah, masih banyak pengeluaran lah, hingga dananya belum banyak.

Padahal, sudah jelas-jelas investasi sekarang ini gak perlu keluarkan dana dalam jumlah yang besar hingga berpuluh-puluh juta. Bermodalkan Rp 100 ribu aja, kamu udah bisa berinvestasi lho. Mulai dari investasi reksa dana, saham, hingga emas.

Jadi, gak ada alasan sebenarnya buat gak berinvestasi. Asal tahu aja nih, semakin kamu menunda, semakin kecil kamu menikmati keuntungannya. Sebaliknya, semakin cepat dilakukan, semakin besar keuntungan yang didapat.

Itu tadi beberapa langkah mudah dan simpel yang bisa kamu lakukan buat wujudkan tujuan finansial. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan