Bisa Raih Miliaran Rupiah! Begini Cara YouTuber Mencetak Uang dari YouTube

3 menit

YouTuber bisa meraih pendapatan gak bisa dipandang sebelah mata dari konten YouTube yang mereka hasilkan. Gak tanggung-tanggung, pekerja kreatif yang satu ini bisa panen uang hingga miliaran rupiah dari konten produksi mereka.

YouTube kini telah menjadi nama terbesar di dunia internet. Gak hanya menghasilkan uang besar untuk Google, tapi juga untuk sebagian besar penggunanya.

YouTube berkembang menjadi semacam industri tersendiri, dengan pengguna yang dapat menjadikan YouTube sebagai lahan untuk peluang mendapat income, atau bahkan sebagai profesinya. Mereka yang kini berprofesi mengandalkan YouTube lebih akrab disebut YouTuber.

Para YouTuber, baik individu, kelompok, komunitas, hingga perusahaan besar, memproduksi video-video unik untuk ditampilkan di YouTube. Bahkan, sebagian dari mereka berhasil meraih kesuksesan, dan menjadikan YouTube sebagai sumber mata pencaharian.

Sejumlah YouTuber, baik dari kalangan selebriti hingga orang biasa telah membuktikannya. Beberapa nama mulai dari Ria Ricis, Raditya Dika, Arief Muhammad, Atta dan Gen Halilintar, Miau Aug, dan nama lainnya sudah berhasil memiliki pendapatan jutaan hingga miliaran rupiah.

Angka fantastis yang jadi penghasilan YouTuber di atas tentu bukan tanpa pengorbanan dan kerja keras. Beberapa YouTuber bahkan harus merogoh kantong cukup dalam buat menghadirkan konten yang berkualitas dan diminati para subscriber.

Pertanyaannya kini, bagaimana cara para YouTuber itu menghasilkan uang? Mengingat kita sebagai penonton tidak membayar sama sekali untuk menonton karya mereka, bagaimana mereka mendapatkan uang?

Buat kamu yang penasaran ingin mengetahuinya atau ingin mengikuti jalan mereka sebagai YouTuber, yuk simak pemaparan MoneySmart berikut:

Aturan main

YouTuber Ria Ricis (IG riaricis1795)
YouTuber Ria Ricis (IG riaricis1795)

Jika ingin menjadikan YouTuber sebagai mata pencaharian, ada beberapa aturan main cukup sederhana yang harus dilakukan.

Langkah pertama, membuat video buatan sendiri, sekreatif dan semenarik mungkin, lalu diunggah ke YouTube. Semakin banyak orang menyaksikan (view) dan berlangganan (subscribe) video tersebut, semakin besar pula kemungkinan kita memperoleh pendapatan.

Jika saluran YouTube kita terdaftar sebagai mitra YouTube, maka dapat memonetisasi atau menguangkan setiap video yang telah di-upload dan memperoleh pendapatan dari uang yang dihasilkan.

Caranya bermacam-macam, seperti melalui iklan yang ditampilkan dalam video, membuat video langganan berbayar, hingga mendapatkan dana dari penggemar.

Monetisasi YouTube

YouTuber
YouTuber

Meraih pendapatan dari monetisasi YouTube gampang-gampang susah. Selain wajib membuat dan mengunggah video, aturan mainnya tetap ada untuk sampai video atau saluran YouTube kita bisa dimonetisasi.

Misalnya, aturan itu mencakup, konten harus ramah pengiklan, video asli buatan sendiri, dan sebagainya.

Meski begitu, jangan langsung patah arang ya! Pasalnya, banyak orang telah berhasil meniti “kariernya” di dunia per-YouTube-an. Bisa jadi, kamu salah satu di antaranya.

Aturan main monetisasi

YouTuber Gen Halilintar (I genhalilintar)
YouTuber Gen Halilintar (I genhalilintar)

Setelah kita memiliki saluran YouTube dan video di dalamnya, maka saluran itu harus diverifikasi program kemitraan YouTube untuk membuka berbagai fitur lanjutan.

Salah satunya, fitur monetisasi, cara untuk menguangkan video yang kita miliki. Tentu saja itu bisa terwujud setelah memenuhi syarat yang berlaku.

Setelah video disetujui untuk dimonetisasi, YouTube akan menempatkan iklan di dalam atau di dekat video sesuai pengaturan yang kita pilih.

Baca juga:

Kalahkan Raditya Dika, Ini yang Bikin Ria Ricis Jadi YouTuber Terkaya

Bikin Ngiri! Ini Rumah Mewah 5 YouTuber Indonesia

Punya Akun YouTube? Ini 6 Usaha Tanpa Modal Duit yang Bisa Kamu Lakoni

AdSense

YouTuber Raditya Dika (IG raditya_dika)YouTuber Raditya Dika (IG raditya_dika)
YouTuber Raditya Dika (IG raditya_dika)

Sampai di tahap ini, artinya video sudah memiliki nilai jual. Namun, poin penting untuk bisa mendatangkan uang adalah menghubungkan akun tersebut dengan akun AdSense, sebuah program periklanan online yang dimiliki Google.

Ada berbagai faktor yang menentukan besaran penghasilan dari monetisasi ini. Selain jumlah views dan subscribers, ada pula faktor jenis iklan dan harga iklan yang muncul dalam video.

Sayangnya, kita tidak bisa memilih iklan yang akan muncul. Sistem AdSense akan mengatur dan menentukannya, sesuai dengan laman video kita.

Nah, itu dia beberapa langkah yang dilakukan untuk para YouTuber meraih pundi-pundi uang berkat video YouTube mereka.

Hanya dengan bermodalkan hobi dan kreativitas, kamu juga bisa menjadikan YouTube sebagai ladang penghasilan. Semoga berhasil ya mengikuti jejak para YouTuber sukses lainnya!

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.