Banner ImageBanner Image

Jadi Pengacara Tim Jokowi Ma’Ruf, Yuk Intip Aset Milik Yusril Ihza Mahendra

5 menit
Jadi Pengacara Tim Jokowi Ma’Ruf, Yuk Intip Aset Milik Yusril Ihza Mahendra, (Instagram/@yusrilihzamhd).

Nama mantan Mensesneg Yusril Ihza Mahendra kembali jadi perbincangan lantaran dirinya kini resmi menjadi pengacara capres dan cawapres Jokowi – Ma’ruf Amin. Meski resmi jadi pengacara, Ketua Umum Partai Bulan Bintang ini menegaskan kalau dia gak tergabung dalam tim kampanye kandidat presiden itu.

Kabarnya, keputusan Yusril menjadi pengacara Jokowi – Ma’ruf muncul dari tawaran Erick Thohir yang bertindak selaku Tim Kampanye Nasional Jokowi – Ma’Ruf.

Bicara soal karier pak Yusril, tentu semua udah tahu dong bahwa politisi senior sekaligus pakar hukum tata negara ini jelas sangatlah tajir. Pria asal Belitung ini, masih memiliki darah bangsawan dari Kesultanan Johor, Malaysia.

Pria ini merintis karier sebagai seorang dosen, namun dia juga aktif di berbagai ormas. Sampai akhirnya di tahun 1996, dia diangkat sebagai penulis pidato Presiden Soeharto. Dan gak dipungkiri bahwa dialah salah seorang yang berperan besar dalam penulisan pidato pengunduran diri pak Harto.

Menurut laporan di Kompas, jumlah kekayaan Yusril memang menurun dari tahun ke tahun. Dan di sampai di tahun di 2018 ini, memang belum ada update soal laporan kekayaan terbaru beliau.

Tapi kalau diperhatikan, pak Yusril ini juga punya aset yang fantastis lho. Penasaran dengan total kekayaan dan aset milik Yusril Ihza Mahendra? Berikut ulasannya.

1. Total kekayaannya cuma Rp 1 Miliaran di tahun 2007

Total kekayaannya cuma Rp 1 Miliaran di tahun 2007, (Ilustrasi/Pixabay).

Memang benar, di tahun 2004 pak Yusril terbilang cukup tajir ketimbang tahun 2007. Kekayaan beliau pada 2004 mencapai Rp 7,5 miliar, sementara itu utangnya mencapai Rp 1,3 miliar.

Sayangnya, pada 2007 harta Yusril cuma tersisa kurang lebih Rp 1,6 miliar. Dan terhitung hingga saat ini, Yusril belum mengupdate laporan kekayaannya di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK).

Drastis juga ya penurunannya, sayangnya yang bersangkutan juga gak mengklarifiasi kenapa hartanya menurun. Ya maklumlah ini kan masalah pribadi, masa iya jadi konsumsi publik.

Di tahun 2007, harta gak bergerak milik beliau dikabarkan cuma Rp 20 jutaan, sementara itu tahun 2004 sampai Rp 3 miliaran. Kira-kira apa ya harta bergerak yang valuasinya Rp 20 jutaan? Apakah itu cuma tanah?

Untuk harta bergerak alias kendaraannya, di tahun 2007 nilainya hanya Rp 105 juta, sementara itu di tahun 2004, Rp 900 juta.

Meski demikian, total kekayaan beliau diprediksi naik kok tahun ini. Mengapa demikian? Simak saja poin-poin selanjutnya.

2. Rumah di Fatmawati Golf Mansion, Jakarta Selatan

Yusril Ihza Mahendra punya rumah di Fatmawati Golf Mansion, Jakarta Selatan, (kompas.com)

Kalau dibilang total hartanya cuma Rp 1 miliaran, pak Yusril Ihza Mahendra saat ini tinggal di rumah mewah yang terletak di Fatmawati Golf Mansion, Jakarta Selatan. Harga rumah di sana sudah pasti gak murah, kisaran Rp 3 miliaran sampai puluhan miliar pun ada.

Soal gaya interiornya, bisa dibilang rumah itu mengadopsi gaya interior klasik dan cukup megah. Ustadz Yusuf Mansur memang pernah menyambangi rumah itu, dan Yusril sendiri juga sering mengadakan open house saat Idul Fitri di sana.

3. Rumah di Belitung Timur

Yusril Ihza Mahendra punya rumah di Belitung, (Twitter.com)

Selain di Fatmawati, Yusril juga memiliki rumah di kampung halamannya yang ternyata satu kabupaten dengan mantan Gubernur Jakarta, Ahok. Rumah tersebut terletak di Jl. Raya Kartini, Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur.

Rumah itu berdinding papan berwarna cokelat muda, tapi kalau dilihat dari dalam dindingnya beton dicat kuning muda. Halaman rumahnya pun terlihat sejuk dan asri karena ada banyak pepohonan.

Penampakannya cukup megah, dan kabarnya ketika Yusril datang ke sana gak sedikit tamu yang berdatangan.

4. Punya koleksi motor antik, salah satunya Harley Davidson

Punya koleksi motor antik, salah satunya Harley Davidson, (Bangka.tribunnews.com)

Sepertinya Yusril Ihza Mahendra juga punya kegemaran yang sama dengan pak Jokowi, yaitu memelihara kendaraan bergaya klasik. Namun bedanya, punyanya pak Yusril klasik beneran. Sementara itu milik pak Jokowi adalah klasik dari hasil modifikasi.

Terlihat tiga motor tua satu motor bertulisan Harley Davidson, sementara itu motor lain berwarna hijau militer dengan tulisan Ariel di tangki gasnya. Dan satu lagi adalah motor biru dengan tangki bensin berwarna putih.

Yusril sempat bilang kalau motor Ariel miliknya adalah buatan 1934 silam dan olinya sudah bocor. Ariel adalah sebuah motor pabrikan Inggris yang sudah berdiri pada 1902 silam.

Selain motor tua, Yusril ternyata juga mengoleksi sepeda onthel di rumahnya yang terletak di Belitung Timur. Sepeda tua ini juga harganya gak murah, bisa mencapai Rp 2 hingga Rp 3 jutaan lho. Bahkan ada juga yang sampai Rp 30 juta!

5. Mobil Mercedes Benz S350

Mobil Mercedes Benz S350, (cdn.net).

Yusril Ihza Mahendra memang sempat jadi bakal calon Gubernur DKI. Niat pencalonan dirinya jadi orang nomor satu di DKI itu mendapat reaksi buruk dari warga Jatinegara, Jakarta Timur.

Mobil Mercedes-Benz S350 miliknya disiram cat kuning!

Semua tahu bahwa Mercy bukanlah mobil murah. Udah gitu ini adalah seri S bukan seri C yang notabennya versi murahnya Mercy. Seri S adalah salah satu varian termahal dari mobil buatan Negeri Panzer ini.

Mercy milik Yusril tampaknya adalah keluaran tahun 2009 – 2012. Harga bekasnya pun masih mahal, hingga saat ini masih di angka Rp 600 jutaan untuk yang tahun 2012.

6. Punya 26 pulau?

Yusril Ihza Mahendra dikabarkan punya 26 pulau, (Ilustrasi/Pixabay).

Ini yang cukup mengejutkan dari yang lain. Yusril Ihza Mahendra tercatat memiliki 26 pulau di Belitung Timur! Hal itu pun dikonfirmasi menurut Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Belitung Timur pada 2016.

Beberapa di antaranya adalah Pulau Memperak dan Airmasin. Di Memperak, Yusril juga punya kebun kelapa dan villa.

Terkait kepemilikan pulau di kampung halamannya, Yusril sendiri bilang kalau hal ini adalah hal biasa. Gak sedikit orang di wilayah ini yang memang punya pulau. Namun kalau seseorang memiliki pulau di wilayah Jakarta, itu baru disebut orang kaya.

“Di sini, tukang mancing aja punya pulau. Kaya apaan, biasa aja. Jadi seringkali orang Jakarta bilang sama saya, kok di Belitung ada orang punya pulau? Lho ente di sini (Jakarta) kan pulau juga (Pulau Jawa). Apa bedanya menguasai pulau kecil yang hanya lima hektare dan tanah 10 hektare di Pulau Jawa? Apa Pulau Jawa itu bukan pulau,” ujar Yusril.

Itulah aset-aset milik Yusril Ihza Mahendra yang sempat terkuak ke media. Tampaknya lumayan banyak dan mahal-mahal ya.

Tentu saja, aset kekayaan beliau sudah bertambah saat ini. Namun karena kesibukan dan lainnya, pak Yusril belum lapor lagi. (Editor: Mahardian Prawira).

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong